Arti Lambang Logo, simbol- simbol Apotik farmasi

Arti Lambang Logo, simbol- simbol Apotik farmasi –  Farmasi ialah tenaga kesehatan yang berperan dalam urusan obat – obatan, obat memiliki faedah yang sebetulnya untuk menyembuhkan namun obat andai juga bisa menjadi racun yang bisa membunuh andai disalah gunakan. Inilah persamaan antara racun pada ular dan obat, sehingga dipakai gambar ular sebagai emblem farmasi. Ini ialah penjelasan simpel tentang emblem farmasi, makna yang lebih dalam terdapat di teks dibahwah ini.

Pengertian Arti Lambang Logo Farmasi

Lambang farmasi ( “Bowl of Hygeia” ) tersebut merupakan patung yang menggambarkan dewi Yunani-Hygieia-sedang memegang mangkuk dengan ular jinak yang mengitarinya dan seolah minum dari mangkuk tersebut. Hygeia adalah dewi kesehatan, kebersihan dan sanitasi yang merupakan seorang anak dari Asclepius (Dewa pengobatan dan penyembuhan dalam mitologi yunani). Beberapa orang berpendapat bahwa mangkuk Hygeia dan ular merupakan simbol keseimbangan alam di muka bumi. Ular menggambarkan pasien yang bebas memilih untuk mengobati dirinya sendiri atau tidak. Menurut kepercayaan Yunani kuno, ular yang melilit pada mangkuk menggambarkan kebijaksanaan dan kesembuhan. Hal ini dikarenakan ketika orang mati akan berada pada alam baka yang entah baik atau buruk dan ular dipercaya bisa berkomunikasi dengan orang mati tersebut. Bahkan ular juga dipercaya bisa membawa jiwa orang yang telah meninggal untuk membantu kehidupan.

Sejarah Logo Farmasi

Dahulu hidup seorang yang dikenal dengan nama Aesculapius. Saudara laki” dari Hygeia inilah yang disebut dewa penyembuh Yunani. Aesculapius memiliki binatang peliharaan yang sama dengan Pangeran Kegelapan yaitu ular. Ular itu melayani dengan setia saat sang tuan tidur untuk mendapat ilham penyembuhan yang biasanya datang dari mimpi.

Waktu itu bangsa Yunani sangat percaya mimpi adalah wahyu yang diturunkan oleh dewa untuk kebaikan umat manusia. Awalnya lambang dunia farmasi adalah ular yang membelit tongkat-tongkat Aesculapius, tapi entah kenapa kemudian diubah jadi mangkuk yang lebih menyerupai gelas ketimbang sebuah mangkuk. Mangkuk sebagai obatnya sedang ular digambarkan sebagai symbol of resurrection.

Banyak yang menyebutkan bahwa Logo Apotik adalah sebuah visual bergambar gelas yang dililit oleh seekor ular, tapi sebenarnya itu ternyata bukan gelas. Menurut filosofinya itu merupakan mangkuk yang bernama mangkuk Hygeia yang berasal dari mitologi Yunani.
Dimana Hygeia merupakan dewi kesehatan. Pada relief yang ditemukan, Dewi kesehatan ini selalu digambarkan memegang mangkuk obat dan dibadannya ada seekor ular.

Dalam mitologi Yunani, Mangkuk Hygeia adalah salah satu atribut Hygeia, dewi kesehatan. Pada masa kini, mangkuk Hygeia dijadikan sebagai lambang farmasi dan Logo Apotik.
Beberapa berpendapat bahwa mangkuk dan ular merupakan lambang keselarasan kehidupan dengan Bumi. Ular mungkin melambangkan pasien yang bisa memilih apakah akan mengambil obat pada mangkuk tersebut atau tidak.

Hal tersebut menunjukkan bahwa seseorang mengendalikan kesehatannya sendiri melalui pilihan yang diambil. Ular Higieia juga dikaitkan dengan kepercayaan kuno bahwa ular memiliki kemampuan kebijaksanaan dan penyembuhan.

Menurut kepercayaan kuno, ular bisa melakukan kontak dengan para arwah di dunia bawah dan membawa mereka untuk membantu manusia yang masih hidup, karena itu ular dianggap membawa kebijaksanaan karena mampu membawa arwah para leluhur yang bijak.
Mangkuk atau gelas Hygeia dengan ular yang membelitnya telah menjadi Logo Apotik dan symbol dari banyak perkumpulan apoteker di seluruh dunia. Mangkuk Hygeia merupakan lambang Asosiasi Apoteker Amerika dan digambarkan sebagai mangkuk obat, Asosiasi Apoteker Kanada, Masyarakat Apoteker Australia, selain juga banyak asosiasi apoteker lainnya di seluruh dunia. Asosiasi Apoteker Australia mempergunakan versi yang menampilkan sebuah gelas yang diapit oleh dua ekor ular. Sementara Federasi Apoteker Internasional (FIP) mempergunakan mangkuk Hygeia yang disusun dari huruf FIP.
Semenjak itu mangkuk obat dan Ular sering digunakan sebagai symbol/ Logo Apotik dengan mengadopsi dari mitologi Yunani tersebut. Jadi sebelum membuat sebuah logo pahami dahulu sebuah filosofi dari bentuk yang akan kita kerjakan agar tidak salah persepsi antara dengan persepsi orang menilai, agar orang mengerti dengan benar kita ingin menawarkan apa kepada calon symbol Client kita.

