Daftar 19 sekolah kedinasan yang ada di Indonesia,Cara Pendaftaran

Daftar 19 sekolah kedinasan yang ada di Indonesia, Cara Pendaftaran – Banyak dari anda yang masih ragu-ragu mengikutsertakan diri di PTN atau kampus-kampus swasta, sebab pekerjaan yang belum terjamin walau kita telah lulus menjadi sarjana.Sekolah kedinasan menjadi unsur pilihan tidak sedikit orang yang hendak melanjutkan edukasi ke perguruan tinggi. Tentu, sekolah kedinasan seringkali memberikan ongkos pendidikannya cuma-cuma sampai akhir masa pendidikan. Tidak hanya itu, di antara sekolah ini pun menjadi destinasi favorit untuk mereka Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang telah lulus

DAFTAR 19 SEKOLAH KEDINASAN

Sekolah kedinasan tersebut berada dibawah delapan kementerian dan lembaga negara. Sebanyak 19 sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran adalah

1. Kementerian Keuangan (Politeknik Keuangan Negara)

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN), yang sebelumnya adalahSekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN), adalahsalah satu perguruan tinggi kedinasan yang terdapat di Indonesia. PKN STAN berada dalam naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.
PKN STAN didirikan dengan destinasi untuk menghasilkan tenaga-tenaga berpengalaman di bidang finansial negara dengan kemahiran tertentu laksana Akuntansi, Perpajakan, Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai, Kebendaharaan Negara, Kepabeanan dan Cukai, dan Manajemen Aset. Oleh sebab itu, mahasiswa PKN STAN bakal dibekali pengetahuan dan kemampuan serta kemahiran profesional dalam rangka memenuhi keperluan pegawai dan mencetak kader-kader pengelola finansial negara pada unit-unit di lingkungan Kementerian Keuangan dan instansi pemerintah lainnya laksana Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).
Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 137/PMK.01/2015 tanggal 15 Juli 2015 mengenai Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara PKN STAN, Politeknik Keuangan Negara PKN STAN (PKN STAN) sudah resmi pulang menjadi Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN). Perubahan kedudukan PKN STAN menjadi PKN STAN dilaksanakan dengan sejumlah alasan. Pertama, organisasi dan tata kerja PKN STAN mesti menyesuaikan dengan pola standar yang berlaku guna penyelenggaraan perguruan tinggi. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 mengenai Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, perguruan tinggi yang diadakan oleh kementerian/ lembaga melulu berupa vokasi.
Di samping itu, menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 mengenai Pendidikan Tinggi, format perguruan tinggi yang mengadakan pendidikan vokasi (terapan) ialah berbentuk politeknik atau akademi. Politeknik dapat mengadakan pendidikan sampai program Magister dan Doktor Terapan, sementara Akademik melulu dapat mengadakan pendidikan vokasi hingga dengan jenjang D-III. Dari situ, PKN STAN lantas memilih format politeknik. PKN STAN secara teknis akademik dibina oleh Kemenristek dan Dikti, sementara secara teknis fungsional bakal dibina oleh Kementerian Keuangan. Dari kedudukan kelembagaan, PKN STAN sedang di bawah Eselon I Kementerian Keuangan yakni Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

Informasi Umum dan Pendaftaran

+ Tel: +6221 7361654-58 ext. 264
+ Fax: +6221 7361653

Alamat Kampus

Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya Tangerang Selatan, Banten, Indonesia 15222

2. Kementerian Dalam Negeri (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

Institut Pemerintahan Dalam Negeri disingkat “IPDN” ialah salah satu Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan dalam lingkungan Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia, yang bertujuan mempersiapkan kader pemerintah, baik di tingkat wilayah maupun di tingkat pusat. Pada 10 Oktober 2007, dalam suatu sidang kabinet, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyimpulkan untuk menggabungkan STPDN dengan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) menjadi IPDN

Alamat : Jalan Ir. Soekarno KM 20, Desa Cibeusi, Jatinangor, Cibeusi, Jatinangor, Cibeusi, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363

Telepon: (022) 7798252

3. Kementerian Hukum dan HAM

  • Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

Akademi ilmu pemasyarakatan (AKIP) adalah perguruan tinggi kedinasan yang terletak di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, didirikan atas pertimbangan adanya keperluan sumber daya insan di bidang Pemasyarakatan yang mendesak berkaitan dengan adanya evolusi sistem perlakuan terhadap pelanggar hukum di Indonesia dari Sistem Kepenjaraan menjadi Sistem Pemasyarakatan. Konsep Pemasyarakatan dilahirkan oleh DR. SAHARDJO, S.H dalam orasi ilmiahnya berjudul “Pohon Beringin Pengayoman” yang dikatakan pada ketika beliau menerima gelar Doctor Honoris Causa dari Universitas Indonesia di Istana Negara tanggal 5 Juli 1963. Dalam pidatonya antara lain ditetapkan bahwa destinasi pidana penjara ialah pemasyarakatan.

