4 Cara Format Flashdisk Tutorial Penjelasan Lengkap

Posted on

Pernahkah kamu mengalami masalah pada flashdisk yang tidak bisa digunakan karena terdapat virus atau sistem yang korup? Atau mungkin kamu ingin mengubah format flashdisk kamu dari FAT32 ke NTFS agar dapat memindahkan file yang lebih besar? Jika iya, kamu tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini, saya akan membahas cara format flashdisk secara detail

Sebelum membahas langkah-langkah format flashdisk, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Format flashdisk adalah proses penghapusan semua data di dalamnya dan membuat sistem file baru yang dapat diakses oleh sistem operasi. Dalam proses format flashdisk, ada beberapa opsi yang dapat dipilih seperti FAT32, NTFS, atau exFAT. Pilihlah sistem file yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa untuk melakukan backup data penting sebelum melakukan format karena semua data di dalam flashdisk akan hilang setelah proses format selesai dilakukan.

Cara Format Flashdisk Memakai Komputer

Berikut ini adalah langkah-langkah cara format flashdisk:

1.Hubungkan flashdisk ke komputer Pertama, hubungkan flashdisk ke komputer menggunakan kabel USB. Pastikan flashdisk terdeteksi oleh komputer dan muncul di jendela ‘File Explorer’.

2.Buka jendela format flashdisk Klik kanan pada ikon flashdisk yang terletak di jendela ‘File Explorer’. Pilih opsi ‘Format’ dari menu yang muncul. Sebuah jendela baru akan muncul yang memungkinkan kamu untuk mengatur opsi format flashdisk.

3.Pilih opsi format flashdisk Pada jendela format flashdisk, pilih sistem file yang ingin kamu gunakan. Ada beberapa pilihan yang dapat kamu pilih seperti FAT32, NTFS, atau exFAT. Jika kamu tidak yakin dengan sistem file yang harus dipilih, kamu dapat memilih opsi default yang disarankan oleh sistem operasi. Pastikan untuk memberikan nama baru pada flashdisk setelah proses format selesai dilakukan.

  cara menyembunyikan status online di whatsapp

4.Pilih opsi format yang tepat Pada jendela format flashdisk, ada beberapa opsi yang dapat kamu pilih terkait dengan proses format. Beberapa opsi yang sering digunakan adalah:

  • Quick Format: opsi ini akan menghapus data di dalam flashdisk secara cepat dan membuat sistem file baru tanpa melakukan pengecekan terhadap bad sector atau error lainnya. Opsi ini lebih cepat dan lebih cocok untuk flashdisk yang masih baru atau dalam kondisi yang baik.
  • Full Format: opsi ini akan menghapus data di dalam flashdisk secara menyeluruh dan melakukan pengecekan terhadap bad sector atau error lainnya. Opsi ini membutuhkan waktu yang lebih lama dan lebih cocok untuk flashdisk yang sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama atau mengalami masalah.

5.Klik ‘Start’ untuk memulai proses format Setelah memilih opsi format yang tepat, klik ‘Start’ untuk memulai proses format. Tunggu beberapa saat hingga proses format selesai dilakukan. Pastikan tidak melepas flashdisk atau mematikan komputer selama proses format berlangsung karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada flashdisk.

6.Selesai Setelah proses format selesai dilakukan, flashdisk sudah siap digunakan kembali. Kamu dapat menyalakan komputer dan membuka jendela ‘File Explorer’ untuk memastikan flashdisk sudah terdeteksi oleh sistem operasi. Pastikan juga untuk memberikan nama baru pada flashdisk sesuai dengan keinginanmu.

Selain cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa cara lain yang dapat digunakan untuk melakukan format flashdisk. Berikut adalah beberapa cara lainnya:

Cara Format Flashdisk Memakai Command Prompt

Melalui Command Prompt Untuk melakukan format flashdisk melalui Command Prompt, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Hubungkan flashdisk ke komputer
  • Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, ketik “cmd” dan tekan Enter
  • Ketik perintah “diskpart” dan tekan Enter
  • Ketik perintah “list disk” untuk menampilkan daftar disk yang terhubung ke komputer
  • Cari nomor disk yang sesuai dengan flashdiskmu
  • Ketik perintah “select disk [nomor disk]” untuk memilih flashdisk
  • Ketik perintah “clean” untuk membersihkan seluruh partisi pada flashdisk
  • Ketik perintah “create partition primary” untuk membuat partisi baru pada flashdisk
  • Ketik perintah “format fs=[sistem file] quick” untuk melakukan format flashdisk dengan sistem file yang diinginkan (contohnya: format fs=NTFS quick)
  • Tunggu hingga proses format selesai dilakukan
  Cara Membuat PowerPoint (PPT) Menjadi Video : Panduan Lengkap

