Penemu Komputer : Sejarah Jenis Manfaat Perkembangan Biografi

Posted on

Penemu Komputer : Sejarah Jenis Manfaat Perkembangan Biografi – Sejarah komputer dimulai dengan penemuan pertamanya dari Charles Babbage berupa perangkat hitung. Berkat penemuannya itu, ia dikenal sebagai ilmuwan yang paling dominan dalam pertumbuhan komputer. Kemudian, perangkat hitung itu dikembangkan lebih lanjut secara bertahap sampai kini terciptalah perlengkapan canggih mempunyai nama komputer. Tahapan dalam pengembangan komputer dinamakan generasi. Ada lima generasi komputer yang setiap memiliki kisah tersendiri.

Perkembangan sejarah komputer sudah mengalami waktu sulit. Namun, berkat tangan-tangan andal dari semua ilmuwan dan teknisi pada masa-masa itu, pertumbuhan dari generasi ke generasi terasa begitu gampang dan terorganisir. Komputer terus dikembangkan dengan menyisipkan inovasi-inovasi terbaru. Hingga kini, sejumlah perusahaan ternama tengah mengerjakan komputer berteknologi tinggi dengan nama komputer masa depan.

Biografi Charles Babbage

Sosok ini memiliki dampak yang sangat besar pada dunia teknologi, ia adalah orang pertama yang mengejar sesuatu yang sekarang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu komputer. Charles Babbage dikenal di seluruh dunia sebagai penemu komputer. Charles Babbage lahir pada 26 Desember 1792 di Southwark, London, putra dari Benjamin Babbage, seorang Banker.

Keunggulan utamanya terletak dalam bidang matematika. Ketika dia masuk Trinity College, Cambridge pada tahun 1811, dia menemukan bahwa kemampuan matematikanya jauh lebih baik daripada tutor-tutornya sendiri. Ia adalah seorang matematikawan asal Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya sekarang dapat dilihat di Museum Sains London.

Kehidupan Charles Babbage

Pada usia dua puluhan, Babbage bekerja sebagai seorang matematikawan berpengalaman, terutama dalam bidang kalkulus. Pada tahun 1816, ia terpilih sebagai anggota “Royal Society” (sebuah organisasi ilmiah dan akademis independen di Inggris Raya yang masih aktif hingga saat ini) dan memainkan peran penting dalam “Astronomical Society” (sebuah organisasi astronomi dan geofisika di Inggris Raya yang masih aktif hingga saat ini) pada tahun 1820.

Pada saat itu, perhitungan menggunakan tabel matematika sering menghasilkan kesalahan. Babbage ingin mengembangkan teknik perhitungan mekanik untuk mengurangi kesalahan yang sering dilakukan oleh manusia.

Pada masa itu, Babbage terinspirasi oleh perkembangan mesin hitung yang telah dilakukan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz. Gagasan awal tentang mesin Babbage tertuang dalam sebuah surat yang ditujukan kepada Royal Astronomical Society berjudul “Catatan tentang penerapan mesin untuk penghitungan tabel astronomi dan matematika” pada tanggal 14 Juni 1822.

Pada tahun 1821, Babbage menciptakan Difference Engine, sebuah mesin yang dapat menyusun Tabel Matematika. Saat menyelesaikan mesin tersebut pada tahun 1832, Babbage mulai memiliki gagasan tentang mesin yang lebih canggih, yang dapat melakukan berbagai jenis operasi aritmatika.

Mesin ini dikenal sebagai Analytical Engine (1856), dirancang sebagai mesin pemroses simbol umum, dan memiliki beberapa fitur yang mirip dengan komputer modern, termasuk penggunaan kartu berlubang, unit memori untuk menyimpan angka, dan berbagai elemen dasar komputer lainnya.

