Cara melewati verifikasi akun google mudah

Posted on

Cara melewati verifikasi akun google mudah – Artikel kali ini, saya pingin berbagi suatu  pangalaman tentang teknik  melewati “baypass atau verifikasi akun google” pada ketika  kita mengerjakan  factory reset pada perlengkapan  android atau biasa di kenal dengan FRP (Factory Reset Protection).

Sekiranya apa yang saya tulis di tulisan  kali ini dapat menolong  teman-teman lainya yang merasakan  kejadian yang sama laksana  apa yang saya alami di sejumlah  hari belakangan ini.

Kasus yang saya alami, terjadi pada ketika  saya mengerjakan  factory reset pada smartphone android kepunyaan  adik saya yakni  samsung galaxy j200G. Mulanya saya sendiri tidak menyadari bakal  hal ini, karena  baru kali ini saya mengerjakan  factory reset pada perlengkapan  dengan tipe laksana  ini.

Nah, pada ketika  selesai mengerjakan  factory reset dan smartphone masuk ke settingan mula  untuk kesatu  kali, maka saya di hadapkan pada tahapan guna  memverifikasi akun google yang sebelumnya telah  terdaftar pada perlengkapan  tersebut. Dan yang menciptakan  masalah ini menjadi rumit sebab  adik saya tidak ingat dengan email serta sandi akun google yang sebelumnya tersimpan di smartphone itu.

verifikasi akun google
verifikasi akun google

Akhirnya saya berjuang  untuk menanggulangi  masalah ini dengan sekian banyak   cara yang saya temukan di internet. Namun, seluruh  upaya yang saya kerjakan  selalu gagal sampai  smartphone adik saya tidak bisa  di pakai  selama 3 hari. Sayapun merasa capek dan nyaris  putus asa, inginkan  di bawah ke counter smartphone fobia  biayanya mahal, inginkan  di selesaikan sendiri sayangnya tidak jarang  kali  gagal.

Pada kesudahannya  dengan sarat  kesabaran saya mencari teknik  untuk menanggulangi  masalah ini dengan browsing ke internet, dan saya temui suatu  blog yang menuliskan   bawah masalah ini dapat  di atasi bila   kita dapat  sigin kebrowser dengan akun google yang aktif pada ketika  smartphone masih dalam suasana  terkena FRP tersebut.

Dari situlah saya memungut  keputusan untuk menuntaskan  masalah ini dengan teknik  saya sendiri. Dan apa yang saya kerjakan  ternyata sukses  dan sayapun lumayan  puas. Cara berikut  yang bakal  saya bagikan kali ini bikin  teman-teman kiranya dapat  bermanfaat. Tetapi sebelum saya melanjutkannya, terdapat  baiknya bila   kita ketahui tidak banyak  tentang apa tersebut  factory reset protection di android.  Apa Itu FRP (Factory Reset Protection).

Factory reset protection ialah  sebuah sistem ketenteraman  google, yang tertanam dalam sebuah perlengkapan  android dengan destinasi  untuk mengayomi  smartphone serta seluruh  data-data urgen  si pemilik supaya  tidak di salah pakai  oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab bilamana  smartpone itu  hilang atau dicuri.

Pada perlengkapan  android lollipop ke atas, banyak sekali  pihak produsen smartphone sudah  menyertakan dengan sistem ketenteraman  dari google ini, dan google sendiri setiap ketika  selalu menambah  sistem keamanannya untuk mengayomi  data-data akun dari user yang menggunakan kemudahan  dari google tersebut  sendiri. Berdasarkan keterangan dari  saya ini lumayan  baik dan bagus guna  di sertakan dalam masing-masing  produk smartphone yang berbasis android, karena  android tersebut  sendiri ialah  besutan google.  Namun ada sejumlah  sisi negatif yang di hasilkan darinya.

Baca :  Cara Menyimpan Status Whatsapp WA Termudah Tanpa Aplikasi

Misalnya, bilamana  sesorang melakukan pembelian  sebuah smartphone bekas dari counter, tentunya guna  menghapus seluruh  data-data yang tersimpan sebelumnya maka si pembeli me sti mengerjakan  factory reset dan menggantikannya dengan yang baru. Nah, bagaimana andai  si pembeli tidak memahami  akun yang sebelumnya telah  tersimpan di smartphone tersebut?.

Kasus semacam berikut  yang membuat tidak sedikit  sekali pemakai  android yang mencari teknik  di internet untuk mengerjakan  bypass terhadap smartphone mereka yang terpapar  proteksi sesudah  selesai mengerjakan  factory reset.  Nah, andai  anda ialah  salah satu yang merasakan  kejadian yang sama laksana  yang saya alami, maka laksana  janji saya diatas bahwa, saya bakal  memberikan teknik  seperti yang sudah  saya kerjakan  dan berhasil. Tetapi minta  di ingat bahwa, apa yang saya tulis di tulisan  ini tidak boleh  di salah gunakan. Semua yang saya tulis untuk destinasi  kebaikan.

