cara mengembalikan video yang terhapus di hp oppo

Posted on

Hp Oppo merupakan salah satu merk ponsel yang terkenal di Indonesia. Hp ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat penggunanya semakin nyaman. Salah satu fitur yang sering digunakan oleh pengguna Oppo adalah kamera. Kamera Oppo menghasilkan foto dan video yang berkualitas tinggi, sehingga banyak orang menggunakan Oppo sebagai alat untuk merekam momen-momen penting. Namun, terkadang pengguna mengalami masalah ketika video yang sudah diambil tiba-tiba terhapus. Hal ini tentu sangat menyebalkan, apalagi jika video tersebut merupakan momen yang sangat berharga. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengembalikan video yang terhapus di hp Oppo.

cara mengembalikan video yang terhapus di hp oppo

1.Cek folder Recycle Bin

Oppo memiliki fitur Recycle Bin yang dapat menyimpan file-file yang terhapus secara otomatis selama 30 hari. Coba cek apakah video yang terhapus ada di folder Recycle Bin. Jika ada, cukup pilih video tersebut dan klik “Restore” untuk mengembalikan video tersebut.

2.Gunakan aplikasi pemulihan data

Jika video yang terhapus tidak ada di folder Recycle Bin, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data. Ada banyak aplikasi pemulihan data yang tersedia di Google Play Store, seperti EaseUS MobiSaver, DiskDigger, atau Recuva. Coba instal salah satu aplikasi tersebut dan jalankan proses pemulihan data.

Cara menggunakan aplikasi pemulihan data ini cukup mudah. Setelah diinstal, jalankan aplikasi tersebut dan pilih jenis file yang ingin dipulihkan, yaitu video. Selanjutnya, aplikasi akan melakukan scanning pada ponsel untuk mencari file video yang terhapus. Setelah proses scanning selesai, pilih video yang ingin dipulihkan dan klik “Restore”.

  8 Contoh Undangan Rapat di Grup Whatsapp WA Santun dan Baik

3.Gunakan software pemulihan data

Jika cara kedua tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan software pemulihan data. Software pemulihan data adalah program yang dirancang khusus untuk mengembalikan file yang terhapus dari perangkat penyimpanan, termasuk hp Oppo.

Ada banyak software pemulihan data yang dapat Anda gunakan, seperti EaseUS Data Recovery Wizard, Stellar Data Recovery, atau Recuva. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan software pemulihan data membutuhkan komputer atau laptop sebagai media penyimpanan. Jadi, pastikan Anda memiliki komputer atau laptop yang dapat digunakan.

Setelah software pemulihan data terinstal di komputer atau laptop, sambungkan hp Oppo ke komputer atau laptop menggunakan kabel USB. Jalankan software tersebut dan pilih ponsel Oppo sebagai media penyimpanan yang ingin dipulihkan. Selanjutnya, pilih jenis file yang ingin dipulihkan, yaitu video. Setelah proses scanning selesai, pilih video yang ingin dipulihkan dan klik “Restore”.

4.Gunakan backup data

Jika Anda sudah memiliki backup data, maka mengembalikan video yang terhapus akan menjadi lebih mudah. Oppo memiliki fitur backup data yang dapat digunakan untuk menyimpan data-data penting, termasuk foto dan video. Coba cek apakah video yang terhapus ada di folder backup data. Jika ada, cukup pilih video tersebut dan klik “Restore” untuk mengembalikan video tersebut.

Jika Anda belum pernah melakukan backup data sebelumnya,maka sebaiknya mulai sekarang Anda membuat backup data secara teratur. Backup data dapat dilakukan dengan menggunakan fitur backup bawaan Oppo atau dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Google Drive atau Dropbox.

5.Gunakan layanan pemulihan data profesional

Jika semua cara di atas tidak berhasil, maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan layanan pemulihan data profesional. Layanan ini biasanya ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pemulihan data.

  Tutorial Cara Mudah upload foto instagram lewat PC Komputer

Namun, perlu diingat bahwa layanan pemulihan data profesional cukup mahal dan proses pemulihan data memerlukan waktu yang cukup lama. Selain itu, tidak semua video yang terhapus dapat dipulihkan menggunakan layanan ini.

Kesimpulan

Mengembalikan video yang terhapus di hp Oppo memang bisa menjadi masalah yang cukup menjengkelkan. Namun, dengan menggunakan beberapa cara di atas, Anda masih memiliki peluang untuk mengembalikan video yang terhapus tersebut. Dalam melakukan proses pemulihan data, pastikan Anda mengikuti petunjuk dengan benar dan tidak menginstall aplikasi atau software dari sumber yang tidak terpercaya. Selain itu, sebaiknya jangan menyimpan terlalu banyak file di hp Oppo Anda untuk menghindari terjadinya masalah seperti ini di masa mendatang.

Sebagai penutup, mengembalikan video yang terhapus di hp Oppo dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti menggunakan fitur Recycle Bin, menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti DiskDigger, menghubungi layanan dukungan Oppo, membuat backup data secara teratur, dan menggunakan layanan pemulihan data profesional. Penting untuk diingat bahwa proses pemulihan data dapat memakan waktu dan tidak selalu berhasil. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan backup data secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang berharga di masa mendatang.

Selain itu, mengurangi risiko terhapusnya data juga sangat penting. Anda dapat melakukan hal ini dengan menjaga keamanan dan privasi ponsel Anda. Pastikan tidak ada aplikasi atau software yang terinstal yang mencurigakan, gunakan kunci layar, dan jangan menginstal aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya. Selain itu, sebaiknya tidak menyimpan terlalu banyak file di hp Oppo Anda. Hindari juga penghapusan data secara manual yang tidak perlu.

Dalam kesimpulannya, mengembalikan video yang terhapus di hp Oppo memang bukan hal yang mudah, tetapi masih ada beberapa cara yang dapat dicoba. Yang paling penting adalah melakukan backup data secara teratur dan menghindari hal-hal yang dapat meningkatkan risiko terhapusnya data. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

  Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10 Panduan Lengkap