cara mengecilkan ukuran foto di HP dan Komputer

Posted on

Dalam kondisi tertentu, memperkecil dimensi file gambar berarti buat dicoba. Penulis sendiri sempat merasakan kala gambar yang diambil dari kamera smartphone ataupun internet yang ukurannya sangat besar kala mau di upload selaku thumbnail postingan. Sebagian dari Kamu bisa jadi pula merasakan kala mengambil gambar memakai smartphone nyatanya ukurannya di atas 1MB apalagi terdapat yang menggapai puluhan MB cuma buat satu gambar. Perihal ini terjalin lantaran resolusi kamera yang besar pula berakibat pada dimensi file gambar yang besar pula.

Sebagian pengguna merasa ini permasalahan sebab membuat ruang penyimpanan kilat penuh. Sebagian dari Kamu bisa jadi pula merasakan kala mengambil gambar memakai smartphone nyatanya ukurannya di atas 1MB apalagi terdapat yang menggapai puluhan MB cuma buat satu gambar. Perihal ini terjalin lantaran resolusi kamera yang besar pula berakibat pada dimensi file gambar yang besar pula. Sebagian pengguna merasa ini permasalahan sebab membuat ruang penyimpanan kilat penuh.

Penyebab Alasan yang membuat mengecilkan dimensi foto

Mengecilkan dimensi gambar ialah proses kurangi dimensi informasi pada sesuatu dokumen

Secara universal, sebagian dari kita mempunyai kemauan buat menaruh ataupun mengunggah gambar ke media sosial ataupun cuma ditaruh pada fitur semacam ponsel serta yang lain dengan gampang. Kemudahan ini sayangnya tidak senantiasa dibarengi dengan ketersediaan ruang ataupun memori pada fitur ataupun keterbatasan dimensi file optimal dikala mau berbagi foto ataupun gambar.

Sebagian alibi utama yang mewajibkan kita mengecilkan dimensi gambar antara lain merupakan selaku berikut.

  • Batasan dimensi file dikala mengunggah gambar/ foto, umumnya 200KB
  • Ukuran file asli gambar sangat besar buat dibagikan melalui media sosial
  • Memori pada ponsel tidak lumayan buat menaruh file gambar dengan dimensi besar, umumnya relokasi gambar dari kamera DSLR ke ponsel

Buat bisa mengecilkan dimensi gambar, terdapat sebagian metode yang biasa digunakan, salah satunya merupakan kompres gambar secara daring ataupun online. Sebagian web free di internet mempunyai sarana unggah serta download gambar buat mengecilkan dimensi gambar.

Kompres ialah sebutan universal yang digunakan dalam aktivitas informasi compression. Informasi compression merupakan proses kurangi dimensi file ataupun dokumen baik secara tunggal ataupun jamak. Kala sesuatu dokumen dikompres, hingga dimensi informasi lebih kecil serta bisa ditaruh dengan tipe ringan dan bisa ditransfer dengan lebih kilat.

Baca :  cara mengatur margin ukuran kertas ms word

Dalam proses kompresi informasi biasanya diketahui 2 tipe kompresi, ialah kompresi dokumen serta kompresi media. Kompresi dokumen ialah mengecilkan dimensi dokumen semacam Word, PDF, serta sebagainya. Sebaliknya, kompresi media mencakup proses mengecilkan dimensi media semacam JPEG, MP3, MPEG, serta sejenisnya. Sehingga, mengecilkan dimensi gambar masuk dalam tipe kompresi media.

Cara Mengecilkan Foto dengan HP iPhone

1.   Manfaatkan Fitur Resize yang Ada di Aplikasi Mail

Pada bagian Mail for iOS dilengkapi dengan fitur resize foto. Di sini kamu bisa memilih berbagai ukuran seperti small, medium, large maupun actual size. Caranya sangat mudah untuk menggunakan fitur resize yang ada Mail for iOS ini. Kamu tinggal pilih foto yang ukurannya ingin diperkecil lalu pilih ukuran resize sesuai kebutuhan.