Cara Reset Android ke Pengaturan Pabrik (Semua Tipe HP)

Sebetulnya nih, ya. Reset Android itu, merk HP satu dengan yang lainnya, rata-rata nggak akan jauh beda. Paling hanya masalah letaknya saja. Sedangkan caranya sendiri hampir sama.

Nah, di sini saya ingin menjelaskannya, bagaimana cara me-reset HP kembali ke setelan pabrik dengan lengkap + gambar.

Berlaku untuk semua tipe HP, mulai dari OPPO, VIVO, Xiaomi, Samsung, ASUS, Lenovo, Huawei, dan lain-lain.

Ada tiga cara yang akan saya bagikan di sini. Silakan pilih saja mana yang dirasa paling mudah:

1. Cara Reset Android Lewat Setelan

Di setelan (halaman pengaturan) Android, pasti terdapat opsi untuk mengembalikan HP ke setelan pabrik. 100% pasti ada pokoknya.

Buat yang belum tahu, bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Bukaicon Setelan di menu bagian atas HP.
  2. Kemudian, buka menuCadangkan dan Setel Ulang.
  3. Setelah itu, ketuk tombolKembalikan ke Setelan Pabrik.
  4. Konfirmasireset, kemudian tunggu prosesnya.
  5. Setelah HPrestart, maka HP Anda telah berhasil di-reset.

Simpel kan? Untuk langkah-langkah detailnya, dan dilengkapi dengan gambar, bisa simak di sini:

Langkah 1: Di menu bagian atas HP (panel status bar), geser ke bawah, kemudian buka icon Setting.

Langkah 2: Maka akan muncul halaman baru. Silakan geser ke bawah, lalu buka menu Cadangkan dan Setel Ulang.

Langkah 3: Di sini akan tersedia beberapa pengaturan. Silakan pilih Kembalikan ke Setelan Pabrik.

Langkah 4: Jika muncul jendela konfirmasi untuk reset, langsung saja ketik IyaSetujuSetel Ulang, atau sejenisnya.

Baca :  Cara Mengatasi NTLDR is missing Windows XP

Kalau sudah, tinggal tunggu HP restart.

Untuk awal biasanya agak lama, kurang lebih 5 hingga 15 menit. Jadi pastikan baterai masih cukup penuh supaya nggak mati tiba-tiba.

2. Reset HP dengan Kode Dial

Kalau mau lebih cepat, bisa juga, lho, dengan menggunakan kode dial. Kode ini semacam shortcut yang memungkinkan HP di-resettanpa melalui setelan seperti cara sebelumnya.

Jadi, bisa dibilang sangat simpel. Namun hati-hati, pastikan datanya sudah di-backup, ya.

Langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasiDial Pad (Phone).
  2. Kemudian ketik*2767*3855#.
  3. Setelah itu, secara otomatis HP akan memulai prosesreset.

Meski unggul dari segi kepraktisan, tapi kode dial ini nggak bisa dipakai di semua tipe HP. Contoh HP yang bisa di antaranya Samsung dan ASUS. Itu pun nggak semua tipe.

3. Lewat Mode Recovery Android

Sebelumnya, apa itu recovery?

Recovery adalah sebuah mode di mana Anda bisa mengatur berbagai pengaturan Android yang tidak ada ketika HP menyala. Misalnya untuk wipe cache, hingga mengganti ROM lama ke yang baru (custom ROM).

Hampir semua HP punya mode recovery ini.

Kita bisa menggunakan mode ini juga untuk me-reset HP. Karena kelebihannya yang nggak perlu masuk ke sistem, cara ini cocok untuk memperbaiki HP yang mengalami kerusakan seperti bootloop.

Caranya:

  1. Matikan HP terlebih dahulu.
  2. Nyalakan kembali HP dengan menekan tombolPower + Volume Up + Volume Down secara bersamaan.
  3. Tunggu beberapa saat sampai masuk moderecovery (kombinasi tombol jangan dilepas).
  4. Setelah itu, masuk ke jendelaWipe. Kemudian pilih Wipe Data atau Factory Reset.

Kalau sudah, tunggu prosesnya sampai selesai. Setelah itu bisa coba restart HP. Kalau proses boot-nya lama, tunggu saja.

Oh ya, ngomong-ngomong, tombol recovery ini berbeda-beda di tiap HP. Bisa coba pakai panduan berikut:

Merk HP Kombinasi Tombol
HP ASUS Tekan Tombol Power + Tombol Volume Up.
HP Samsung Tekan Tombol Power + Volume Up + Home.
HP Xiaomi Tekan Tombol Power + Volume Up.
HP OPPO Tekan Tombol Power + Volume Up.