Cara Format Flashdisk Memakai Aplikasi

Melalui software pihak ketiga Terdapat berbagai macam software pihak ketiga yang dapat digunakan untuk melakukan format flashdisk. Beberapa software yang populer antara lain:

  • HP USB Disk Storage Format Tool
  • EaseUS Partition Master
  • AOMEI Partition Assistant
  • Rufus

Untuk menggunakan software pihak ketiga, langkah-langkahnya dapat berbeda-beda tergantung pada software yang digunakan. Namun, secara umum langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Download dan instal software yang dipilih
  • Hubungkan flashdisk ke komputer
  • Buka software dan pilih flashdisk yang akan diformat
  • Pilih opsi format yang diinginkan (Quick Format atau Full Format)
  • Pilih sistem file yang diinginkan
  • Klik tombol “Format” dan tunggu hingga proses format selesai dilakukan

Cara Format Melalui perangkat mobile

Beberapa perangkat mobile juga dapat digunakan untuk melakukan format flashdisk. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi file manager atau aplikasi pihak ketiga yang mendukung format flashdisk. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua perangkat mobile mendukung format flashdisk. Beberapa perangkat mobile yang dapat digunakan untuk melakukan format flashdisk antara lain:

  • Android: dengan menggunakan aplikasi seperti File Manager +, ES File Explorer, atau USB OTG Checker
  • iPhone/iPad: dengan menggunakan aplikasi seperti iFile, FileBrowser, atau iMazing

Dalam melakukan format flashdisk, perlu diperhatikan beberapa hal yang sudah dijelaskan sebelumnya seperti memilih sistem file yang tepat, melakukan backup data penting terlebih dahulu, dan sebagainya. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan cara yang sesuai dengan kebutuhanmu dan memperhatikan tips-tips yang sudah dijelaskan agar proses format flashdisk dapat dilakukan dengan aman dan efektif.

Tips Sebelum Format

Selain langkah-langkah di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan format flashdisk. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam melakukan format flashdisk secara efektif dan aman:

  1. Backup data penting terlebih dahulu Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pastikan untuk melakukan backup data penting sebelum melakukan format flashdisk. Hal ini akan menghindari kehilangan data yang tidak terduga setelah proses format selesai dilakukan.
  2. Pilih sistem file yang tepat Sistem file yang dipilih harus sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu sering memindahkan file besar, pilihlah sistem file NTFS atau exFAT. Namun, jika kamu ingin menggunakan flashdisk pada perangkat yang tidak mendukung sistem file NTFS atau exFAT, pilihlah sistem file FAT32.
  3. Pilih opsi format yang tepat Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pilihlah opsi format yang tepat sesuai dengan kondisi flashdiskmu. Jika flashdisk masih baru atau dalam kondisi yang baik, pilih opsi Quick Format. Namun, jika flashdisk sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama atau mengalami masalah, pilih opsi Full Format.
  4. Pastikan tidak ada aplikasi yang menggunakan flashdisk Sebelum melakukan format flashdisk, pastikan tidak ada aplikasi yang menggunakan flashdisk. Tutup semua aplikasi yang terbuka atau jalankan scan antivirus untuk memastikan flashdisk tidak terinfeksi virus.
  5. Jangan melepas flashdisk atau mematikan komputer saat proses format berlangsung Jangan melepas flashdisk atau mematikan komputer saat proses format berlangsung karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada flashdisk. Tunggu hingga proses format selesai dilakukan sebelum melepas flashdisk atau mematikan komputer.
  6. Periksa kembali setelah proses format selesai dilakukan Setelah proses format selesai dilakukan, pastikan flashdisk sudah terdeteksi oleh sistem operasi dan dapat digunakan dengan baik. Lakukan scan antivirus dan periksa apakah flashdisk masih berfungsi dengan baik.
  Cara Menyimpan Status Whatsapp WA Termudah Tanpa Aplikasi

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara format flashdisk secara detail. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan format flashdisk, seperti memilih sistem file yang tepat, memilih opsi format yang tepat, melakukan backup data penting terlebih dahulu, dan lain sebagainya. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang sudah dijelaskan di atas, kamu dapat melakukan format flashdisk dengan aman dan efektif.