Cara melihat IP komputer Laptop Smartphone

Posted on

IP Address atau adalah alamat identifikasi guna setiap perlengkapan yang terhubung ke internet. Alamai indentifikasi ini berupa barisan angka. Setiap perlengkapan yang berbeda, mempunyai alamat IP (Internet Protocol) yang bertolak belakang pula. Ada dua jenis IP address yakni IP address Statis yang mempunyai sifat tetap, dan IP Address Dinamis yang bakal berubah masing-masing kali anda terhubung ke jaringan (baca juga: definisi ip address dan kelasnya).

Di samping sebagai identitas perlengkapan yang mengakses jaringan, IP Addres juga bermanfaat untuk mengidentifikasi skala jaringan yang digunakan, sebesar apa jaringan itu dapar disaksikan dari alokasi IP address yang tersedia. Fungsi beda IP address ialah untuk melacak eksistensi perangkat itu serta sebagai jejak pemakai internet. Bagi mendapat keterangan lebih menyeluruh mengenai faedah IP address kamu bisa membaca faedah ip address.



Cara melihat IP komputer Laptop Smartphone
Cara melihat IP komputer Laptop Smartphone

Untuk bisa memanfaatkan manfaat IP address laksana diatas, pasti kesatu -tama kamu harus memahami IP address perlengkapan tersebut. Pada tulisan kali ini dosenIT bakal memaparkan sejumlah cara yang bisa kamu lakukan guna mendapatkan IP address perlengkapan yang terhubung pada jaringan, baik berupa smartphone maupun Laptop atau PC.



Pengertian IP Addres

Pengertian IP Address adalah identitas suatu komputer berupa deretan angka biner 32 bit hingga 128 bit, sebagai alamat yang digunakan untuk melakukan pertukaran data dengan komputer atau perangkat lain di jaringan internet. Singkatan IP merupakan kepanjangan dari “Internet Protocol” yang merupakan sebuah prosedur pertukaran data di jaringan internet antara paket data dengan host-host yang terhubung, sehingga aliran data dapat dikenali pengirimnya dan penerimanya. Host dapat berupa komputer server dan komputer yang mengakses suatu website.

Baca :  Pengertian LAN (Local Area Network), Tujuan,Manfaat Komputer

Fungsi IP Address di Internet

Dalam praktiknya saat kita mengakses website menggunakan handphone, paket data akan meminta data pada komputer server yang menyimpan data website tersebut. Secara teori, handphone kita merupakan host yang menerima data dan komputer server bertindak sebagai host yang mengirim data. Begitu juga sebaliknya, saat kita upload foto di sosial media, handphone kita bertindak sebagai host yang mengirim data dan komputer server sosial media tersebut bertindak sebagai host yang menerima data. Di sinilah peran IP Address untuk mengalamatkan setiap komputer (host) yang terhubung dengan internet, sehingga pertukaran data dapat sejalan dengan prosedur Internet Protocol.

Rumah mempunyai alamat jalan untuk menerima dan mengirim surat dari kantor pos, sedangkan komputer mempunyai IP address untuk menerima dan mengirim data dari internet



Sebelum teknologi DNS diciptakan, pengguna internet menggunakan IP Address secara langsung untuk mengakses suatu halaman website. DNS memungkinkan suatu website mempunyai alamat yang mudah diingat misalnya; google.com, facebook.com, dan lain-lain

Cara Cek IP Address Smartphone

Smartphone juga memiliki IP address sebab smartphone juga terhubung dengan jaringan internet. Ada tiga cara yang dapat anda lakukan untuk mengecek IP address smartphone anda, yaitu sebagai berikut:

  • Melalui WebsiteJika smartphone anda memiliki koneksi dengan jaringan internet, anda bisa membuka beberapa situs yang dapat memberitahukan IP address smartphone anda dengan menggunakan aplikasi browser yang terpasang pada smarthone anda. Menurut penulis pribadi, cara ini merupakan cara paling mudah untuk dilakukan.Cara ini dapat digunakan pada smartphone dengan sistem oprasi Android, iOS, ataupun windows. Terdapat cukup banyak situs yang menyediakan layanan ini, antara lain:
    • http://locallhost.com – tampilan sederhana, hanya menampilkan IP address smartphone anda
    • http://www.intip.net – menampilkan IP address, browser yang digunakan, host name serta country (negara).
    • http://www.ipsaya.com – menampilkan cukup banyak informasi seperti IP address, browser yang digunakan, proxy, jenis koneksi, ISP, kota dan negara, hingga device yang digunakan.
  • Melalui Menu Wifi pada Smartphone Anda
Baca :  Cara Memasang Konektor RJ45 pada Kabel UTP LAN Jaringan

