Pengertian LAN (Local Area Network) Pada Komputer

Pengertian LAN (Local Area Network) Pada Komputer


Pengertian LAN (Local Area Network) Pada Komputer - Internet, di zaman sekarang siapa yang tidak menggunakannya? Hampir semua pengguna gadget dibelahan bumi manapun sudah terkoneksi dengan internet. Internet pada zaman sekarang hampir menjadi sesuatu yang pokok, karena gadget harus terkoneksi dengan internet apabila ingin terhubung dengan dunia luar ataupun untuk berkomunikasi.
Berbicara mengenai internet, berarti kita sudah akrab dengan yang namanya jaringan. Kali ini kita akan membahas mengenai suatu jaringan yang disebut LAN. Apa itu LAN? Mari simak ulasan singkat berikut.

LAN atau disebut juga Local Area Network merupakan suatu perangkat jaringan yang terhubung antara komputer satu dengan komputer yang lainnya menggunakan router dan kabel sebagai media penghubungnya.
Misalnya, dalam suatu ruangan ada beberapa komputer dimana antara komputer ingin saling terhubung. Komputer 1 dengan komputer 2 harus terhubung sebuah kabel, begitu seterusnya berapapun jumlah komputer yang ada pada ruangan tersebut. Nah, untuk menghubungkan komputer-komputer tersebut agar bisa terhubung kita memerlukan yang namanya router sebagai alat penghubungnya.
Pengertian LAN (Local Area Network) Pada Komputer
Sedikit berbeda dengan jaringan LAN, jaringan LAN merupakan media transmisi bersama yang terdiri dari rangkaian software dan hardware untuk menginterfacekan suatu perangkat menjadi sebuah media dan mengatur akses menuju media tersebut dengan pas (tepat). Topologi yang dipergunakan untuk LAN biasanya berupa bus, cincin, bintang dan pohon.
Jaringan LAN ialah jaringan kepunyaan pribadi yang hampir seluruhnya digunakan dalam sebuah gedung atau sebuah ruangan yang ukurannya hingga beberapa km panjangnya. Jaringan LAN dibedakan dari jenis jaringannya berdasarkan tiga karakteristik, yakni: size (ukuran), teknologi transmisinya, dan terakhir topologinya.
Jaringan LAN mempunyai keterbatasan ukuran, maksudnya waktu transmisi pada skala terburuknya memiliki batas dan dapat diperkirakan sebelumnya. Dengan begitu, kita dapat mengetahui akan menggunakan jenis desain apa untuk menggunakannya yang dapat memudahkan mengatur jaringannya.

Advertisements
Back To Top