Cara Melewati Verifikasi Akun Google Setelah Factory Reset.

Setelah kita ketahui tentang apa itu FRP (Factory Reset Protection) maka sekarang kita lanjutkan ke langkah-langkah untuk melewati verifikasi akun google setelah selesai melakukan factory reset di smartphone android. Sebelum kita lanjutkan, saya persilahkan anda untuk mengambil bahan-bahan yang di perlukan di bawah ini. Gunakan smartphone lain untuk mengambilnya dan simpan di SDcard.

Setelah kedua bahan yang saya maksud di atas telah anda simpan di sdcard, maka sekarang kita lanjutkan kecara untuk melakukannya. Silahkan simak baik-baik caranya di bawah ini.

Langkah-langkah Melakukan Bypass Atau Melewati Verifikasi Akun Google.

  1. Untuk memulainya, smartphone yang terkena frp harus terhubung ke internet, maka buatlah sebuah hotspot dari smartphone lain agar bisa terhubung.
  2. Nyalakan Smartphone yang terkena frp. Pada tampilan “Selamat Datang” silahkan pilih bahasa dan klik tanda panah untuk melanjutkan.
  3. Hubungkan smartphone ke jaringan wifi yang tersedia. Setelah terhubung silahkan lanjutkan dengan klik tombol Next.
  4. Pada halaman terms of service silahkan chacklist dan klik Next.
  5. Penting: pada saat masuk ke “Memeriksa pembaruan system/software update” maka segera matikan hotspot atau jaringan wifi yang tersambung. Jika hotspotnya menggunakan data seluler, maka segera matikan data seluler pada smartphone yang dipakai untuk memberikan hotspot tersebut. (Usahakan untuk gerak cepat). Ini tujuannya adalah, agar smartphone yang terkena frp melakukan loading dan memunculkan menu untuk mengatur kunci layar di lockscreen smartphone. Setelah ponsel gagal memeriksa pembaruan system maka akan muncul notif gagal memeriksa pembaruan, maka silahkan klik Next.
  6. Setelah muncul menu untuk mengatur kunci layar/lockscreen. Maka silahkan isi nama anda dan klik Next. Selanjutnya buatlah pola kunci layar sederhana agar muda di ingat. Setelah selesai buat pola, tekan back sampai kelayar awal smartphone yang bertuliskan Welcome/Selamat Datang.
  7. Silahkan matikan layar smartphone dan menghidupkannya kembali dengan menekan pelan tombol power. Maka anda akan melihat pola kunci layar telah dibuat. (Ingat : mematikan layar smartphone, bukan mematikan smartphone.)
  8. Slide keatas pada ikon kamera lalu coba buatkan sebuah foto. Buka foto yang baru saja anda buat, lalu tekan dan tahan untuk bagikan, dan pilih bagikan lewat Email.
    Lihat gambar: (Klik untuk melihat dengan jelas).
  9. Isikan sebuah alamat email untuk mengirim lalu klik Lampir. Nah, sekarang silahkan masukan microSD yang didalamnya sudah terdapat dua buah aplikasi yang sudah anda persiapkan tadi lalu tap pada menu my file/file saya dan cari file aplikasi yang anda simpan tadi lalu pilih dan klik simpan di pojok kanan atas.
  10. Tap pada aplikasi yang baru saja anda lampirkan dan Pilih Install. Jika ada notif install blocked maka masuk ke Pengaturan » Keamanan » Sumber tidak dikenal » aktifkan.
    Catatan penting :(Aplikasi yang harus di install terlebih dahulu adalah: google-frp-bypass.apk). Setelah install pilih selesai.
  11. Tap pada aplikasi com.frpbypass 1.0.apk dan install. Setelah install buka aplikasi tersebut dan tap pada “tiga titik” di pojok kanan atas lalu pilih masuk kebrowser/sigin. Kali ini usahakan untuk masukan alamat email anda yang aktif serta sandi yang benar-benar anda ingat.
  12. Setelah berhasil masuk ke browser, tekan back sampai ke tampilan welcome/selamat datang pada layar awal, dan lanjutkan untuk menyelesaikan pengaturan awal seperti biasa. Ikuti saja petunjuk yang ada di smartphone. Nah, pada saat masuk ke tampilan untuk memverifikasi akun google maka anda akan melihat tulisan bahwa “Akun telah di tambahkan”. Silahkan lanjutkan prosesnya sampai ponsel berhasil masuk ke tampilan homescreen.
Baca :  Cara sharing printer pada window XP dan manfaat share printer