3 Cara Membuat Magnet Digosok Induksi & Elektromagnetik Sederhana

Posted on

3 Cara Membuat Magnet Digosok Induksi & Elektromagnetik Sederhana – Tanpa anda sadari di dekat kita khususnya di perlengkapan rumah tangga anda berisi medan elektromagnetik. Jadi apa sebetulnya medan elektromagnetik itu? apakah medan elektromagnetik?Medan elektromagnetik, kadang-kadang dinamakan sebagai medan EM, didapatkan ketika partikel bermuatan, laksana elektron, yang dipercepat. Jadi medan elektromagnetik ialah Semua partikel bermuatan listrik dikelilingi oleh medan listrik. Partikel bermuatan bergerak menghasilkan medan magnet. Ketika kecepatan evolusi partikel bermuatan, maka medan EM diproduksi.

Pengertian medan elektromagnetikBidang elektromagnetik kesatu kali ditemukan pada abad ke-19, saat fisikawan menyadari bahwa busur listrik (percikan api) dapat direproduksi dari kejauhan, tanpa menghubungkan kabel salah satu keduanya.Hal ini mengakibatkan para ilmuwan guna percaya bahwa ada bisa jadi untuk berkomunikasi jarak jauh tanpa kabel. Pemancar radio kesatu memanfaatkan busur listrik. Ini “percikan pemancar” dan penerima yang bersangkutan ialah sebagai unik untuk orang-orang di mula abad 20 sebagai internet ketika ini. Ini ialah awal dari apa yang kini kita sebut nirkabel komunikasi.

Medan elektromagnetik seringkali dihasilkan oleh arus (alternating AC ) dalam konduktor listrik. Frekuensi dari AC bisa berkisar dari satu siklus dalam ribuan tahun (pada ekstrim rendah) ke triliun atau quadrillions siklus per detik (pada suhu yang paling tinggi).

Unit standar frekuensi EM ialah hertz. Sebuah frekuensi 1.000 Hz ialah onekilohertz (kHz); frekuensi 1.000 kHz ialah salah satumegahertz (MHz); frekuensi 1.000 MHz ialah salah satu gigahertz (GHz).
Panjang gelombang medan EM ialah bersangkutan dengan frekuensi. Jika frekuensi f dari gelombang EM ditentukan dalam megahertz dan w panjang gelombang ditentukan dalam meter (m), maka dalam ruang bebas, keduanya bersangkutan dengan rumus

w = 300 / f

Sebagai contoh, suatu sinyal pada 100 MHz mempunyai panjang gelombang 3 m, atau selama 10 meter. Rumus yang sama ini berlaku andai frekuensi dalam gigahertz dan panjang gelombang ditentukan dalam milimeter (mm). Dengan demikian, sinyal pada 30 GHz bakal mempunyai panjang gelombang 10 mm, atau sedikit tidak cukup dari separuh inci.

Bidang energi EM dinamakan spektrum radiasi elektromagnetik . Dalam teori, ini memanjang dari panjang gelombang panjang guna panjang gelombang pendek.

Baca :  Penjelasan 10 Anatomi Tubuh Manusia serta Gambar

Sementara dalam ilmu fisika elektromagnetisme, suatu medan elektromagnetik ialah sebuah medan terdiri dari campuran antara dua medan vektor yang bersangkutan yaitu : medan listrik dan medan magnet.

Ada beberapa cara pembuatan magnet, diantaranya adalah dengan cara induksi, gosokandan aliran lisrik. Dibawah ini akan dipraktikan cara membuat magnet dengan aliran listrik, atau yang disebut elektromagnetik.

sebenarnya membuat medan elektromagnet cukup simpel, hal ini cukup mudah untuk membuat elektromagnet dengan cara yang sangat sederhana. Yang perlu Anda lakukan adalah membungkus paku besi dengan lilitan kawat tembaga di sekitar inti besi. Jika Anda memasang baterai ke kawat, arus listrik akan mulai mengalir dan inti besi akan berubah menjadi magnet. Ketika baterai dilepas, arus listrik dari baterai akan terputus dan inti besi akan kehilangan magnet nya.
Nah berikut adalah langkah-langkah sederhana membuat medan elektromagnet sederhana:

Cara Membuat Magnet

  • Cara Membuat Magnet Dengan Cara Menggosok

Besi atau baja yang tadinya tidak memiliki sifat magnet dapat dijadikan magnet, caranya besi atau baja tersbut digosokkan pada salah satu ujung magnet tetap atau magnet permanen. Besi atau baja tersebut digosokan secara searah agar magnet elementer yang apada pada besi menjadi teratur dan mengarah pada satu arah. Jika magnet elementer pada besi atau baja telah teratur dan mengrah ke satu arah maka besi atau baja tersebut dapat dikatakan telah menjadi magnet.

Ujung besi atau baja yang digosokkan akan membentuk kutub-kutub magnet. Kutub yang terbentuk tergantung pada kutub magnet yang digunakan untuk menggosok. Pada ujung terakhir besi atau baja yang digosok akan memiliki kutub yang berlawanan dengan kutub magnet penggosok. Untuk lebih jelanya perhatikan gambar dibawah ini.