Untuk menerapkan konsep tersebut, maka diselenggarakan Konferensi Dinas Kepenjaraan pada tanggal 27 April 1964 di Lembang Bandung yang menyimpulkan penggantian Sistem kepenjaraan dengan Sistem Pemasyarakatan serta dituangkan secara sah dalam amanat Presiden Republik Indonesia.

Untuk mengemban Sistem itu di perlukan adanya sumber daya insan yang memiliki kualifikasi mencukupi di bidang Pemasyarakatan dan dirasa butuh pula untuk membuat kader-kader Pemasyarakatan yang berpendidikan Akademis guna menjadi pelopor. Untuk mengisi maksud itu maka dengan keputusan Presiden RI Nomor 270/1964 tanggal 24 Oktober 1964 secara sah Akademi ilmu Pemasyarakatan didirikan.
Akademi ini didirikan sebagai Kawah Candradimuka kader-kader Pemasyarakatan di Indonesia dan mempunyai tugas pokok mengemban pendidikan pada jalur edukasi profesional program Diploma IV yang ditujukan pada keahliaan eksklusif di bidang Pemasyarakatan.

Alamat :Jl. Raya Gandul No.4, RT.5/RW.6, Gandul, Cinere, Kota Depok, Jawa Barat 16512
Telepon: (021) 7545096

  • Politeknik Imigrasi

Akademi Imigrasi (AIM) ialah suatu edukasi tinggi kedinasan di lingkungan kementerian Hukum dan HAM yang mengadakan pendidikan profesional kedinasan, terutama ditunjukkan pada penerapan keahlian, dan ilmu pengetahuan di bidang keimigrasian. Setelah melalui sejumlah proses yang lumayan panjang, sekarang AIM sudah bertransformasi menjadi Politeknik Imigrasi (Poltekim).

Poltekim ketika ini di komandoi oleh seorang direktur mempunyai nama Ibu Pramella Yunidar Pasaribu mempunyai Visi yaitu menjadikan SDM (Sumber Daya Manusia) Imigrasi yang memiliki kepintaran intelektual, kepintaran emosional, dan kepintaran spiritual. Sedangkan Misinya menanamkan nilai-nilai kejuangan sampai-sampai terbentuk sikap pembiasaan guna beribadah, berakhlak mulia, belajar terus menerus, berkarya, bermanfaat, bersahaja, dan bersih hati. Visi dan Misi AIM tersebut ditunjukkan dalam rangka menjangkau tujuan pembentukan AIM yakni mencetak kader pimpinan di lingkungan Direktorat Jendral Imigrasi dan Kementerian Hukum dan HAM RI masa mendatang dimana lulusannya besok akan ditempatkan di semua kantor imigrasi di Indonesia dan atau di perwakilan imigrasi di luar negeri.

Alamat: Jalan Raya Gandul No. 4, RT.07 / RW.08, RT.5/RW.6, Gandul, Cinere, Kota Depok, Jawa Barat 16514 Provinsi: Jawa Barat
Telepon: (021) 7540121

4. Badan Pusat Statistik (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

STIS atau yang singkatan dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik adalah sebuah perguruan tinggi Kedinasan yang mengambil jenjang Diploma IV yang diselenggarakan dan juga dinaungi oleh Lembaga Negara Non Kementerian yaitu Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. Sekolah ini berdiri sejak tahun 1958 yang bertempat di Jakarta Timur.

