cara mengembalikan chat wa yang terhapus permanen

Posted on

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan menerima pesan, foto, video, dan dokumen dalam hitungan detik. WhatsApp juga menawarkan fitur backup dan restore untuk memudahkan pengguna mengembalikan data mereka, termasuk chat yang telah terhapus. Namun, bagaimana jika chat tersebut telah terhapus permanen? Apakah masih mungkin untuk mengembalikannya? Artikel ini akan membahas secara detail tentang cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus permanen.

Sebelum membahas tentang cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus permanen, perlu diketahui bahwa WhatsApp menyediakan dua cara backup, yaitu backup otomatis dan backup manual. Backup otomatis dilakukan secara berkala oleh WhatsApp dan tersimpan di Google Drive atau iCloud, tergantung pada jenis perangkat yang digunakan oleh pengguna. Sementara backup manual harus dilakukan oleh pengguna secara manual. Backup manual dapat dilakukan kapan saja dan disimpan dalam penyimpanan internal perangkat. Backup manual ini sangat berguna jika pengguna ingin mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus.

cara mengembalikan chat wa yang terhapus permanen

1.Cara Mengembalikan Chat WhatsApp dengan Backup Otomatis

Jika pengguna melakukan backup otomatis, maka mereka dapat mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus dengan cara berikut:

Langkah 1: Uninstall WhatsApp

Pertama-tama, pengguna perlu menghapus aplikasi WhatsApp dari perangkat mereka. Pengguna dapat melakukannya dengan cara menekan ikon aplikasi WhatsApp selama beberapa detik dan kemudian menekan opsi “Uninstall” atau “Hapus”.

Langkah 2: Install Ulang WhatsApp

Setelah menghapus aplikasi WhatsApp, pengguna perlu menginstal ulang aplikasi tersebut. Pengguna dapat mengunduh dan menginstal WhatsApp dari Google Play Store (untuk perangkat Android) atau App Store (untuk perangkat iOS).

Langkah 3: Verifikasi Nomor Telepon

Setelah menginstal ulang WhatsApp, pengguna perlu memverifikasi nomor telepon mereka seperti saat pertama kali menggunakan aplikasi tersebut.

  Cara Menghentikan Layanan Google Play Panduan Lengkap

Langkah 4: Restore Backup

Setelah berhasil memverifikasi nomor telepon, WhatsApp akan menampilkan pesan bahwa backup ditemukan. Pengguna dapat menekan tombol “Restore” untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus.

Langkah 5: Tunggu Proses Restore

Proses restore backup WhatsApp dapat memakan waktu yang cukup lama, tergantung pada ukuran backup dan kecepatan koneksi internet. Pengguna perlu menunggu hingga proses restore selesai.

Setelah proses restore selesai, semua chat WhatsApp yang telah terhapus akan muncul kembali di dalam aplikasi. Namun, perlu diperhatikan bahwa chat yang terhapus setelah backup terakhir tidak akan dapat dikembalikan.

2.Cara Mengembalikan Chat WhatsApp dengan Backup Manual

Jika pengguna melakukan backup manual, maka mereka dapat mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus dengan cara berikut:

Langkah 1: Temukan File Backup

Pertama-tama, pengguna perlu menemukan file backup yang telah dibuat sebelumnya. File backup WhatsApp terletak di dalam folder WhatsApp/Databases di penyimpanan internal perangkat.

Langkah 2: Rename File Backup

Setelah menemukan file backup, pengguna perlu mengganti nama file backup menjadi “msgstore.db.crypt12”. Pengguna juga perlu menghapus file “msgstore.db.crypt12” yang sudah ada di dalam folder WhatsApp/Databases.

Langkah 3: Uninstall WhatsApp

Setelah mengubah nama file backup, pengguna perlu menghapus aplikasi WhatsApp dari perangkat mereka.

Langkah 4: Copy File Backup ke Perangkat Baru

Jika pengguna ingin mengembalikan chat WhatsApp di perangkat baru, maka mereka perlu memindahkan file backup ke perangkat baru. Pengguna dapat melakukan ini dengan cara memindahkan file backup ke perangkat baru melalui kabel USB atau dengan menggunakan layanan penyimpanan awan seperti Google Drive atau Dropbox.

Langkah 5: Install WhatsApp

Setelah file backup berhasil dipindahkan ke perangkat baru, pengguna perlu menginstal aplikasi WhatsApp seperti biasa. Setelah itu, pengguna perlu memverifikasi nomor telepon mereka seperti saat pertama kali menggunakan aplikasi tersebut.

