Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan Suatu Benda

Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan Suatu Benda – Sebagaimana bahwa sifat kemagnetan dapat diciptakan yaitu menciptakan sifat kemagnetan dari benda nonmagnetik, begitu pun sifat kemagnetan bisa dihilangkan.Berikut ini adalahpembahasan mengenai bagaimana teknik menghilangkan sifat kemagnetan suatu benda magnetik, teknik menghilangkan magnet, 3 teknik menghilangkan sifat magnet, teknik menghilangkan kemagnetan, teknik menghilangkan kemagnetan elektromagnet, bagaimana teknik menghilangkan kemagnetan elektromagnet, teknik menghilangkan medan magnet, teknik menghilangkan gaya magnet, teknik menghilangkan kemagnetan sebuah benda.

Pengertian Magnet

Kata magnet sendiri berasal dari bahasa Yunani magnesia yang memiliki artis batu Magenisia. Umumnya Magnesia adalah nama sebuah wilayah yang ada du Yunani yang pada saat ini bernama Manisa. Di mana di wilayah tersebut batu magnet pertama kali ditemukan. Batu magnet pertama yang ditemukan merupakan magnet tetap atau magnet alam. Dan saat ini magnet yang ada di pasaran kebanyakan adalah magnet buatan.
Magnet sendiri merupakan sebuah benda yang dapat  menarik benda di sekitarnya dan setiap magnet pastinya memiliki sifat kemagnetan. Kemagnetan adalah kemampuan benda untuk menarik benda-benda lain yang ada di sekitarnya.

Sifat-sifat dari magnet 

  • Magnet dapat menarik benda

Sifat magnet yang pertama adalah magnet dapat menarik benda lain yang berasal dari bahan logam. Akan tetapi tidak semua logam dapat ditarik oleh magnet. Bahan logam yang memiliki daya tarik yang tinggi oleh magnet dalah  besi dan juga baja.

  • Medan magnet membentuk gaya magnet

Tahukah Anda bahwa gaya magnet tidak hanya berada di kutub-kutubnya. Akan tetapi gaya magnet juga timbul di sekitar magnet. Daerah yang di sekitar magnet yang memiliki gaya magnet disebut juga medan magnet.

  • Magnet memiliki dua kutub

Sifat-sifat magnet selanjutnya adalah magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan.

  • Kutub magnet tidak sesama tarik menarik dan sesama akan menolak

Sama halnya dengan gaya listrik, gaya magnet juga berupa tarikan dan tolakan. Jika kutub yang sama didekatkan maka akan saling tolak-menolak dan jika kutub yang berbeda yaitu utara dan selatan di didekatkan maka akan saling tarik menarik.

  • Sifat magnet dapat hilang

Sifat-sifat magnet juga akan menghilang atau melemah karena beberapa penyebab, seperti terbakar, jatuh secara terus menerus dan lainnya.

Jenis-jenis magnet

Setelah mengetahui pengertian, sifat-sifat magnet, kali ini akan menjelaskan tenang jenis-jenis magnet. Secara garis besar jenis magnet dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

1. Magnet alam

Sama seperti namanya, magnet alam merupakan salah satu jenis magnet yang sudah memiliki sifat magnet secara alami dan tanpa adanya campur tangan manusia. Sebagai contoh yaitu gunung ida di Magnesia yang sudah terbukti mampu menarik benda-benda yang ada disekitarnya.

2. Magnet buatan

Kebalikannya dari magnet alam, magnet buatan adalah magnet yang dibuat oleh manusia dengan menggunakan bahan magnetik kuat, seperti besi dan baja. Magnet buatan juga dibedakan menjadi dua macam yaitu:

  • Magnet sementara (remanen). Magnet ini merupakan magnet yang memiliki sifat kemagnetan hanya sementara, yaitu hanya terjadi selama proses pembuatannya.
  • Magnet tetap (permanen). Adalah magnet yang sifat kemagnetannya bersifat permanen, meskipun proses pembuatan sudah dihentikan.

Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan

Kamu harus berhati-hati dalam menggunakan magnet permanen karena sifat magnetnya dapat hilang. Sifat magnet suatu benda dapat hilang karena hal-hal berikut.

Magnet dipanaskan, dipukul-pukul, atau dijatuhkan dari ketinggian tertentu pada benda keras, misalnya lantai. Untuk lebih jelaskan perhatikan uraian berikut ini!

1. Dipukul-pukul atau Dijatuhkan dari Ketinggian
Sebuah magnet dapat kehilangan sifat kemagnetannya apabila dibenturkan dengan benda-benda keras, dipukul-pukul dengan benda keras dan dijatuhkan dari ketinggian dan mengenai benda keras.

2. Dipanaskan
Keadaan lain yang juga dapat menghilangkan sifat kemagnetan adalah
apabila sebuah benda magnetik (magnet) terkena panas; baik panas yang berasal adari pembakaran, direbus, panas mesin dan lain-lain.

3. Dialiri arus bolak-balik (AC)
Perubahan arus listrik memengaruhi letak dan arah magnet elementer. Apabila letak dan arah magnet elementer berubah, sifat kemagnetannya hilang.


4. Demagnetisasi
Selain itu, sifat magnet juga dapat dihilangkan melalui proses demagnetisasi, yaitu memberikan medan magnet yang berlawanan arah dengan kutub-kutub magnet.