Karya Babbage tidak begitu dikenal sampai ia bertemu dengan Ada Countess of Lovelace, anak dari Lord Byron. Mereka pertama kali bertemu pada suatu acara tanggal 6 Juni 1833. Sembilan tahun kemudian, Luigi Federico Manabrea, seorang insinyur asal Italia, menjelaskan cara kerja Analytical Engine. Karya ini kemudian diterjemahkan dan ditambahkan catatan oleh Ada Lovelace pada tahun 1843. Sejak saat itu, orang mulai mengenal karya Charles Babbage.

Pada tahun 1937, artikel Babbage menarik perhatian Howard H. Aiken, seorang sarjana lulusan Harvard yang sedang berusaha menyelesaikan desain mesin komputer. Aiken terinspirasi oleh gagasan Babbage dan bekerja sama dengan IBM untuk menciptakan Mark I, komputer pertama yang digunakan untuk berbagai keperluan. Dua tahun setelah Mark I mulai digunakan (1946), sekelompok insinyur dan penemu lain berhasil menciptakan ENIAC, mesin hitung elektronik pertama. Sejak itu, perkembangan teknologi komputer melaju dengan cepat.

  Pengertian Seni Budaya : Ciri Contoh Jenis Fungsi Menurut Para Ahli

Mesin hitung memiliki dampak besar di dunia, bahkan akan menjadi lebih penting di masa depan. Sumbangan pikiran Babbage terhadap perkembangan komputer tidak kalah dengan Aiken atau John Mauchly dan J.O. Eckert, tokoh utama dalam perancangan ENIAC. Setidaknya ada tiga pendahulu Babbage (Blaise Pascal, Gottfried Leibniz, dan Joseph Marie Jacquard) yang telah memberikan kontribusi setara dengan Babbage. Pascal, seorang matematikawan, filsuf, dan ilmuwan asal Perancis, menciptakan mesin penghitung mekanis pada tahun 1642.

Penghargaan untuk Charles Babbage

Dari tahun 1828 hingga 1839, Babbage memegang gelar Lucasian Chair of Mathematics (gelar profesor matematika yang sangat prestisius) di Universitas Cambridge.

Selain mesin hitung, Babbage juga memberikan berbagai kontribusi lain, termasuk menciptakan sistem pos yang canggih di Inggris, menyusun tabel asuransi yang dapat diandalkan, mengembangkan locomotive cowcatcher (struktur segitiga di depan kereta api yang membersihkan rel dari gangguan), dan banyak sumbangan lainnya di bidang ekonomi dan politik.

Charles Babbage juga merupakan seorang ahli kriptografi yang berhasil memecahkan sandi Vigenere (sandi polialfabet). Kemampuan ini dimilikinya sejak tahun 1854 setelah berhasil mengatasi tantangan dari Thwaites untuk memecahkan sandi tersebut. Namun, penemuannya ini tidak pernah diterbitkan hingga baru terungkap pada abad ke-20 saat para ahli memeriksa catatan-catatan Babbage.

Meskipun memiliki banyak keberhasilan, kegagalan dalam pembuatan mesin perhitungan dan kurangnya dukungan pemerintah membuat Babbage mengalami kekecewaan dan kesedihan di akhir hidupnya.

Charles Babbage meninggal pada 18 Oktober 1871 pada usia 79 tahun dan meninggalkan sejumlah anak, antara lain Benjamin Herschel Babbage (1815), Charles Whitmore Babbage (1817), Georgiana Whitmore Babbage (1818), Edward Stewart Babbage (1819), Francis Moore Babbage (1821), Dugald Bromheald Babbage (1823), Henry Prevost Babbage (1824), Alexander Forbes Babbage (1827), dan Timothy Grant Babbage (1829).

Sejarah Komputer dan Perkembangannya

  • Sejarah Komputer Generasi Pertama (1940 – 1950)

Komputer Generasi Pertama menggunakan beberapa tabung vakum yang besar dan kompleks seperti crystal diodes, relays, resistors, dan capacitors yang membutuhkan daya listrik sebesar 150 kilowatt. Komputer elektronik pertama yang digunakan untuk umum yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer).