Mangkuk atau gelas Higieia dengan ular yang membelitnya sudah menjadi simbol dari tidak sedikit perkumpulan apoteker di semua dunia. Mangkuk Higieia merupakan emblem Asosiasi Apoteker Amerika dan dicerminkan sebagai mangkuk obat, Asosiasi Apoteker Kanada, Masyarakat Apoteker Australia, di samping juga tidak sedikit asosiasi apoteker lainnya di semua dunia. Asosiasi Apoteker Australia mempergunakan versi yang memperlihatkan sebuah gelas yang dijepit oleh dua ekor ular. Sementara Federasi Apoteker Internasional (FIP) mempergunakan mangkuk Higieia yang dibentuk dari huruf FIP.

Baca :  Pengertian, Sejarah, Teknik, Peralatan, Panahan

Simbol – Simbol Farmasi

  • Jamu



Nggak semua simbol jamu ini ada tulisannya.kalau kamu mendapati kemasan obat yang kamu beli bertanda seperti pohon tersebut, artinya obat yang akan kamu konsumsi berbahan dasar tanaman dan diolah secara tradisional layaknya jamu. Jamu juga merupakan resep warisan leluhur yang turun temurun. Hingga sekarang, olahan jamu masih dipercaya masyarakat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

  • OHT atau Obat Herbal Terstandar

Obat herbal terstandar (OHT) berbeda dengan jamu. Obat ini berbahan dasar dari alam, seperti tanaman, obat, atau mineral lainnya. Bedanya, proses OHT diproduksi dengan teknologi tinggi dan higienis. Sebelumnya, bahan-bahan OHT juga sudah diuji toksisitas dan kronisnya. Karena itu, bahan pembuatan OHT juga harus melalui penelitian-penelitian pre-klinik untuk menguji apakah bahan tersebut sesuai dengan standar kesehatan atau tidak.

  • Fitofarmaka

Fitofarmaka pada dasarnya adalah berbahan dasar tradisional dan berbahan alam, namun sudah terstandar dan bisa disetarakan dengan obat-obatan modern. Tentu proses pembuatannya juga melibatkan proses pengujian bahan, jadi tidak usah takut obat ini mengandung lebih banyak bahan kimia karena pada dasarnya dari bahan alam. Seringnya, orang mempercayai tanaman di sekitarnya untuk mengobati sakit. Misalnya daun jambu yang dipercaya mengobati diare, dengan proses tertentu dan pengujian berstandar daun jambu dapat diolah layaknya obat modern. Maka obat tersebut pun akan dilabeli fitofarmaka.

  • obat yang diperjualkan secara bebas

Simbol hijau ini banyak kamu temukan di obat-obatan yang beredar bebas dan bahkan tersedia di warung-warung. Obat ini memang diperjualbelikan tanpa batasan, seperti paracetamol dan aspirin. Tanda ini digunakan untuk memperjelas kandungan obat pada masyarakat dan juga penjual. Jika terdapat simbol hijau dengan lingkaran hitam artinya tanpa resep pun, obat ini boleh diperjualbelikan dan dikonsumsi. Biasanya dalam kemasan obat bertanda lingkaran hijau ini akan disertai keterangan kandungan dan cara penyimpanan agar masyarakat awam bisa menggunakannya sebagai petunjuk.

  • obat tersebut statusnya bebas terbatas

Sebenarnya kandungan di dalam obat bertanda biru ini termasuk obat keras. Namun sudah diatur dosis dan takaran dari setiap kemasannya untuk mencegah kesalahan dalam mengonsumsi. Obat ini tetap bisa diperjualbelikan bebas kok tanpa resep dokter. Tapi sebagai konsumen kamu harus hati-hati dan teliti ya dalam membaca petunjuk penggunaannya. Jangan sampai minum melebihi dosis yang dianjurkan.

  • Simbol berwarna merah dengan huruf K di dalamnya menandakan obat tersebut tergolong obat keras

Jika kamu membeli obat-obatan sejenis Asam Mefenamat seharusnya kamu punya resep dokter, karena obat tersebut tergolong dalam jenis obat keras. Kandungannya adalah bahan kimia yang memiliki efek samping jika dikonsumsi melebihi dosis anjuran dokter.

  • simbol lingkaran merah dengan tanda plus (+) di dalamnya. Obat ini tergolong n4rk0t1ka

n4rk0t1ka sebenarnya bisa diperoleh di apotek tapi benar-benar harus dengan resep dokter yang asli. Penggunaannya pun diawasi secara ketat. Kandungan dalam obat berjenis n4rk0t1ka ini dapat menimbulkan adiksi atau ketagihan. Selain itu efek sampingnya juga bisa menimbulkan hilangnya kesadaran dan mati rasa.

  • Mortar and Pestle

Adukan dan Penumbuk Bahasa kerennya itu Mortar and Pestle. Simbol ini menggambarkan profesi seorang farmasis sangat erat dengan penggunaan kedua alat tersebut. Kedua alat tersebut digunakan saat meracik atau membuat obat pada jaman dahulu.

  • Rx

Dua huruf ini memiliki arti medical prescription atau resep obat. Hubungan dengan resep obat adalah simbol Rx ini selalu ada di awal suatu resep obat.

Share
WhatsApp chat