Pengertian Apresiasi Seni Rupa, Karya, dan Contoh TERLENGKAP

By | Maret 23, 2017

Pengertian Apresiasi Seni Rupa, Karya, dan Contoh TERLENGKAP – Apresiasi adalah suatu proses melihat, mendengar, menghayati, menilai, menjiwai dan membandiangkan atau menghargai suatu karya seni.
-Karya
Karya adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia dan membuahkan hasil.
-Seni
Seni adalah suatu strategi yang digunakan oleh seseorang dengan cara mengimajinasikan inspirasinya menjadi nyata supaya terlihat indah dan menarik.
-Rupa
Rupa adalah wujud, bidang, garis, gelap terang / value, warna pada suatu karya
-Apresiasi Karya Seni Rupa
Jadi ‘ Apresiasi Karya Seni Rupa ’ adalah suatu cara / proses melihat, mendengar, menghayati dan membandingkan suatu karya seni untuk dinilai / dinikmati dari segi keindahanya.

Apresiasi Karya Seni Rupa

Apresiasi setiap individu terhadap sebuah karya seni bisa berbeda-beda, bergantung dengan latar belakang individu yang menilainya. Adapun secara runur, para kritikus seni umumnya menilai sebuah karya dengan menggunakan 4 pendekatan, yaitu pendekatan ide atau gagasan, kreativitas, gaya perseorangan, dan representasi. Keempat pendekatan tersebut digunakan untuk menilai unsur-unsur seni rupa sehingga secara keseluruhan dapat digunakan sebagai landasan dalam menentukan seberapa besar nilai estetis yang dimilikinya.

Dalam apresiasi karya seni rupa, beberapa tahapan yang dilalui antara lain tahap awal, tahap penghayatan, dan tahap penilaian. Dalam tahap penghayatan, nilai bentuk, isi, norma, dan aliran seni rupa yang dianalisa menggunakan pendekatan mimetik (kesesuaian dengan keyataan yang ada), ekspresif (penilaian ungkapan), struktural (kesatuan utuh), dan pendekatan semiotik (tanda-tanda tertentu).

Contoh Apresiasi Seni Rupa

Dalam prakteknya, apresiasi seni rupa dapat dilakukan pada beragam cabang, baik seni rupa 2 dimensi, 3 dimensi, seni rupa murni, maupun seni rupa terapan. Apresiasi seni lukis dalam hal ini merupakan contoh apresiasi seni rupa yang paling sering dilakukan. Dalam pameran-pameran kegiatan ini dilakukan selain bertujuan untuk sarana rekreasi maupun sarana penghargaan bagi para seniman.

Tinggalkan Balasan