  Cara Membuat Server Minecraft: Panduan Lengkap untuk Pemula

Langkah 6: Restore Backup

Setelah berhasil memverifikasi nomor telepon, WhatsApp akan menampilkan pesan bahwa backup ditemukan. Pengguna dapat menekan tombol “Restore” untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus.

Langkah 7: Tunggu Proses Restore

Proses restore backup WhatsApp dapat memakan waktu yang cukup lama, tergantung pada ukuran backup dan kecepatan koneksi internet. Pengguna perlu menunggu hingga proses restore selesai.

Setelah proses restore selesai, semua chat WhatsApp yang telah terhapus akan muncul kembali di dalam aplikasi. Namun, perlu diperhatikan bahwa chat yang terhapus setelah backup terakhir tidak akan dapat dikembalikan.

3.Cara Mengembalikan Chat WhatsApp dengan Aplikasi Pemulihan Data

Jika kedua cara di atas tidak berhasil mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus, maka pengguna dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data. Ada banyak aplikasi pemulihan data yang tersedia di Google Play Store atau App Store yang dapat membantu pengguna mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus permanen. Beberapa contoh aplikasi pemulihan data yang populer adalah DiskDigger, EaseUS MobiSaver, dan Dr.Fone.

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi Pemulihan Data

Pertama-tama, pengguna perlu mengunduh dan menginstal aplikasi pemulihan data yang diinginkan dari Google Play Store atau App Store.

Langkah 2: Pilih Lokasi Pemulihan Data

Setelah menginstal aplikasi pemulihan data, pengguna perlu memilih lokasi pemulihan data. Pengguna dapat memilih untuk memulihkan data dari penyimpanan internal perangkat atau dari kartu SD jika perangkat mereka memiliki kartu SD.

Langkah 3: Pilih Jenis File yang Ingin Dikembalikan

Setelah memilih lokasi pemulihan data, pengguna perlu memilih jenis file yang ingin dikembalikan. Pengguna dapat memilih jenis file seperti foto, video, atau dokumen, atau memilih opsi “Semua File” untuk memulihkan semua jenis file.

Langkah 4: Scan Perangkat

Setelah memilih jenis file yang ingin dikembalikan, aplikasi pemulihan data akan melakukan scan perangkat untuk mencari file yang dihapus.

  Cara mematikan Window 10 update Otomatis

Langkah 5: Pilih File yang Ingin Dikembalikan

Setelah scan selesai, aplikasi pemulihan data akan menampilkan daftar file yang telah dihapus. Pengguna perlu mencari file backup WhatsApp dan memilihnya untuk dikembalikan.

Langkah 6: Restore File Backup

Setelah pengguna berhasil memilih file backup WhatsApp, aplikasi pemulihan data akan memulai proses restore. Pengguna perlu menunggu hingga proses selesai.

Langkah 7: Import File Backup ke WhatsApp

Setelah proses restore selesai, pengguna perlu mengimpor file backup ke dalam aplikasi WhatsApp. Untuk melakukannya, pengguna perlu mengikuti langkah-langkah yang sama dengan cara pertama, yaitu mengganti nama file backup menjadi “msgstore.db.crypt12” dan memindahkannya ke folder WhatsApp/Databases.

Langkah 8: Restore Chat WhatsApp

Setelah file backup berhasil diimpor ke aplikasi WhatsApp, pengguna perlu membuka aplikasi tersebut dan menekan tombol “Restore” untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus.

Perlu diingat bahwa pengguna perlu berhati-hati saat menggunakan aplikasi pemulihan data. Beberapa aplikasi pemulihan data mungkin meminta akses root atau membayar untuk menggunakan fitur pemulihan data tertentu. Pengguna juga perlu memperhatikan bahwa aplikasi pemulihan data tidak selalu berhasil mengembalikan data yang terhapus secara permanen.

Kesimpulan

Mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus permanen dapat menjadi tugas yang sulit. Namun, dengan menggunakan salah satu dari tiga cara di atas, pengguna dapat mencoba untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus. Cara pertama dan kedua adalah cara yang lebih aman dan direkomendasikan untuk dicoba terlebih dahulu sebelum mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data. Selain itu, pengguna juga perlu melakukan backup secara berkala untuk mencegah kehilangan data penting di WhatsApp. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna dapat memulihkan chat WhatsApp yang terhapus dan melanjutkan percakapan dengan teman dan keluarga mereka.