2.   Gunakan Aplikasi Image Size

Cara mengecilkan foto online di iPhone bisa dengan menggunakan aplikasi Image Size. Pada aplikasi ini mendukung mode resize dengan memasukkan ukuran sesuai dengan yang kamu inginkan. Namun juga tersedia ukuran standar misalnya ukuran kertas legal, letter, dan lainnya. Cara melakukannya bisa dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Pada App Store unduh aplikasi Image Size
  2. Bila sudah terinstall, buka aplikasi Image Size
  3. Untuk memilih foto yang ingin diubah ukurannya, tap bagian kiri atas aplikasi. Bila muncul permintaan konfirmasi untuk menyetujui akses privasi foto pilih setujui
  4. Sesuaikan ukuran foto yang diinginkan
  5. Bila sudah, tap icon unduh atau download
  6. Untuk melihat hasilnya buka galeri iPhone

Cara Mengecilkan Foto dengan HP Android

3.   Gunakan Aplikasi Photo Compress & Resize

Cara mengecilkan ukuran foto dengan HP Android selanjutnya bisa menggunakan Photo Compress & Resize. Aplikasi ini mampu mengubah ukuran foto hingga 200KB atau lebih kecil lagi. Untuk mengecilkan ukuran foto dengan aplikasi gratis ini caranya pun cukup mudah:

  1. Downloadaplikasi Photo Compress & Resize di Play Store
  2. Kemudian instal dan buka aplikasinya
  3. Kamu akan mendapatkan notifikasi meminta aplikasi untuk memperoleh akses ke media & file
  4. Kamu tinggal klik Izinkan
  5. Lanjut pilih foto yang ingin di-resize dan tentukan kualitas fotonya
  6. Kemudian klik Start Compress dan tunggu hingga prosesnya selesai
  7. Jika sudah kamu bisa mengunduhnya

4.   Unduh Aplikasi QReduce Lite

Aplikasi ini bisa kamu manfaatkan untuk mengecilkan ukuran foto dengan praktis dan mendukung berbagai format foto PNG, JPG, atau JPEG.  Berikut cara yang bisa dilakukan yaitu:

Baca :  cara menyambungkan wifi ke laptop dengan cepat dan mudah


  1. Downloadaplikasi QReduce melalui Play Store
  2. Selanjutnya install dan buka aplikasi
  3. Lalu klik “Select Photo”
  4. Pilih foto yang akan diubah ukurannya kemudian kamu bisa mengatur sendiri ukuran yang diinginkan
  5. Bila sudah menentukan ukuran pilih menu “Start”
  6. Tunggu hingga proses selesai dan untuk melihat hasil fotonya bisa buka folder QReduce Lite pada galeri Android

5.   Pakai Photo & Picture Resizer

Terakhir, kamu bisa menggunakan aplikasi Photo & Picture Resizer. Kamu dapat mengecilkan ukuran foto dengan memilih empat ukuran foto utama yaitu 480×320, 640×480, 800×600, dan 1024×768. Namun Photo & Picture Resizer juga memungkinkan kamu menentukan ukuran foto sendiri sesuai dengan kebutuhanmu. Bila sudah melakukan pengecilan atau pengompresan foto, kamu bisa dengan mudah membaginya ke media sosial.

Cara Mengecilkan Foto di Browser HP

6.   IMGonline

IMGonline merupakan sebuah website yang bisa digunakan untuk memproses foto dan gambar dengan format JPEG secara online. Pada website ini, kamu bisa, tanpa mengkompresi ulang sebuah gambar, mengedit EXIF, IPTC, data XMP, melihat detail EXIF, atau membuang EXIF serta data informasi lain yang menempel pada foto JPEG. Selain itu kamu bisa merotasi gambar atau foto ke sudut-sudut kelipatan 90 derajat dan membuat JPEG progresif tanpa menghilangkan kualitas. Kamu juga bisa mengecilkan file JPG ke ukuran tertentu dalam kilobyte maupun megabyte sesuai kebutuhan.

Tidak hanya itu, IMGonline juga bisa membantu memperbaiki kualitas foto menggunakan fitur auto-level, auto enrichment, dan penyesuaian tingkat cahaya dan kontras, saturasi dan tone warna secara manual. Selain itu juga terdapat efek-efek lain yang bisa digunakan untuk mengubah foto.