Sudah berbentuk digital, namun belum menggunakan kode biner sebagai prosesnya. Digunakan untuk memecahkan rangkaian lengkap tentang masalah komputasi. Diprogram menggunakan plugboard dan switch, yang sudah mendukung input dan output dari IBM card.

Komputer elektronik pertama yang digunakan untuk non-umum yaitu ABC (Atanasoff-Berry Computer), ten British Colossus computers, german Z3, LEO, UNIVAC, dan Harvard Mark I.

  • Sejarah Komputer Generasi Kedua (1955 – 1960)

Komputer Generasi Kedua muncul setelah ditemukannya transistor, yang kemudian mulai mengganti tabung vakum dalam desain komputer. Dengan transistor, daya, panas dan bentuk jauh lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama.

Namun, masih jauh lebih besar dengan komputer sekarang ini.
Komputer dengan transistor pertama ini dibuat di University of Manchester pada tahun 1953.

Yang paling populer dari komputer transistor generasi kedua ini adalah IBM 1401. IBM juga menciptakan drive pertama (sebuah media penyimpanan) pada tahun 1956, yang dikenal dengan IBM 350 RAMAC.

  • Sejarah Komputer Generasi Ketiga (1960)

Penemuan Integrated Circuits (IC) atau dikenal juga dengan microchips, membuka jalan untuk komputer generasi ketiga atau yang kita kenal dengan komputer sekarang ini. Berbentuk jauh lebih kecil dengan generasi komputer sebelumnya, dengan transistor yang lebih banyak dan dibenamkan ke dalam microchips tunggal. Dalam tahap perkembangannya, komputer generasi kedua masih bertahan.

  60 Kata Kata Buat Mantan Kekasih Singkat Dalam Penuh Kenangan

Pertama munculnya minicomputer yang didasarkan pada kedua transistor dan microchips seperti IBM System/360. Komputer ini jauh lebih kecil dan lebih murah daripada generasi-generasi sebelumnya. Sejarah Komputer Generasi Ketiga dikenal sebagai mainframe komputer. Minicomputer dapat dilihat sebagai jembatan antara mainframe dan microcomputer sebagai proliferasi dalam perkembangan komputer.

  • Sejarah Komputer Generasi Keempat (1971)

MikrokomputerMicrochips berbasis Central Processing Unit (CPU) pertama, terdiri dari beberapa microchips untuk komponen CPU yang berbeda.

Dorongan untuk integrasi semakin besar dan miniasturisasi dipimpin menuju single-chip CPU, di mana semua komponen CPU yang diperlukan dimasukkan ke sebuah microchips tunggal yang disebut microprocessor. Microprocessor pertama yaitu Intel 4004.

Munculnya microprocessor melahirkan evolusi dari microcomputer, bentuk yang akhirnya akan menjadi komputer pribadi yang kita kenal sekarang ini.

Jenis jenis Komputer

Ada beberapa jenis komputer yang dapat dikelompokkan berdasarkan berbagai kriteria, seperti ukuran, tujuan penggunaan, arsitektur, dan banyak lagi. Berikut beberapa jenis komputer yang umum:

