Cara Mengatasi dan Penyebab HP Lemot Panas Sering Hang

Posted on

Masalah ponsel yang lambat atau lambat bisa terjadi kapan saja. Pengguna ponsel perlu tahu cara mengatasi ponsel yang lambat ketika mereka mengalami hal serupa.
Selain itu penting juga untuk diketahui bahwa pengguna tidak dapat dengan mudah menggunakan pintasan saat membeli ponsel baru.

Penyebab ponsel lambat biasanya karena umurnya yang panjang sehingga juga menjadi alasan untuk mengganti ponsel. Hal ini membuat memori sistem kinerja dan baterai perangkat kurang optimal sehingga melambat.

Namun terkadang ada alasan yang cukup tidak signifikan dan memperlambat ponsel. Bahkan ini bisa diatasi dengan mengatasi ponsel yang lambat. Dengan cara ini bagi mereka yang tidak tahu apa yang menyebabkan ponsel lambat

Karena operasinya terus meningkat tidak mengherankan bahwa sistem operasi ini sering diperbarui. Artinya salah satu fitur dari update sistem operasi Android adalah memperbaiki atau menghapus error yang menyebabkan ponsel menjadi lambat dan panas bahkan bisa merusak smartphone.

Kini sistem operasi terbarunya adalah Android 13 Tiramisu yang dirilis pada Februari 2022 lalu. Ini akan segera meluncurkan sistem operasi Android 14 pada tahun 2023. Pembaruan sistem operasi Android terbaru biasanya diperbarui secara berkala yang dirilis di perangkat Google Pixel dan kemudian digunakan untuk smartphone dari penyedia lain.

Namun itu tidak berarti pembaruan penuh ke sistem operasi Android tidak akan memperlambat kamu. Karena kenyataan bahwa ada banyak faktor lain yang dapat membuat lambat lambat berat dan panas lag mobile.

Cara Mengatasi Hp Lemot

Punya HP yang lemot atau ngelag memang sangat menjengkelkan. Namun, tak perlu khawatir karena ada beberapa solusi sederhana yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kinerja HP. Berikut beberapa cara efektif untuk mengatasi HP yang lemot atau ngelag:

Baca :  6 Smart TV Terbaik Ini Punya Fitur Melimpah, Ini Dia Rekomendasinya

Membersihkan Cache Aplikasi

Cache adalah proses penyimpanan data sementara pada aplikasi atau browser. Semakin sering menggunakan aplikasi, cache juga akan semakin banyak menyimpan data. Solusinya, cukup hapus cache aplikasi untuk membuka ruang penyimpanan yang lebih besar. Caranya :

  • buka pengaturan pada HP
  • pilih aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya
  • lalu pilih storage atau penyimpanan aplikasi
  • klik clear cache.

Hapus Data Aplikasi

Cara lain untuk mengatasi HP yang lemot adalah dengan menghapus data aplikasi. Prosesnya hampir sama dengan membersihkan cache aplikasi. Setelah menghapus data aplikasi, maka aplikasi akan kembali bersih dan bisa digunakan seperti baru. Caranya

  • buka menu pengaturan HP
  • pilih layanan aplikasi
  • pilih aplikasi yang ingin dibersihkan datanya
  • pilih storage atau penyimpanan aplikasi
  • klik clear data

Hapus Video dan Foto

Video dan foto yang banyak tersimpan di HP juga bisa menyebabkan HP lemot atau ngelag. Solusinya, hapus video dan foto yang tidak terlalu penting atau transfer ke media penyimpanan lain.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, maka kinerja HP Anda akan kembali lancar dan cepat. Jangan biarkan HP lemot atau ngelag mengganggu aktivitas Anda. Lakukanlah solusi sederhana ini agar HP Anda tetap dalam kondisi baik.

Hapus Widget dan Live Wallpaper

Tanpa disadari menggunakan widget dan wallpaper hidup dapat mempengaruhi kinerja smartphone kamu. Kedua fitur ini benar-benar dapat membuat smartphone kamu lebih dingin tetapi juga dapat membuatnya lambat dan berat terutama ketika begitu banyak widget yang digunakan.

Kedua fungsi ini dapat memperlambat pengoperasian ponsel karena RAM-nya sangat mahal. Ponsel lambat yang kamu gunakan tidak hanya terkena tetapi juga dapat mengalami kesalahan shutdown paksa sehingga ketika diluncurkan aplikasi tiba-tiba mati dan macet secara paksa.

Cara menangani ponsel yang lambat karena masalah ini Sangat mudah untuk mengubah latar belakang langsung ke gambar normal atau kamu dapat menggunakan latar belakang default untuk membuat kinerja ponsel sangat sederhana.

Baca :  cara instal ulang windows 10

Selain wallpaper langsung kurangi penggunaan gadget. Jika anda benar-benar membutuhkan gadget pilih yang anda butuhkan dan hapus gadget yang tidak terlalu sering digunakan.