7.   Compress JPEG

Compress JPEG merupakan situs yang memungkinkan kamu untuk memilih hingga 20 foto atau gambar berformat JPG atau JPEG untuk dikompresi ke ukuran yang lebih kecil tanpa menurunkan kualitas. Caranya kamu tinggal memasukkan file yang kamu inginkan untuk diupload. Setelah dikonversi, hasilnya bisa kamu download satu per satu atau diarsipkan ke dalam file ZIP.

Jika kamu mengklik tab sebelah JPEG (PNG atau PDF) di atas boks mengupload file, kamu akan dibawa ke website compressPNG.com dan shrinkPDF.com untuk mengatur besaran dari masing-masing file hingga mencapai ukuran yang kamu inginkan.

8.   TinyJPG

TinyJPG adalah salah satu situs untuk mengecilkan foto yang paling praktis dan efektif. Di situs ini, kamu bisa memperkecil ukuran foto dengan file JPEG. Untuk menghindari penurunan kualitas, sistem TinyJPG membuat strategi yang paling optimal ketika mengurangi ukuran file foto.

Baca :  cara mencari Nilai Rata Rata Rumus Contoh Excel

Untuk mengubah ukuran maupun cropping foto dan gambar, kamu juga bisa memanfaatkan TinyJPG. Apalagi, sistem TinyJPG kini lebih cerdas dan bisa secara otomatis membuang bagian foto yang kurang oke dalam proses cropping. Ketika kamu mengupload foto tanpa latar belakang atau kurang dari dimensi foto yang kamu inginkan, API dari TinyJPG akan menambahkan latar belakang secara otomatis jika dibutuhkan. Fungsi-fungsi ini menjadi sangat penting dan mudah digunakan sesuai kebutuhan.

9.   Toolur

Toolur merupakan situs dengan antarmuka pengguna yang sangat simple. Dengan Toolur, kamu bisa memperkecil ukuran file atau mengatur ulang ukuran foto berformat JPG maupun PNG untuk mengirit ruang pada memory smartphone kamu. Kamu bisa menentukan tingkat metode kompresi dan dimensi gambar atau foto untuk mengurangi ukurannya. Toolur juga memiliki fitur untuk mengubah format gambar dari PNG ke JPG hingga membuat gambar bergerak berformat GIF dari kumpulan file yang kamu upload.

10.  ResizeImage.net

Dengan antarmuka situs yang mirip dengan Toolur, ResizeImage merupakan situs dengan berbagai fitur yang dapat digunakan dengan mudah. Selan mengecilkan foto, situs ini juga bisa meng-crop, merotasi, membuat latar belakang menjadi transparan atau warna lainnya, mengubah format file gambar, hingga mengoptimalisasi kualitas file gambar.

Cara mengecilkan foto secara offline melalui komputer

Mengecilkan ukuran foto juga dapat dilakukan lewat berbagai aplikasi komputer secara

Selain dengan cara daring yang bergantung pada koneksi internet, kamu juga bisa mengecilkan ukuran foto lewat cara offline atau luring. Adapun beberapa cara untuk mengecilkan ukuran foto secara offline antara lain adalah sebagai berikut.

Mengecilkan ukuran foto lewat aplikasi Paint

Sebagai aplikasi bawaan Windows, Paint ternyata memiliki kemampuan mendasar untuk mengecilkan ukuran foto. Kamu bisa mengakses aplikasi ini dengan mencarinya pada menu Windows secara langsung. Berikut ini adalah langkah-langkah mengecilkan ukuran foto dengan aplikasi Paint.

  • Buka aplikasi Paint
  • Buka dokumen foto yang ingin dikompres lewat opsi “File” lalu “Open”
  • Pilih foto yang akan dikompres dan klik “Open” pada folder dokumen
  • Klik opsi “Home” pada aplikasi Paint atau toolbar
  • Klik opsi “Resize”
  • Tentukan persentase piksel sesuai keinginan atau secara otomatis
  • Klik “OK” jika telah menentukan ukuran
  • Proses mengecilkan foto sudah selesai

Bagikan di Sosial Media