  • Komputer Pribadi (Personal Computer – PC): Jenis komputer ini dirancang untuk penggunaan individu atau rumahan. PC termasuk desktop dan laptop yang digunakan untuk tugas-tugas sehari-hari seperti pengetikan, browsing web, dan pemrosesan data.
  • Komputer Server: Komputer ini dirancang untuk menyimpan, mengelola, dan menyediakan layanan bagi sejumlah pengguna, perangkat, atau aplikasi dalam sebuah jaringan. Mereka sering digunakan untuk hosting situs web, basis data, dan aplikasi bisnis.
  • Komputer Mainframe: Komputer mainframe adalah mesin besar yang digunakan dalam lingkungan perusahaan atau institusi besar. Mereka mampu menangani beban kerja yang sangat berat, termasuk pengolahan data dan transaksi dalam jumlah besar.
  • Komputer Superkomputer: Superkomputer adalah jenis komputer paling kuat dan mahal. Mereka digunakan untuk tugas-tugas yang memerlukan perhitungan ekstrem, seperti permodelan iklim, penelitian ilmiah, dan simulasi kompleks.
  • Komputer Tablet: Tablet adalah perangkat komputer portabel yang berukuran lebih besar dari ponsel tetapi lebih kecil dari laptop. Mereka sering digunakan untuk konsumsi media, permainan, dan produktivitas.
  • Komputer Jaringan: Jenis ini merujuk pada komputer yang digunakan dalam infrastruktur jaringan, seperti router, switch, dan firewall, yang memfasilitasi komunikasi dan pengiriman data dalam jaringan.
  • Komputer Embedded: Komputer embedded adalah komponen dalam perangkat lain, seperti mobil, peralatan rumah tangga, dan perangkat medis. Mereka dirancang untuk melakukan tugas tertentu dalam konteks perangkat yang lebih besar.
  • Komputer Quantum: Ini adalah jenis komputer eksperimental yang menggunakan prinsip-prinsip fisika kuantum untuk melakukan perhitungan yang jauh lebih cepat daripada komputer klasik. Saat ini, teknologi ini masih dalam tahap pengembangan.
  • Komputer Wearable: Perangkat komputer wearable adalah perangkat yang dikenakan oleh pengguna, seperti smartwatch, yang memberikan akses ke informasi dan fungsi komputer langsung dari pergelangan tangan atau tubuh pengguna.
  • Komputer Rumah Pintar (Smart Home): Komputer rumah pintar adalah komputer yang terintegrasi dalam peralatan dan sistem rumah tangga untuk mengontrol pencahayaan, suhu, keamanan, dan perangkat lainnya secara otomatis atau jarak jauh.
  • Komputer Industri: Komputer industri digunakan dalam lingkungan industri dan pabrik untuk mengontrol dan mengelola mesin, produksi, dan proses otomatisasi.
  • Komputer Kuantum: Komputer kuantum adalah jenis komputer yang menggunakan prinsip-prinsip mekanika kuantum untuk melakukan perhitungan. Mereka memiliki potensi untuk mengubah cara kita melakukan komputasi pada tingkat yang revolusioner, tetapi teknologinya masih dalam pengembangan.
  • Komputer All-in-One: Jenis komputer ini menggabungkan unit CPU, monitor, dan perangkat input dalam satu perangkat, menciptakan solusi yang lebih kompak dan hemat ruang.
  • Komputer Gaming: Komputer gaming adalah komputer yang dioptimalkan untuk bermain game, biasanya memiliki komponen hardware yang kuat untuk mendukung grafis yang intensif.
  • Komputer Laptop Hybrid: Ini adalah laptop yang dapat berfungsi sebagai tablet dengan kemampuan layar sentuh atau dapat dilepas dari keyboardnya.
  • Komputer Analog: Meskipun lebih jarang digunakan sekarang, komputer analog menggunakan komponen fisik seperti rangkaian listrik untuk melakukan perhitungan, berbeda dengan komputer digital yang menggunakan kode biner.
  • Komputer Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence – AI): Komputer AI dirancang untuk memproses data dan melakukan tugas-tugas yang mensimulasikan kecerdasan manusia, seperti pengenalan suara, pengenalan wajah, dan pemahaman bahasa alami.
  Interaksi Sosial yang mengarah kepada Persatuan & Perpecahan

Itulah beberapa jenis komputer yang beragam, masing-masing dengan tujuan dan karakteristik yang berbeda. Jenis komputer yang digunakan akan tergantung pada kebutuhan dan lingkungan penggunaan.

