cara merekam percakapan whatsapp tanpa aplikasi

Posted on

Percakapan melalui aplikasi WhatsApp menjadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh pengguna smartphone saat ini. Dalam beberapa situasi, mungkin kita perlu merekam percakapan tersebut untuk keperluan tertentu. Ada beberapa cara untuk merekam percakapan WhatsApp tanpa menggunakan aplikasi khusus. Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai cara-cara tersebut.

cara merekam percakapan whatsapp tanpa aplikasi

1.Merekam layar Cara pertama yang bisa dilakukan untuk merekam percakapan WhatsApp tanpa aplikasi adalah dengan merekam layar.

Pada smartphone Android dan iOS terbaru, biasanya sudah tersedia fitur rekam layar yang bisa diakses dengan mudah. Untuk merekam layar pada smartphone Android, pengguna dapat menekan tombol power dan tombol volume down secara bersamaan. Sedangkan pada iPhone, pengguna dapat mengakses fitur rekam layar melalui Control Center atau dengan menekan tombol power dan tombol volume up secara bersamaan.

Setelah layar direkam, pengguna dapat membuka percakapan WhatsApp dan melakukan apa yang ingin direkam. Setelah selesai merekam, video hasil rekaman tersebut dapat ditemukan pada folder galeri atau album video di smartphone.

Namun, cara ini memiliki kelemahan yaitu apabila ada notifikasi yang masuk, rekaman akan terganggu dan apabila pengguna menekan tombol home ketika merekam maka layar akan tertutup sehingga rekaman akan terhenti.

2.Screen Recording built-in pada WA (hanya bisa direkam saat dalam panggilan suara/video) Selain merekam layar secara umum, WhatsApp juga menyediakan fitur rekam layar untuk panggilan suara dan video call di aplikasi WhatsApp itu sendiri.

  Cara Mendapatkan Diamond Gratis di Free Fire (FF)

Pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk merekam percakapan WhatsApp secara langsung.

Untuk merekam panggilan suara atau video, pengguna dapat membuka percakapan dengan orang yang ingin dihubungi, kemudian menekan tombol panggilan suara atau video call. Setelah panggilan terhubung, pengguna dapat menekan tombol rekam layar yang terletak pada layar panggilan.

Pengguna juga dapat menghentikan rekaman layar dengan menekan tombol stop pada layar panggilan. Video rekaman akan otomatis tersimpan di galeri atau album video pada smartphone.

Namun, cara ini hanya bisa dilakukan saat pengguna sedang melakukan panggilan suara atau video call di WhatsApp. Jadi, tidak bisa digunakan untuk merekam pesan teks atau percakapan pada chat biasa di WhatsApp.

3.Gunakan Perekam Layar Aplikasi Pihak Ketiga Selain rekam layar bawaan, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang menyediakan fitur perekam layar untuk merekam percakapan WhatsApp.

Beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk merekam percakapan WhatsApp di antaranya AZ Screen Recorder, DU Recorder, dan Mobizen Screen Recorder.

Setelah aplikasi perekam layar diunduh dan diinstal pada smartphone, pengguna dapat membuka aplikasi tersebut dan menekan tombol rekam layar. Selanjutnya, pengguna dapat membuka percakapan WhatsApp dan merekam percakapan yang diinginkan.

Setelah selesai merekam, video hasil rekaman tersebut dapat ditemukan pada folder galeri atau album video di smartphone.

Cara ini memiliki keuntungan yaitu pengguna dapat merekam layar kapan saja tanpa harus menunggu saat melakukan panggilan suara atau video call. Namun, pengguna harus memperhatikan ukuran file yang dihasilkan oleh aplikasi perekam layar, karena file yang terlalu besar dapat memenuhi ruang penyimpanan pada smartphone.

4.Menggunakan Fitur Forward di WhatsApp Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk merekam percakapan WhatsApp adalah dengan menggunakan fitur forward pada WhatsApp.

  Cara Membagikan Postingan IG ke Story

Fitur ini dapat digunakan untuk mengirim ulang pesan atau percakapan pada chat WhatsApp yang ada.

Pengguna dapat membuka chat yang ingin direkam dan menekan pesan atau percakapan yang ingin direkam. Setelah itu, pengguna dapat menekan tombol forward pada layar chat dan mengirimkannya ke chat baru atau ke diri sendiri.

Setelah pengguna menerima pesan tersebut, pengguna dapat melakukan tangkapan layar pada percakapan tersebut. Setelah selesai, tangkapan layar dapat ditemukan pada folder galeri atau album gambar pada smartphone.

Namun, cara ini memiliki kelemahan yaitu tangkapan layar tidak dapat merekam percakapan secara penuh. Artinya, pengguna hanya dapat merekam sebagian kecil dari percakapan yang terjadi pada chat WhatsApp.

Kesimpulan Dari beberapa cara yang telah dijelaskan di atas, pengguna dapat memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan smartphone yang dimiliki. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pengguna yang ingin merekam percakapan WhatsApp secara lengkap dapat menggunakan fitur rekam layar bawaan pada smartphone atau aplikasi perekam layar pihak ketiga. Namun, pengguna harus memperhatikan kapasitas penyimpanan smartphone karena file rekaman layar yang terlalu besar dapat memenuhi ruang penyimpanan pada smartphone.

Untuk merekam panggilan suara atau video call, pengguna dapat menggunakan fitur rekam layar yang disediakan oleh WhatsApp. Namun, fitur ini hanya dapat digunakan pada panggilan suara atau video call dan tidak dapat merekam pesan teks pada chat biasa di WhatsApp.

Terakhir, pengguna juga dapat menggunakan fitur forward pada WhatsApp untuk merekam percakapan WhatsApp. Namun, cara ini hanya dapat merekam sebagian kecil dari percakapan yang terjadi pada chat WhatsApp.

Namun, pengguna juga harus memperhatikan etika dan privasi dalam merekam percakapan WhatsApp. Merekam percakapan tanpa izin dari pihak yang terlibat dalam percakapan dapat melanggar privasi mereka dan dapat menimbulkan masalah hukum.

  Download Aplikasi Alight Motion Pro Mod APK Versi Teranyar 100 % Sukses

Selain itu, pengguna juga harus memperhatikan undang-undang di negara tempat tinggalnya terkait dengan merekam percakapan. Beberapa negara memiliki undang-undang yang melarang merekam percakapan tanpa izin dari pihak yang terlibat.

Dalam hal ini, pengguna dapat meminta izin dari pihak yang terlibat sebelum merekam percakapan. Selain itu, pengguna juga dapat menyimpan rekaman percakapan tersebut dengan aman dan tidak menyebarkannya tanpa izin dari pihak yang terlibat.

Merekam percakapan WhatsApp dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti menggunakan fitur rekam layar bawaan pada smartphone atau aplikasi perekam layar pihak ketiga, fitur rekam panggilan suara atau video call pada WhatsApp, atau fitur forward pada WhatsApp.

Namun, pengguna harus memperhatikan etika dan privasi dalam merekam percakapan WhatsApp serta memperhatikan undang-undang yang berlaku di negara tempat tinggalnya. Dalam hal ini, pengguna dapat meminta izin dari pihak yang terlibat sebelum merekam percakapan dan menyimpan rekaman percakapan tersebut dengan aman dan tidak menyebarkannya tanpa izin dari pihak yang terlibat.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengguna WhatsApp yang ingin merekam percakapan WhatsApp.