Cara mengganti nama email Gmail pada Ponsel

Posted on

Cara mengganti nama email Gmail pada Ponsel – Email atau surat elektronik ialah  suatu sarana guna  mengirim dan menerima surat atau pesan dengan bentuk  digital melewati  jalur jaringan komputer dan internet.

Pesan digital atau surat elektronik itu  dapat diciptakan  dan dikirim ke alamat email lainnya dengan memakai  komputer/ laptop dan gadget lainnya, laksana  smartphone dan tablet yang terhubung dengan internet.

Bila jaman dulu mengirim surat memakai  kertas dan tinta dimana proses pengirimannya dapat  berhari-hari, ketika  ini mengirim pesan via email hanya perlu  waktu sejumlah  detik saja. Saat ini, mengirim pesan via email adalah salah satu teknik  yang sangat  efisien, cepat, dan murah. Seperti yang diterangkan  dihalaman google ini, alamat email gmail tidak dapat  diubah.

Tapi disana juga diterangkan  alternatifnya, salah satunya yaitu menciptakan  akun gmail baru. Sama laksana  analogi nomer HP tadi, nomer HP memang tidak dapat  di ubah, namun  kita dapat  beli nomer HP baru bila   tidak suka dengan nomer HP lama. Prinsipnya sama, andai  tidak suka alamat email lama, tingga bikin  alamat email gmail baru.

Cara Kerja Email

Sebenarnya cara kerja email ini cukup sederhana. Sama seperti ketika kita menulis surat kepada orang lain. Bedanya, dengan email kita bisa mengirim pesan lebih cepat dan dapat disertai dengan file tertentu yang ingin kita kirim juga.

Berikut ini adalah proses cara kerja email secara singkat:

  1. Pemilik email membuka emailnya dan kemudian menuliskan isi pesan yang akan dikirim.
  2. Selanjutnya, pengguna email tersebut memberikan instruksi pada aplikasi email untuk mengirimkan pesan pada alamat email lainnya.
  3. Email server akan mengidentifikasi alamat email tujuan, lalu mengirimkan pesan tersebut ke email server lain yang lokasinya dekat dengan alamat tujuan. Terkadang sebuah email dikirim melalui beberapa email server, tergantung rute yang dilaluinya.
  4. Ketika pesan email terkirim ke alamat email penerima, maka isi pesan tersebut tersimpan di email server hingga si penerima membukanya.
  5. Saat penerima membuka pesan di kotak pos/ inbox, maka aplikasi email penerima akan meminta email baru yang ada pada email server lalu mengunduhnya ke dalam komputer si penerima email.
  6. Selanjutnya, penerima email dapat melihat dan membaca isi pesan yang telah diunduh tadi.
Baca :  Cara Mengatasi Tinta printer tidak keluar dan Penyebabnya

 Manfaat email

  1. Sebagai sarana berkirim surat melalui internet dengan kemampuan  melampirkan dokumen dalam bentuk file,  gambar,  video maupun audio.
  2. Sebagai sarana komunikasi, dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan siapapun yang terhubung  dengan internet diseluruh dunia.
  3. Dapat mengirim surat sekaligus ke beberapa  tujuan dalam waktu cepat dengan biaya murah.
  4. Digunakan  untuk berlangganan  informasi  tertentu secara periodik.
  5. Digunakan untuk mendaftarkan akun media sosial (twitter, instagram, path, line, facebook,  dll)
  6. Digunakan untuk mendaftarkan user berbagai pelayanan publik secara online seperti : BPJS,  simponi.kemenkeu.go.id djp.pajak.go.id
  7. Digunakan sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftar domain
  8. Dapat digunakan untuk melacak ponsel yang hilang

Cara Mengganti Nama Email melalui Hp Android

  1. Pastikan hp kita terhubung ke jaringan internet.
  2. Buka logo email pada hp. Klik tanda — garis 3 disisi kiri atas. Lalu pilih SETTING
  3. Pilih email yang akan diganti namanya. Disini saya mengganti nama uchan. Maka klik uchanmufasa@gmail.com

Lalu akan muncul menu My Account (Akun Saya) yang berada paling atas. Klik

Untuk step diatas bisa juga melalui setting hp.

Pilih Setting > Accounts > Google atau langsung Setting> Google tergantung merk hp. Pilih google account.

  1. Menggunakan salah satu cara diatas, maka Akan muncul tampilan seperti dibawah. Pilih tab “PERSONAL INFO
  2. Muncul tampilan profile kita. Ada nama ttl dan data lainnya. Pilihlah bagian yang ingin di edit. Karena kita ingin mengganti nama maka klik name.
  3. Untuk memastikan bahwa yang ingin mengganti nama adalah pemilik akun, maka kita akan diminta memasukkan password.
  4. Sekarang kita sudah dapat mengganti nama sesuai dengan yang kita inginkan. Usahakan selalu menggunakan nama kita untuk membuat email.
  5. Setelah nama diganti akan muncul pemberitahuan dari gmail bahwa kita hanya dapat mengganti nama 3x dalam masa 90hari.
Baca :  Sejarah Internet Pengertian Internet menurut para ahli

Tadaa.. nama kita sudah berganti

Pada bagian bawahnya diberikan keterangan bahwa nama butuh sedikit waktu untuk tampil dimana saja seperti google plus dan google classroom.

Tidak sulit bukan untuk mengganti nama di email menggunakan hp android.