Cara menghapus aplikasi di laptop panduan lengkap

Posted on

Menghapus aplikasi di laptop adalah langkah penting untuk memastikan kinerja perangkat tetap optimal dan ruang penyimpanan tidak terlalu terbebani. Seiring waktu, kita sering mengunduh dan menginstal berbagai aplikasi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kita, namun beberapa di antaranya mungkin tidak lagi dibutuhkan atau hanya jarang digunakan. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan secara detail bagaimana menghapus aplikasi di laptop berbasis sistem operasi Windows, macOS, dan Linux. Kami akan memberikan langkah-langkah yang mudah diikuti dan disertai dengan tips tambahan untuk membersihkan sisa-sisa dan memastikan bahwa aplikasi dihapus dengan benar.

Bagian 1: Menghapus Aplikasi di Windows

Langkah 1: Menghapus Aplikasi dari “Control Panel” Di sistem operasi Windows, Anda dapat menggunakan “Control Panel” untuk menghapus aplikasi yang terpasang. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka “Control Panel” dengan mencari di “Search Box” atau melalui menu “Start”.
  • Pilih “Programs” atau “Programs and Features” tergantung pada versi Windows Anda.
  • Anda akan melihat daftar semua program yang terpasang di komputer Anda. Cari aplikasi yang ingin Anda hapus.
  • Klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih “Uninstall” atau “Uninstall/Change”.
  • Ikuti petunjuk yang muncul pada layar untuk menyelesaikan proses penghapusan.

Langkah 2: Menghapus Aplikasi dari “Settings” Di Windows 10, Anda juga dapat menggunakan “Settings” untuk menghapus aplikasi UWP (Universal Windows Platform). Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka “Settings” dengan mengklik ikon roda gigi di menu “Start” atau menggunakan kombinasi tombol “Windows + I”.
  • Pilih “Apps” -> “Apps & features”.
  • Di bagian kanan, Anda akan melihat daftar aplikasi yang terpasang di laptop Anda.
  • Cari aplikasi yang ingin dihapus dan klik pada nama aplikasi tersebut.
  • Klik “Uninstall” dan konfirmasi pilihan Anda untuk menghapus aplikasi.

Langkah 3: Menghapus Aplikasi dari “Start Menu” Beberapa aplikasi di Windows dapat dihapus langsung dari “Start Menu”. Ini berlaku terutama untuk aplikasi UWP. Berikut adalah caranya:

  • Buka “Start Menu”.
  • Cari aplikasi yang ingin Anda hapus.
  • Klik kanan pada ikon aplikasi dan pilih “Uninstall”.
  10 Jenis Jenis Komputer Modern Saat ini Urutan Lengkap

Langkah 4: Menggunakan Alat Pihak Ketiga Anda juga dapat menggunakan alat pihak ketiga seperti “CCleaner” atau “IObit Uninstaller” untuk menghapus aplikasi di Windows. Alat ini menawarkan fitur tambahan untuk membersihkan sisa-sisa dan registry setelah menghapus aplikasi.

Tips Tambahan untuk Membersihkan Sisa-sisa:

  • Setelah menghapus aplikasi, pastikan untuk membuka “File Explorer” dan periksa apakah ada folder sisa-sisa di direktori “Program Files” atau “Program Files (x86)”.
  • Buka “Registry Editor” dengan mengetik “regedit” di “Search Box” dan hapus entri registry yang berkaitan dengan aplikasi yang dihapus. Namun, ingatlah untuk melakukan backup registry terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan.

Bagian 2: Menghapus Aplikasi di macOS

Langkah 1: Menghapus Aplikasi dari “Applications” Di macOS, aplikasi biasanya diinstal di folder “Applications”. Berikut cara menghapus aplikasi di macOS:

  • Buka “Finder” dari “Dock” atau “Applications” di “Sidebar”.
  • Navigasikan ke folder “Applications”.
  • Cari aplikasi yang ingin dihapus.
  • Klik kanan pada ikon aplikasi dan pilih “Move to Trash”.

Langkah 2: Menghapus Aplikasi dari “Launchpad” Anda juga dapat menggunakan “Launchpad” untuk menghapus aplikasi di macOS:

  • Buka “Launchpad” dari “Dock” atau cari di “Spotlight Search”.
  • Cari aplikasi yang ingin Anda hapus.
  • Tahan tombol “Option” (⌥) pada keyboard Anda.
  • Ikon aplikasi akan bergetar dan ikon “X” akan muncul di pojok kiri atas aplikasi.
  • Klik ikon “X” untuk menghapus aplikasi.

Tips Tambahan untuk Membersihkan Sisa-sisa:

  • Setelah menghapus aplikasi, buka “Finder” dan periksa apakah ada file sisa-sisa di direktori “Applications Support” atau “Library”.
  • Jika Anda merasa perlu membersihkan cache dan data aplikasi, Anda dapat menggunakan alat pihak ketiga seperti “CleanMyMac” atau “AppCleaner”.