  • Cara Membuat Magnet Dengan Cara Induksi

Besi atau baja yang tidak bersifat magnet dapat dijadikan magnet dengan cara induksi. Caranya besi atau baja tersebut diletakkan dekat dengan magnet tetap, maka magnet elementer yang terdapat pada besi atau baja akan terinduksi atau terpengaruh oleh magnet tetap dan letak magnet elementer pada besi atau baja tersebut akan teratur dan mengarah ke satu arah.

Baca :  34 Provinsi Motif Batik Indonesia Gambar dan Keterangan

Ujung besi atau baja yang didekatkan dengan kutub magnet batang akan terbentuk kutub yang berlawanan dengann magnet penginduksi. Jika kutub magnet utara didekatkan dengan ujung A besi atau baja maka ujung A menjadi kutub selatan dan ujung besi B akan menjadi kutub utara atau sebaliknya. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

  • Cara Membuat Magnet Dengan Cara Arus Listrik

Selain 2 cara diatas, besi atau baja dapat dijadikan magnet dengan car arus listrik. Caranya besi atau baja tersebut dililit dengan kawat kemudian hubungkan dengan baterai, maka magnet elementer pada besi atau baja tersebut akan terpengaruh oleh aliran listrik DC (aliran searah) yang dihasilkan baterai. Magnet elementer pada besi atau baja akan memiliki letak yang teratur dan mengarah ke satu arah. Besi atau Baja akan menjadi magnet dan dapat menarik serbuk besi ayang ada disekitarnya. Magnet seperti itu disebut dengan magnet listrik atau elekromagnet. Jika baterai atau sumber arus listrik DC diganti dengan sumber arus listrik AC atau arus listrik bolak-balik yang bertegangan rendah maka besi atau baja tersebut tetap bersifat magnet, tapi jika maknet dialiri arus listrik AC bertegangan normal maka sifat kemegnetannya akan hilang.

Besi atau baja yang berujung A dan B dililit dengan kawat berarus listrik. Kutub yang terbentuk bergantung pada arah arus ujung kumparan, Jika arah arus berlawanan jarum jam kaka ujung besi atau baja akan menjadi kutub utara dan sebaliknya jika arus searah jarum jam maka ujung besi atau baja tersebut akan menjadi kutub selatan. Dengan begitu, ujung A kutub utara ujung B kutub selatan atau sebaliknya.

Cara Membuat Medan Elektromagnet Sederhana

Bahan

  • Satu paku besi
  • Kawat tembaga (panjang sesuaikan)
  • Satu atau lebih baterai sel D (semakin banyak baterai semakin kuat magnet)

Cara Membuat Medan Elektromagnet Sederhana

  • Beberapa kawat tembaga harus diekspos sehingga baterai dapat membuat sambungan listrik yang baik.
  • Buatlah lilitan kawat mengelilingi paku. Semakin kecil jarak antar lilitan kawat, semakin kuat elektromagnet yang anda buat.
  • Ketika Anda membungkus kawat mengelilingi paku, pastikan bahwa Anda membungkus atau melilitnya dalam satu arah. Anda perlu melakukan ini karena arah medan magnet tergantung pada arah arus listrik yang diciptakan itu. Pergerakan muatan listrik menciptakan medan magnet. Jika Anda bisa melihat medan magnet di sekitar kawat yang memiliki listrik yang mengalir melalui itu, akan terlihat seperti serangkaian lingkaran di sekitar kawat. Jika mengalir arus listrik langsung ke arah Anda, medan magnet yang diciptakan oleh itu lingkaran di sekitar kawat dalam arah berlawanan arah jarum jam. Jika arah arus listrik dibalik, medan magnet berbalik juga dan lingkaran kawat searah jarum jam. Jika Anda membungkus beberapa kawat di sekitar paku dalam satu arah dan beberapa kawat ke arah lain, medan magnet dari bagian yang berbeda saling bertarung dan membatalkan, mengurangi kekuatan magnet Anda.
  • Pasang salah satu ujung kawat ke terminal positif dari baterai dan ujung kawat lain ke terminal negatif baterai. Jika semua telah berjalan dengan baik, elektromagnet Anda sekarang bekerja!
Baca :  Pengertian Kebebasan Pers dan Dampak Positif – Negatif

Cara Agar Sifat Magnet Tetap

Setelah membuat magnet, untuk menjaga agar sifat magnet yang kita buat tetap memiliki sifat magnet maka dalam penyimpanan magnet diperlukan angker atau sepotong besi yang dipasang pada kutub magnet. Tujuan pemasangan angker yaitu untuk mengarahkan magnet elementer membentuk magnet rantai tertutup. Untuk menyimpan 2 magnet maka diperlukan 2 angker namun jika magnet U maka hanyan dibutuhkan 1 angker saja.

Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan

Sifat kemagnetan sebuah magnet akan hilang jika magnet tersebut dipanaskan, dipukul-pukul dan dialiri listrik berarus bolak-balik (AC). Pemanasan dan Pemukulan magnet dapat membuat magnet elementer pada magnet akan mengelami perubahan susunan dan arahnya tidak searah. Penggunakan arus AC membuat arus listrik berubah-ubah maka hal tersebut akan mempengaruhi letak dan arah magnet elementer, perubahan tersebut akan membuat sifat magnet akan hilang.

Bagikan di Sosial Media

Leave a Reply