Alamat: Jalan Otto Iskandardinata No. 64C, Kampung Melayu, Jatinegara, RT.1/RW.4, Kp. Melayu, Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330
Telepon: (021) 8191437

5. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, adalahsalah satu perguruan tinggi kedinasan di bawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Kampus dengan fokus bidang meteorologi, klimatologi dan geofisika ini berdiri kesatu kali pada tahun 1955 dengan nama Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) bertempat satu gedung dengan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Kemudian pada tahun 1960 dialihkan ke jakarta dan sedang di Lembaga Meteorologi dan Geofisika. Dalam perkembangannya, AMG berubah nama menjadi BPLMG dibawah Badan Diklat Departemen Perhubungan pada tahun 1978. Kemudian semenjak tahun 2000 BPLMG kembali pulang menjadi AMG dengan tempat kampus terletak di Komplek Meteo Dephub, Pondok Betung, Bintaro.
Terhitung mulai 1 Januari 2005 AMG berada dibawah Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND). Tahun 2014 menjadi tahun yang bersejarah untuk keluarga besar STMKG, sebab di tahun ini sudah diundangkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tertanggal 23 April 2014 tentang evolusi Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) menjadi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) yang berada dibawah BMKG.

Alamat: Jl. Perhubungan I No. 5, Pondok Betung, Pondok Aren, Pd. Betung, Tangerang Selatan, Kota Tangerang Selatan, Banten 15221
Telepon: (021) 73691621

6. Badan Inteligen Negara (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)



Sekolah Tinggi Intelijen Negara memiliki lokasi yang sangat strategis di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa lokasi STIN tidak selalu menetap. Proses perekrutan calon mahasiswa STIN dilakukan setiap tahun menggunakan sistem penerimaan mahasiswa baru.
Terdapat sekitar 30 mahasiswa yang akan menjadi bagian dari STIN setiap tahunnya. Setelah Anda menempuh pendidikan pada program studi keagenan atau program studi analisis selama kurang lebih 4 tahun, Anda akan mendapatkan gelar Sarjana Intelijen (S.In).
Mekanisme penerimaan mahasiswa baru STIN dilakukan secara khusus dengan bantuan BIN serta instansi seperti Depdiknas. Perjuangan untuk menjadi bagian dari mahasiswa STIN tidak mudah, bahkan membutuhkan perjuangan keras. Anda dituntut untuk memiliki kecerdasan di atas rata-rata agar bisa bersaing dengan para lulusan sekolah menengah yang cerdas se-Indonesia.
Tidak hanya itu, Anda juga akan diseleksi kembali oleh STIN untuk memastikan bahwa Anda memang layak menjadi seorang mahasiswa. Tentunya Anda perlu memiliki sifat disiplin yang sudah terasah sejak duduk di asrama ketika menempuh studi di sekolah menengah.
Proses penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan pada bulan Mei. Para tim penyeleksi mahasiswa baru yang sudah ditugaskan STIN akan datang di beberapa kota yang dituju untuk menyaring para calon mahasiswa cerdas. Anda yang berasal dari luar kota akan mengikuti seleksi di lokasi yang paling dekat dengan biaya sendiri. Meskipun demikian, ketika Anda menjalani proses pendaftaran dan seleksi, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun.

Alamat : Sumur Batu, Babakan Madang,Bogor, Jawa Barat 16810 INDONESIA

(0251) 8271471 / 827 1478 – 0812 7090 5388 / 0812 7090 5399 (hanya menerima whatsApp)

7. Badan Siber dan Sandi Negara (Sekolah Tinggi Sandi Negara)

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) adalah sekolah tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia, berdasarkan Keppres No. 22 tahun 2003 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara.
Mahasiswa STSN merupakan mahasiswa ikatan dinas (dari umum) dan mahasiswa tugas belajar (PNS/TNI/POLRI). Mahasiswa ikatan dinas yang telah menyelesaikan pendidikan selanjutnya diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia, sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Alamat: Jl. Raya Haji Usa, Putat Nutug, Ciseeng, Putat Nutug, Ciseeng, Bogor, Jawa Barat 16120

Telepon: (0251) 8541754

8. Kementerian Perhubungan

  • API Madiun

Kampus API Madiun dibangun hasil kerja sama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan dengan Pemkot Madiun Jawa Timur. API dirintis sejak tahun 2008, dengan melibatkan banyak pihak termasuk kalangan kampus dan birokrasi khususnya BPSDM Perhubungan.
Kampus API dibangun di atas lahan yang cukup luas. Tanah tersebut merupakan hibah dari Pemkot Madiun dan BPSDM Perhubungan yang membangun fasilitas pendidikan seperti ruang kelas, perkantoran, auditorium, asrama dan lainnya.