Manfaat Komputer

Komputer memiliki berbagai manfaat dan dampak positif dalam berbagai aspek kehidupan. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan komputer:

  • Peningkatan Produktivitas: Komputer memungkinkan pengguna untuk melakukan pekerjaan lebih cepat dan efisien. Ini mencakup pengolahan data, pengetikan dokumen, perencanaan, dan banyak tugas lainnya. Perangkat lunak produktivitas seperti pengolah kata dan spreadsheet membantu dalam pekerjaan kantor dan bisnis.
  • Komunikasi: Komputer dan internet telah mengubah cara kita berkomunikasi. Email, pesan instan, media sosial, dan platform kolaborasi online memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan orang di seluruh dunia dengan mudah.
  • Akses ke Informasi: Internet adalah sumber informasi yang sangat besar. Dengan komputer, kita dapat mengakses pengetahuan dari berbagai sumber seperti situs web, basis data, jurnal ilmiah, dan lainnya. Ini mendukung pembelajaran dan penelitian.
  • Hiburan: Komputer digunakan untuk hiburan seperti menonton film, mendengarkan musik, bermain game, dan menjelajahi konten multimedia lainnya. Streaming dan pemrosesan grafis tinggi telah meningkatkan pengalaman hiburan.
  • Pengelolaan Data: Komputer membantu dalam pengelolaan dan penyimpanan data. Pengguna dapat menyimpan, mengorganisir, dan mencari informasi dengan cepat. Ini penting dalam bisnis, keuangan, dan aspek lain dari kehidupan pribadi.
  • Desain Grafis dan Multimedia: Komputer digunakan untuk desain grafis, animasi, dan produksi multimedia. Ini berlaku untuk industri seperti periklanan, film, seni digital, dan desain produk.
  • Pendidikan: Pendidikan komputer adalah bagian penting dari pendidikan modern. Siswa dapat belajar keterampilan komputer, mengakses sumber pendidikan online, dan berpartisipasi dalam pembelajaran jarak jauh.
  • Pengendalian Proses Industri: Dalam industri, komputer digunakan untuk mengontrol proses produksi, otomatisasi, dan pemantauan. Hal ini membantu meningkatkan efisiensi dan kualitas produk.
  • Pengembangan Perangkat Lunak: Industri perangkat lunak bergantung pada komputer untuk pengembangan, pengujian, dan pemeliharaan perangkat lunak. Ini mencakup perangkat lunak aplikasi, sistem operasi, dan perangkat lunak khusus.
  • Kesehatan: Komputer digunakan dalam bidang kesehatan untuk pencatatan medis, diagnosa, penelitian medis, dan pemantauan pasien. Sistem informasi kesehatan membantu dokter dan penyedia layanan kesehatan.
  • Keuangan: Industri keuangan mengandalkan komputer untuk perdagangan, analisis pasar, manajemen risiko, dan layanan perbankan online.
  • Penelitian Ilmiah: Komputer memungkinkan ilmuwan untuk melakukan simulasi, analisis data, dan penelitian eksperimental. Ini berlaku untuk berbagai disiplin ilmu, termasuk fisika, biologi, dan kimia.
  • Keamanan dan Keamanan Cyber: Komputer digunakan dalam upaya keamanan nasional dan siber. Mereka membantu melacak ancaman siber, mengamankan data penting, dan mengembangkan alat keamanan.
  • Manufaktur: Di dunia manufaktur, komputer digunakan dalam perancangan produk, manajemen rantai pasokan, dan kendali mesin produksi.
  • Kreativitas: Komputer memberi banyak orang platform untuk mengekspresikan kreativitas mereka, baik melalui seni digital, penulisan, atau pengembangan permainan.
  • E-commerce: E-commerce memungkinkan bisnis dan konsumen untuk bertransaksi secara online, membuat belanja dan penjualan lebih mudah dan efisien.
  • Lingkungan: Komputer digunakan dalam pemantauan dan pengelolaan lingkungan, termasuk pemantauan iklim, pemodelan cuaca, dan analisis data lingkungan.

Penggunaan komputer telah membentuk dunia modern dan mengubah cara kita bekerja, berkomunikasi, belajar, dan berhibur. Meskipun memiliki manfaat yang signifikan, penggunaan komputer juga harus diimbangi dengan perhatian terhadap keamanan dan etika penggunaan yang benar.