Pengertian dan Contoh Laporan Pengamatan TERLENGKAP

By | Maret 23, 2017

Pengertian dan Contoh Laporan Pengamatan TERLENGKAP – Pengamatan merupakan  sebuah aktivitas yang dilakukan secara sengaja dan terencana dengan maksud untuk memperoleh informasi atas apa yang menjadi tujuan dalam pengamatan.

Tahukan anda membuat laporan sederhana sudah dibelajarkan di sekolah dasar pada umumnya. Model laporan pengamatan yang dibuat di sekolah dasar masih sederhana. Laporan pengamatan yang dibuat masih seputaran dunia anak, sekolah dan lingkungan setempat.

Dalam pembelajaran membuat laporan pengamatan siswa sekolah dasar, guru hendaknya memberikan contoh laporan pengamatan sebelumnya kepada siswa. Dengan adanya contoh laporan pengamatan, maka siswa akan memiliki gambaran bagaimana sebenarnya yang disebut dengan laporan dan apa manfaat laporan tersebut.

Pembelajaran membuat laporan pengamatan sederhana di sekolah dasar tentu harus didahului dengan keterampilan siswa dalam mengamati. Guru terlebih dahulu memberikan pengalaman kepada siswa tentang melakukan pengamatan pada suatu tempat, benda, atau peristiwa yang terjadi.

Tekankan keterampilan mengamati kepada siswa. Tulis apa yang ditemukan  dalam mengamati, dengan catatan di sesuai dengan tujuan.

Hal yang perlu di himpun terlebih dahulu sebelu melakukan pengamatan adalah sebagai berikut :

-Hal yang diamati
-Waktu pengamatan
-Tempat pengamatan
-Tujuan pengamatan
-Hasil pengamatan
-Kesimpulan

Kali ini jatikom akan menyajikan contoh laporan pengamatan tumbuhan yang bisa Anda gunakan sebagai contoh laporan bagi siswa di sekolah.

Berikut  ini contoh selengkapnya dari laporan pengamatan. Contoh laporan ini merupakan contoh laporan pengamatan yang dibuat agar bisa dijadikan contoh yang mana Anda pun bisa memperbaiki contoh ini, dimodifikasi sesuai dengan keinginan anda.

Ada beberapa poin penting yang harus ada dalam laporan pengamatan. Contoh laporan ini untuk didiskusikan bersama siswa Anda.

Hal Yang Diamati : Tumbuhan di lingkungan halaman sekolah
Waktu Pengamatan : Jum,at, 23 Maret 2017
Tempat Pengamatan: SDN 01 Kota Bogor

Tujuan Pengamatan : Untuk Mengetahui ciri khusus tanaman mawar

Hasil Pengamatan  :
Hasil pengamatan tanaman mawar yang ada di lingkungan sekolah adalah sebagai berikut :
-Ciri-ciri daun
-Daun berwarna hijau tua
-Bentuk daun menyirip
-Anak daun berbentuk lonjong

Ciri-ciri bunga
-berwarna merah, merah muda, dan putih
-mempunyai kelopak, mahkota, putik dan benang sari

Ciri-ciri batang
-Batang berkayu, tegak dan bercabang
-Seluruh batang tanaman mawar dipenuhi dengan duri.

Kesimpulan
Bunga mawar adalah jenis tanaman yang berbatang keras dan berkayu. Tanaman mawar penuh dengan duri, namun memiliki bunga yang berwarna indah. Merah, putih dan merah muda adalah beberapa jenis tanaman bunga mawar.

Contoh laporan pengamatan diatas merupakan contoh laporan pengamatan yang  sangat sederhana. Saya yakin Anda tentu bisa membelajarkan siswa anda untuk membuat laporan pengamatan yang lebih baik dari ini.

Laporan pengamatan yang sudah disusun siswa bisa anda simpan dalam file siswa atau disimpan di perpustakaan sekolah.

Tinggalkan Balasan