  • ATKP Medan
Baca :  Penggolongan Musik Ansambel

Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan ialah pendidikan tinggi di bawah Kementrian Perhubungan, dengan tugas pokok mengemban pendidikan profesional program diploma bidang kemahiran teknik dan keselamatan penerbangan yang terbuka untuk umum. Akademik Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Medan berdiri pada tahun 1989 dengan nama Balai Diklat Penerbangan Medan, menurut Keputusan Menteri Perhubungan Nomor.KM.71 tahun 2002 tanggal 2 Oktober 2002 maka Balai Diklat Penerbangan Medan pulang menjadi Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Medan.

  • ATKP Makassar

Pada tahun 1989 berdiri Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Ujung Pandang, berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No. KM.22 tahun 1989 tanggal 13 Mei 1989, dalam proses pertumbuhan & perkembangannya serta dengan terbitnya Peraturan Pemerintah No.PP.60 tahun 1999 maka pada tahun yang sama berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No. KM 80 tahun 2000 dan diperbaharui berdasarkan No.KM 71 tahun 2002 tanggal 22 Oktober 2002 berubah menjadi : AKADEMI TEKNIK DAN KESELAMATAN PENERBANGAN MAKASSAR

  • PIP Semarang

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang) ialah Perguruan Tinggi Kedinasan bidang pelayaran dan kepelabuhan yang sedang di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. PIP Semarang ialah lembaga dibawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, melaksanakan tugas mendidik dan mengajar pemuda-pemudi alumni SMA IPA/IPS dan SMK Jurusan Mesin/ Pelayaran menjadi Perwira Pelayaran Besar dan Tenaga Ahli Kepelabuhaan untuk memenuhi keperluan armada angkutan laut pada sub sektor perhubungan laut.
Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang yang sebelumnya mempunyai nama BPLP mulai tahun akademik 1995/1996 membuka program diklat kepelautan dan kepelabuhan Diploma IV adalahjenjang edukasi profesional. Lulusan Politeknik IlmuPelayaran Semarang berhak diserahkan sebutan Perwira Muda[2] dengan gelar Sarjana Terapan Pelayaran disingkat S.Tr.Pel serta guna gelar laut ANT III ( Ahli Nautika Tiingkat III ) dan ATT III (Ahli Nautika Tingkat III)
Dengan adanya peningkatan/kemajuan yang mencakup aspek program pendidikan, tenaga pengajar, lulusan, tenaga penunjang, sarana dan prasarana, maka semenjak tahun 1951 terjadi evolusi pelembagaan sampai menjadi Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang pada tahun 1999 dan sudah masuk white list International Maritime Organization (IMO) tahun 2000 dan diperpanjang tahun 2006 tidak serta merta pelautnya dinyatakan kualitasnya, tetapi pun harus dibuntuti dengan keterampilan pelautnya untuk mengemban tugas sebagaimana keahliannya yang tertulis pada sertifikatnya.

  • PIP Makassar

Pada tahun 1946 didirikan Sekolah Pelayaran Tingkat Lokal yang diberi nama Opleiding Scheepvaartschool Celebes yang disingkat dengan OSC yang berlokasi di jalan layang (Kantor Lanal Makassar sekarang). Sekolah tersebut hanya berlangsung sampai tahun 1950 setelah pengakuan kedaulatan Negara Republik Indonesia.

  • PKTJ Tegal

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) ialah perguruan tinggi dibawah Kementerian Perhubungan yang mengadakan pendidikan Vokasi dibidang keselamatan transportasi jalan. PKTJ mempunyai kampus yang modern, komprehensif, tersingkap yang merangkum disiplim ilmu keselamata transportasi jalan. PKTJ ketika ini secara simultan selalu berjuang menjadi di antara politeknik penelitian dibidang keselamatan transportsi jalan. Sebagai politeknik riset, upaya-upaya pencapaian tertinggi dalam urusan penemuan, pengembangan dan pengetahuan secara regional dan global tidak jarang kali dilakukan.

PKTJ adalah pengembangan dari Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat Tegal (BPPTD) yang berdiri tahun 1971. Dengan umur yang lumayan tuan PKTJ dan BPPTD secara kontinyu melanjutkan peran pentingnya di level nasional dalam menyusun tenaga berpengalaman dibidang pengujian kendaraan bermotor, dan kini dengan adanya PKTJ akan menambah peran serta dibidang keselamatan transportasi jalan. Bagaimanapun PKTJ tidak dapat melepaskan diri dari tujuan terkininya menjadi politeknik edukasi vokasi berbobot | berbobot | berkualitas tinggi, penelitian standar dunia.
PKTJ mempunyai dua tempat kampus, kampus lama dengan luas 6.5 ha nerada di Jalan Semeru No.3 Tegal, Kampus baru yang ketika ini sedang dilakukan pembangunan dengan luas 14 Ha. Dengan predikat Diklat trasportasi Darat yang telah melekat, PKTJ secara aktif mengembangkan kerja sama global dengan tidak sedikit perguruan tinggi ternama dunia yang menyelenggarkan program transport safety, laksana Leeds University, Monas University , dan Land Transportasi Academy Singapore. Bagi penyelenggaraan kursus singkat PKTJ berkolaborasi dengan TUV Rheinland.