Hapus Aplikasi

Alasan ponsel lambat berikutnya adalah aplikasi. Aplikasi sebenarnya merupakan salah satu komponen yang dapat memaksimalkan kinerja smartphone namun aplikasi juga bisa disalahkan jika jumlahnya terlalu banyak.

Terkadang pengguna smartphone tidak memikirkan kemampuan smartphone saat menginstal aplikasi. Sehingga aplikasi pada smartphone anda menjadi banyak dan menumpuk.

Terlalu banyak install aplikasi membuat ruang pada smartphone menjadi berkurang. Selain itu, aplikasi juga akan membebani kinerja RAM. Untuk mengatasi hal tersebut, sesuaikan penggunaan aplikasi dengan kondisi smartphone atau sesuai dengan kebutuhan.

Hapus aplikasi yang jarang atau bahkan tidak lagi diperlukan untuk memiliki lebih banyak ruang di ponsel cerdas kamu.

Setelah menghapus aplikasi yang tidak perlu. Kemudian ada kembali browser e-commerce untuk aplikasi media sosial yang kemudian secara berkala menghapus cache agar file sampah tidak menumpuk dan mengganggu kinerja smartphone tergantung bagaimana cara mengatasi ponsel yang lambat pada metode pertama dan kedua.

Aplikasi Berjalan Bikin panas

Namun alasan lain yang terkait dengan aplikasi seluler yang lambat adalah aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Harap dicatat bahwa beberapa aplikasi tertutup terkadang terus berjalan di latar belakang atau di latar belakang. Tentu saja ini tentang membuat ponsel kamu hangat dan menghambat kinerja sistem operasi Android yang juga bisa menjadi ponsel yang lambat.

Untuk alasan ini saja kamu dapat menghapus aplikasi terbaru untuk mengalahkan ponsel yang lambat. Selain menghapus apss terbaru kamu perlu mengkonfigurasi setiap program agar tidak berjalan di latar belakang dengan membuka pengaturan aplikasi administrator.

Nonaktifkan aplikasi yang diperlukan sehingga kinerja smartphone Android kamu dapat dengan cepat kembali dan tidak melambat.

Update Aplikasi

Metode mengatasi handphone yang lemot dengan melakukan update aplikasi adalah cara yang baik. Ini akan memperbaiki bug pada aplikasi dan memastikan sistem baru. Namun, hal ini juga dapat mengurangi performa handphone karena akan memakan banyak penyimpanan. Update aplikasi juga akan mempengaruhi RAM dan membuat handphone bekerja lebih berat.

Baca :  Rumus-Rumus Microsoft Excel Fungsi Sejarah

Untuk mengatasi handphone yang lemot, cukup pastikan handphone yang digunakan kompatibel dengan update aplikasi sebelum melakukan update. Jika kapasitas penyimpanan dan RAM tidak cukup, lebih baik tidak melakukan update.

Hapus Aplikasi Antivirus

Menghapus aplikasi antivirus adalah solusi lain untuk mengatasi handphone yang lemot. Sebenarnya tidak perlu menginstal aplikasi antivirus pada handphone Android karena sudah memiliki sistem keamanan dari virus melalui Google Play Protect. Aplikasi antivirus biasanya akan membebani RAM dan memperlambat kinerja handphone. Jika handphone menjadi lemot, cobalah menghapus aplikasi antivirus untuk membebaskan ruang penyimpanan dan membuat sistem Android beroperasi dengan lancar.

Memiliki Akun Email yang Terlalu Banyak

Menjaga jumlah akun email yang terlalu banyak juga dapat mempengaruhi kinerja handphone. Aktivitas multi-login akan membuat RAM dan CPU bekerja lebih berat. Solusinya, hanya perlu melepas akun email yang tidak digunakan sehingga kinerja handphone menjadi lebih ringan.

Masih ada banyak penyebab lain dari handphone yang lemot, namun masalah yang paling sering terjadi adalah seperti yang sudah disebutkan di atas.

Pakai launcher pihak ketiga

Sistem operasi Android mampu menjalankan starter pihak ketiga yang membuat layar beranda berbeda dari layar default pabrik.

Ini dapat membantu ponsel kamu menjadi lebih produktif. kamu dapat mencoba beberapa peluncur seperti Nova Launcher GO Launcher EX atau Apex Launcher.

Reset pabrik

Jika semua metode sudah dicoba namun ponsel masih lambat pengguna dapat menggunakan cara terakhir untuk mengatasi ponsel yang lambat yaitu mengatur ulang pengaturan ponsel ke versi konfigurasi pabrik.

Namun perlu diingat bahwa akibatnya semua data kamu akan hilang sehingga kamu harus memindahkannya ke lokasi penyimpanan lain terlebih dahulu.


Advertsiment


Leave a Reply