Cara Membuat Google Form Mudah pada HP dan Laptop

Posted on

Google Forms sendiri merupakan layanan dari Google yang memudahkan pengguna untuk membuat survei dan lainnya. Berkat fitur ini tidak mengherankan bahwa banyak individu dan bisnis menggunakan layanan ini untuk berbagai keperluan. Misalnya membangun hubungan dan hubungan dengan siapa pun untuk mendapatkan hasil penelitian tentang topik tertentu.

Namun jika kamu belum pernah menggunakan Google Formulir sebelumnya wajar jika kamu bingung dan tidak tahu cara menggunakannya secara efektif. Tentunya kamu tidak perlu khawatir dan khawatir jatikom akan menjelaskannya

Pengertian Google Form

Google Form biasanya merupakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membuat formulir survei online dengan pertanyaan atau survei yang dapat penulis sesuaikan. Layanan ini memudahkan untuk mendapatkan jawaban dan data dari masyarakat atau audiens yang menyelesaikan survei secara langsung.

Karena online dan dapat diakses oleh siapa saja yang menginginkannya Google Formulir adalah cara yang efektif dan nyaman untuk mendapatkan informasi spesifik. Membuat Google Formulir juga sangat sederhana dan siapa pun yang mengerti bagaimana komputer dan Internet bekerja dapat melakukannya.

Manfaat Google Form

Sebagai program administratif Google Form menawarkan keuntungan yaitu mempermudah pelaksanaan survei. Dengan program Google ini pengguna atau kreator survei hanya perlu mengirimkan link ke publik atau responden.

Pengguna juga dapat lebih mudah mengumpulkan data dengan rapi dan real time serta membuat data untuk dikumpulkan.

Google Formulir juga menyimpan kertas yang biasanya perlu dibagikan langsung dengan responden dan tidak perlu langsung dimintai tanda tangan dari responden.

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menyimpan media seperti kertas tinta menghemat waktu dan tenaga. Namun tidak penting untuk memastikan keamanan data yang dimasukkan atau disimpan.

  Cara Mengaktifkan Shopee PayLater Meningkatkan Kemudahan Berbelanja

Kelebihan dan Kekurangan Google Form

Setiap program pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja?

Kelebihan Google Form

Berikut ini adalah beberapa kelebihan menggunakan Google Form:

  1. Mudah digunakan

Seperti yang kami jelaskan di atas program ini sangat mudah digunakan dan ada banyak tutorial tentang cara menggunakannya. Jangan bingung ketika anda mencoba untuk pertama kalinya kami sarankan untuk menonton video tutorialnya terlebih dahulu.

  1. Dapat dengan mudah dibagikan

Keuntungan lainnya adalah program ini sangat mudah dibagikan kepada informan. Klik Kirim untuk mengirimkan tautan ke formulir yang kamu buat langsung ke responden atau informan yang dipilih.

  1. Penyajian data dari responden yang bervariasi

Informasi yang dikumpulkan dari responden dapat diberikan dalam berbagai format. Data yang dikumpulkan dapat ditampilkan dalam bagan pada nomor lembar kerja hingga maksimum.

  1. Bersifat open source

Keuntungan lain adalah bahwa Google Spreadsheet disertakan di sisi G-Suite yang berarti bahwa program tersebut termasuk dalam paket yang dapat digunakan secara gratis atau gratis. Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan uang setiap kali ingin menggunakan Google. Berguna atau tidak?

Kekurangan Google Form

Berikut ini adalah beberapa kekurangannya:

  1. Tidak menggunakan equation

Salah satu kekurangannya adalah tidak bisa menggunakan equation secara langsung karena program Google Form belum dapat menggunakan lambing matematika setiap pembuatan formulirnya.

  1. Tidak menyediakan survei yang berskala thurstone

Google Form hanya menyediakan 10 batas rasio linear saja dan tidak menyediakan rasio dengan skala thurstone.

Cara Membuat Google Form dengan Google Drive

Cara membuat google form harus dipelajari apalagi jika anda bekerja di sebuah perusahaan dan memposisikan diri sebagai seseorang yang sering mengumpulkan data seperti marketing atau mesin pencari Google Form merupakan jasa yang berguna untuk membuat dan mendistribusikan form online agar sederhana dan mudah digunakan.

Untuk dapat melakukan ini sendiri kita dapat menggunakan mode yang berbeda akan tetapi inti nya sama saja yaitu pertama dengan smartphone Android atau ponsel atau laptop. Dalam percakapan ini kami akan menjelaskan cara mudah membuat Google Form untuk bekerja dengan 2 alat ini bagi mereka yang tertarik dengan cara melakukannya kamu dapat mendengarkan diskusi yang lebih lengkap di bawah ini..