  • Poltekpel Surabaya

Pelayaran Surabaya telah meluluskan 2574 perwira transportasi laut, baik jurusan nautika maupun teknika. Mereka kini tersebar di berbagai perusahaan pelayaran nasional maupun asing, instansi pemerintah sipil maupun militer, dan pada badan usaha milik negara yang bergerak dalam industri pelayaran.

  • STIP

Pada bulan maret 2000 Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP) berubah status menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) dengan struktur organisasi baru yang berlaku sejak tahun ajaran 1995/1996, dengan jangka waktu pendidikan adalah delapan semester (4 Tahun) dalam tiga jurusan yaitu Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan.

Pada tanggal 10 Maret 2000 melalui Kepetusan Presiden Republik Indoensia No.42 Tahun 2000 PLAP berubah status menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) dengan struktur organisasi dan tata kerja yang ditetapkan dalam Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 63 Tahun 2000 dan pada 16 April 2002 STIP pindah ke kampus baru yang berlokasi :
Alamat : Jalan Marunda Makmur, Cilincing, Jakarta Utara, Jakarta 14150, Indonesia

  • STPI

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia – Curug (STPI Curug) merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Kementerian Perhubungan Indonesia. STPI Curug terletak di Kecamatan Curug, Tangerang, Provinsi Banten.
STPI Curug memiliki tugas dan fungsi mendidik putra-putri terbaik bangsa Indonesia untuk menjadi sumber daya manusia yang ahli dan terampil di bidang penerbangan, yang diakui secara nasional maupun internasional.

Didirikan di Jakarta, tepatnya di daerah Gempol-Kemayoran pada tahun 1952, institusi pendidikan ini semula diberi nama Akademi Penerbangan Indonesia (API). Pada tahun 1954 API dipindahkan dari Jakarta ke kampusnya yang baru, di wilayah kecamatan Legok, Tangerang (lebih dikenal oleh masyarakat penerbangan dengan kampus Curug).
Pada tahun 1969, Akademi Penerbangan Indonesia (API) berubah nama menjadi Lembaga Perhubungan Udara (LPPU). Pada tahun 1978, lembaga pendidikan ini berubah nama menjadi Pendidikan dan Latihan Penerbangan (PLP) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis dari Badan Diklat Perhubungan.

Pada tahun 2000 PLP berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), hingga saat ini. Keberadaan STPI didasari oleh Keputusan Presiden RI dan Menteri Perhubungan

  • STTD

Untuk memenuhi keperluan tenaga pimpinan menengah di bidang kemudian lintas jalan (calon Verkeers Inspecteur) pada tahun 1951 didirikan Akademi Lalu Lintas (ALL) dan diresmikan tanggal 8 September 1951 oleh Presiden Pertama Republik Indonesia (Ir. Soekarno).

Namun akademi ini hanya sukses meluluskan satu angkatan (17 orang), yang mayoritas lulusannya sukses menduduki jabatan tinggi di Pemerintahan, terutama di dalam sub sektor Perhubungan Darat (Nazar Nurdin, eks-Dirjen Perhubungan Darat ialah salah satu lulusan ALL). Sejak tahun 1953 lembaga ini melulu melaksanakan edukasi teknis setingkat diploma I dan diploma II untuk sejumlah angkatan serta kursus-kursus singkat lainnya hingga dengan tahun 1964.