Bagian 3: Menghapus Aplikasi di Linux

Langkah 1: Menghapus Aplikasi dari “Software Center” Di distribusi Linux seperti Ubuntu, Anda dapat menggunakan “Software Center” untuk menghapus aplikasi:

  • Buka “Software Center” dari menu aplikasi.
  • Cari aplikasi yang ingin dihapus.
  • Pilih aplikasi dan klik “Uninstall” atau “Remove”.
  Tutorial Cara mendapatkan domain Gratis dan pengertian Domain

Langkah 2: Menggunakan Terminal Jika Anda lebih suka menggunakan terminal, Anda dapat menggunakan package manager untuk menghapus aplikasi. Misalnya, untuk Ubuntu dan Debian, gunakan perintah berikut:

sudo apt-get remove nama_aplikasi

Tips Tambahan untuk Membersihkan Sisa-sisa:

1.Setelah menghapus aplikasi, gunakan perintah “find” di terminal untuk mencari sisa-sisa aplikasi:

sudo find / -name “nama_aplikasi”

2.Hati-hati saat menggunakan perintah di atas untuk menghindari menghapus file yang tidak relevan.

Bagian 4: Menghapus Aplikasi Bawaan (Bloatware)

Selain menghapus aplikasi yang diunduh, laptop Anda mungkin juga memiliki beberapa aplikasi bawaan atau bloatware yang telah diinstal oleh produsen atau vendor perangkat. Bloatware adalah aplikasi yang mungkin tidak begitu berguna bagi Anda dan dapat memakan ruang penyimpanan yang berharga. Di beberapa kasus, Anda mungkin tidak diizinkan untuk menghapus beberapa aplikasi bawaan ini secara langsung, tetapi ada cara untuk menonaktifkannya agar tidak mempengaruhi kinerja sistem Anda. Berikut adalah cara menghadapi bloatware di berbagai sistem operasi:

Di Windows:

  • Buka “Control Panel” dan cari “Programs” atau “Programs and Features”.
  • Cari aplikasi bloatware yang ingin Anda nonaktifkan atau hapus.
  • Klik kanan pada aplikasi dan pilih “Uninstall” jika tersedia. Jika tidak, pilih “Disable” atau “Turn off”.
  • Jika Anda menghadapi kesulitan menghapus aplikasi bloatware dari “Control Panel”, Anda dapat mencoba mencarinya di “Settings” -> “Apps” -> “Apps & features” dan kemudian mengklik aplikasi tersebut untuk menampilkan opsi untuk menghapus atau nonaktifkan.

Di macOS: Di macOS, aplikasi bloatware jarang menjadi masalah karena Apple umumnya tidak menyertakan banyak aplikasi bawaan yang tidak relevan. Namun, beberapa perangkat yang dijual oleh pihak ketiga mungkin memiliki aplikasi tambahan yang telah diinstal. Cara terbaik untuk menangani ini adalah dengan mencari aplikasi tersebut di “Applications” dan menghapusnya jika Anda yakin tidak membutuhkannya.

  Tutorial Cara Mudah upload foto instagram lewat PC Komputer

Di Linux: Di distribusi Linux tertentu, Anda mungkin menemukan beberapa aplikasi bawaan yang dapat dihapus atau dinonaktifkan. Ini akan bervariasi tergantung pada distribusi Linux yang Anda gunakan. Jika Anda ingin menghapus aplikasi bawaan, pastikan untuk mencari panduan khusus untuk distribusi Linux Anda dan ikuti petunjuknya dengan hati-hati.

Bagian 5: Membersihkan Sisa-sisa dengan Alat Pembersih Pihak Ketiga

Setelah Anda menghapus aplikasi, ada kemungkinan bahwa ada sisa-sisa file dan registry yang tertinggal di sistem Anda. Ini dapat menyebabkan akumulasi file sampah yang mempengaruhi kinerja laptop. Untuk membersihkan sisa-sisa dengan mudah, Anda dapat menggunakan alat pembersih pihak ketiga yang dapat mengidentifikasi dan menghapus sisa-sisa yang tidak perlu. Beberapa alat pembersih populer yang dapat Anda pertimbangkan adalah “CCleaner” (untuk Windows), “CleanMyMac” (untuk macOS), atau “BleachBit” (untuk Linux).

Bagian 6: Perhatikan Keamanan

Sebelum menghapus aplikasi apa pun, pastikan untuk membuat backup data Anda yang penting. Ini sebagai tindakan pencegahan jika terjadi masalah atau Anda secara tidak sengaja menghapus aplikasi yang dibutuhkan. Selain itu, pastikan bahwa Anda menghapus aplikasi dari sumber yang tepercaya dan menghindari mengunduh atau menginstal perangkat lunak dari sumber yang meragukan.

Kesimpulan

Menghapus aplikasi di laptop adalah langkah penting untuk memastikan kinerja perangkat tetap optimal dan ruang penyimpanan tidak terbebani. Dalam panduan ini, kami telah membahas cara menghapus aplikasi di sistem operasi Windows, macOS, dan Linux, serta bagaimana menghadapi bloatware. Selain itu, kami telah menyoroti pentingnya membersihkan sisa-sisa menggunakan alat pembersih pihak ketiga untuk menjaga kinerja laptop tetap baik. Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan mempertimbangkan keamanan, Anda dapat dengan mudah mengelola dan membersihkan aplikasi di laptop Anda untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Selamat mencoba!