  Cara Mengisi Saldo GoPay Panduan Lengkap dengan Mudah

Sebelum memulai cara membuat Google Form, kamu harus terlebih dulu mempunyai akun Google yang bisa dibuat gratis di https://myaccount.google.com/

  • Buka Google Drive, kemudian klik “New” di sebelah kiri atas seperti gambar.

  • Setelah muncul beberapa pilihan layanan Google, pilih “Google Forms” dan kamu sudah bisa mulai membuat Google Form sesuai keperluanmu.

Cara Membuat Google Form Melalui Link Google

Di bawah ini adalah cara membuat Google Form melalui link Google:

  1. Klik link berikut ini untuk membuat https://docs.google.com/forms?usp=mkt_forms
  2. Pada halaman utama Google Form, pilih formulir kosong (blank) atau gunakan template yang ada.
  3. Form terbuat dan kamu akan memasuki halaman editor untuk menyesuaikan formulir.

kamu juga dapat menggunakan template tautan hanya dengan mengetikkan formulir baru di bidang URL browser pilihan kamu. Setelah membuat formulir Google baru kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menambahkan pertanyaan dan membuat formulir Google yang bagus.

  • Tentukan tujuanmu membuat formulir, di contoh ini adalah pendataan peserta perjalanan ke Pulau Pahawang. Setelah itu, berikan judul formulir dan deskripsi yang mewakili tujuan formulir.

  • Langkah selanjutnya adalah membuat daftar pertanyaan. Ada beberapa jenis jawaban yang bisa kamu pilih, seperti jawaban pendek, panjang, pilihan ganda, checkbox, tanggal, waktu (jam), unggah file, dan sebagainya, yang akan menentukan jenis respon pengisi formulir.

Di contoh berikut, kita akan mencoba mengambil data peserta menggunakan fitur yang disediakan Google Form, seperti nama, jenis kelamin, pilihan layanan, jadwal keberangkatan, dan sebagainya.

  • Klik ikon “+” di sebelah kanan untuk menambahkan pertanyaan baru.

  • Tentukan apakah pertanyaanmu wajib dijawab atau tidak.

  • Pada bagian ini hanya opsional saja, tetapi kamu bisa menambahkan gambar dengan mengklik icon seperti pada kotak merah di gambar berikut:

  • Dalam pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda atau checkboxes, kamu bisa menambahkan pilihan bebas yang bisa diisi sendiri oleh pengisi formulir, caranya dengan mengklik ‘add “Other”’ seperti contoh di bawah ini.
  Cara menggunakan Google Docs Tutorial lengkap

  • Ada beberapa jenis jawaban lain yang bisa kamu minta ke pengisi formulir sesuai kebutuhanmu, seperti skala linear yang biasanya digunakan untuk kuesioner atau unggah file (File Upload) untuk meminta data berupa konten visual, audio, atau video.
  • Jika diperlukan, jangan lupa meminta informasi pribadi untuk bertukar informasi seperti nomor telepon, akun media sosial, atau email.
  • Kamu juga bisa membagi section pertanyaan sesuai keperluanmu. Caranya, klik icon yang terletak di paling bawah seperti di gambar berikut, lalu masukkan judul dan deskripsi baru untuk section baru ini.

  • Setelah formulir Google Form jadi, kamu bisa melakukan preview dengan mengklik icon mata yang ada di ujung kanan, sebelah kiri icon pengaturan.
  • Untuk mengubah tampilan formulir, kamu bisa mengedit tampilannya dengan mengklik icon palet cat

Cara Membagikan Google Form

Jika kamu tahu cara membuat Google Formulir cara lain untuk menggunakan Google Formulir adalah dengan membagikan formulir melalui beberapa media seperti mengirim tautan email ke Google Drive atau menambahkan penyematan ke situs kamu.

Membagikan Google Form Melalui email atau link:

  • Klik tombol “Send” di sebelah kanan atas seperti pada gambar

  • Setelah itu, akan muncul pilihan media membagikan formulir, ‘Send via’. Pilih icon surat untuk pengiriman melalui email dan icon rantai untuk membagikan dalam bentuk link atau tautan.

Cara Memeriksa Hasil Isian Google Form

Jika kamu mengikuti cara membuat formulir Google untuk membagikan formulir untuk mengumpulkan data yang diperlukan kamu dapat segera memeriksa hasil respons formulir placeholder di menu Balas dan melanjutkan dengan cara paling sederhana:

  • Di halaman dashboard Google Form, pilih “Responses”. Hasil respon ini nantinya bisa kamu lihat dalam bentuk ringkasan (summary), per pertanyaan, atau jawaban per individu. Gunakan sesuai keperluanmu.

  • Kamu bisa segera menginput data ke Google Spreadsheet atau mengirim hasil respon ke format lain, seperti .csv atau segera mencetak hasil respon yang sudah ada.