Memperhatikan situasi transportasi darat yang makin berkembang diperlukan SDM Perhubungan Darat yang trampil dan profesional, sebagai kader pimpinan menengah Perhubungan Darat. Perkembangan teknologi transportasi jalan dan pertumbuhan pekerjaan perekonomian masyarakat yang mengakibatkan kompleksitas persoalan lalu lintas dan angkutan jalan melahirkan usulan untuk menghidupkan pulang akademi ini.
Atas prakarsa Ir Giri S. Hadihardjono, MSME (Dirjen Perhubungan Darat masa-masa itu), Herjan Kenasin, SE (Kapusdiklat Perhubungan Darat), dan Drs. Muchtarudin Siregar (Bappenas), diusulkan guna menghidupkan pulang Akademi Lalu Lintas. Pada tanggal 5 Desember 1980 ALL dihidupkan pulang dengan nama BPL Ahli LLAJR yang mengadakan Program Diploma III Ahli Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan semua lulusannya, terutama tentang multimoda angkutan darat, melewati Keputusan Mendikbud No. 002/0/1991 tanggal 9 Januari 1991, BPL Ahli LLAJR mengadakan Program Diploma IV Transportasi Darat.
Melalui pendanaan BLN, Program Studi Diploma III Ahli LLAJ dan Diploma IV Transportasi Darat di bina dan sekitar 13 tahun (tigabelas tahun) ditumbuhkembangkan berkolaborasi dengan UCL (University College London), semenjak tahun 1980 hingga dengan 1993.
Lahirnya Undang-undang No.2 Tahun 1989 mengenai Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1990 setelah diolah terakhir dengan Peraturan Pemerintah ini Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 mengenai Pendidikan Tinggi, serta Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.686/U/1991 mengenai Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi, maka eksistensi Balai Diklat Ahli LLAJR tersebut dibutuhkan alih kedudukan dalam format Perguruan Tinggi (Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut atau Universitas).

Pengalih statusan itu baru terealisasi tahun 2000 melewati Keppres No. 41 Tahun 2000 Balai Diklat Ahli LLAJR dialihstatuskan menjadi Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dengan mengistegrasikan Program Studi Diploma II Pengujian Kendaraan Bermotor di Tegal dan Program Studi Diploma III LLASDP di Palembang menjadi unsur Program Studi dari STTD Bekasi.

Atas inisiatif Dirjen Perhubungan Darat dan Kepala Badan Diklat Perhubungan pada tahun 2003 diadakan Program Diploma III Perkeretaapian sebagai format menghidupkan pulang Diploma III Ahli Teknik Kereta Api.

Dari mula pendiriannya hingga dengan ketika ini eksistensi Program Studi di bawah STTD itu adalahfenomena, dan secara bertahap menambah kinerja sub sektor Perhubungan Darat di tingkat Pusat dan Daerah. Kebutuhan bakal tenaga trampil yang didapatkan STTD demikian besar, terbukti dari permintaan wilayah baik secara tertulis melewati surat maupun lisan, serta susunan kepegawaian guna lulusan STTD dari wilayah dengan jumlah yang lumayan tinggi.

Cara Pendaftaran

Pendaftaran sekolah kedinasan dapat dilakukan secara online. Pendaftaran awal untuk akun calon peserta seleksi dilakukan melalui portal SSCN pada laman https://sscndikdin.bkn.go.id.
Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan saat registrasi online antara lain Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga, dan NIK kepala keluarga. Selain itu, calon pelamar juga harus meyiapkandata-data lain sesuai dengan syarat pendaftaran yang ditentukan oleh masing-masing sekolah kedinasan.
Seleksi akan dilakukan secara nasional dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Kemudian, tahap seleksi selanjutnya yang ditentukan oleh masing-masing instansi atau sekolah kedinasan.

KEUNGGULAN SEKOLAH IKATAN DINAS YANG DIBERIKAN PEMERINTAH

1. GRATIS BIAYA DI SEKOLAH KEDINASAN

Bila anda dengar ataupun melihat, pada umumnya seluruh sekolah kedinasan tidaklah mengambil biaya. Malah sejumlah di antaranya dari sekolah kedinasan tersebut menyerahkan uang saku untuk mahasiswanya. Menarik bukan! Hal ini siapa yang tidak mau? Kamu? Jika tidak, yah tersebut tergantung pada diri sendiri dan minat kan yah.

2. HUBUNGAN KERJA PASTI SETELAH LULUS

Di samping berikan secara cuma-cuma tanpa diambil biaya. Salah satu keunggulan lainnya dari sekolah kedinasan merupakan kepastian mendapat kegiatan sesudah menyelesai studi atau telah di wisuda. Sesudah anda wisuda, anda tidak butuh lagi menggali sana sini kerja dan tidak perlu cemas lagi. Karena, dinas yang berhubungan dengan sekolah kedinasan secara tak langsung telah menerima Anda.

Share
WhatsApp chat