Cara ini cukup rumit, untuk dapat melakukannya anda pertama-tama harus terhubung dengan wifi. Anda bisa menggunakan wifi public atau wifi personal. Setelah anda terhubung dengan wifi, buka menu wifi, tap pada wifi yang tersambung dengan perangkat anda (catatan: penulis menggunakan smartphone Android 6.0) maka akan muncul beberapa keterangan termasuk IP Address perangkat anda serta gateway.

  • Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara ini juga cukup mudah dilakukan anda hanya perlu menginstall aplikasi pihak ketiga dari play store. Ada beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mengecek IP address smartphone anda, salah satunya aplikasi MyIP. Aplikasi yang hanya berukuran 16.51 KB ini akan menampilkan IP address smartphone anda saat ini, serta nama host dan jenis sambungan.

Cara melihat IP komputer Laptop Milik Sendiri

1. Melihat IP Laptop Lewat Network Connection

Buat kamu yang ingin melihat alamat IP laptop, salah satu caranya melalui network connection. Bagaimana langkah-langkah mengeceknya?

Ikuti panduan berikut:

  • Masuk ke kolom start menu lalu cari ‘RUN’ atau dengan cara menekan tombol window+R
  • Setelah kolom pencarian terbuka, ketik ‘ncpa.cpl’ lalu tekan enter.

  • Pilih profil koneksi yang sedang aktif, ditandai dengan ikon sinyal yang berwarna hijau atau local area yang aktif
  • Klik kanan ikon tersebut, lalu pilih ‘status’

  • Klik details dan kamu bisa melihat alamat IP laptopmu secara detail di layar yang muncul.

  • Selain alamat IP kamu juga bisa melihat DNS, subnet mask, default gateway, dan yang lainnya.

Nah, cukup mudah dan simpel bukan cara melihat IP laptop untuk perangkat kamu sendiri? Alamat inilah yang digunakan untuk memutus jaringan.

Baca :  Tutorial Cara daftar twitter dilengkapi gambar

2. Cek IP Laptop Lewat CMD

Cara selanjutnya untuk melihat alamat IP laptop kamu adalah menggunakan command prompt. Bagaimana cara melihatnya?

Ikuti langkah-langkah berikut:



  • Masuk ke kolom start menu lalu cari ‘RUN’ atau dengan cara menekan windows+R.
  • Setelah kotak dialog muncul, masukkan tulisan ‘cmd’ pada kolom pencarian, lalu lanjutkan dengan tekan enter.

  • Selanjutnya jendela dari command prompt akan terbuka, lalu ketikkan ipconfig untuk memunculkan daftar koneksi pada laptop kamu, lalu selanjutnya tekan enter.

  • Lalu command prompt akan menampilkan daftar koneksi dari laptop kamu lengkap dengan alamat IP maupun subnet mask dan default gateway nya.

3. Cek IP Address Lewat Network & Internet Setting

Selain dua cara yang sudah dijelaskan di atas, cara mengetahui IP address laptop juga bisa dilakukan dengan melihatnya di network & internet setting.

Bagaimana caranya? Ikuti langkah berikut:

  • Pertama-tama temukan ikon network & internet setting yang ada di laptop kamu.

Caranya buka control panel lalu temukan ikon network internet. Pilih ikon tersebut dan klik.

  • Langkah selanjutnya silakan pilih ‘View your network properties

  • Selanjutnya pilih koneksi yang sedang digunakan

  • Di sini kamu bisa mendapatkan informasi alamat IP address yang merupakan alamat dari IP laptopmu.

Demikian cara cek IP Adress yang dapat anda lakukan, baik untuk mengecek IP Address pada Smartphone anda, PC atau Laptop atau juga IP Address modem yang anda gunakan. Anda bisa melakukan pengecekan melalui website, aplikasi lain, melalui menu setting smartphone, atau melalui command prompt serta Control panel pada komputer.


Bagikan di Sosial Media