Pengertian Struktur Contoh Teks Eksemplum Ciri Jenis Cara Buat

Posted on

Teks eksemplum adalah salah satu jenis teks yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Teks ini biasanya berisi cerita atau narasi yang bertujuan untuk memberikan contoh tentang perilaku atau tindakan yang baik dan positif bagi kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, dalam sebuah dongeng anak-anak, tokoh dalam cerita biasanya memiliki sifat yang baik, seperti jujur, ramah, dan gigih. Hal ini bertujuan untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada pembaca atau pendengar, sehingga mereka dapat mencontoh perilaku yang baik dan positif dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Teks Eksemplum

Teks eksemplum adalah teks yang bertujuan untuk memberikan contoh tentang perilaku atau tindakan yang baik dan positif bagi kehidupan sehari-hari. Teks ini biasanya berisi cerita atau narasi yang dapat memperlihatkan perilaku yang baik dan buruk dalam suatu keadaan atau situasi. Sebagai contoh, dalam sebuah dongeng, tokoh dalam cerita memiliki sifat yang baik, seperti jujur, ramah, dan gigih. Sifat tersebut kemudian digambarkan dalam cerita untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada pembaca atau pendengar agar mencontoh perilaku yang baik dan positif dalam kehidupan sehari-hari.

Struktur Teks Eksemplum

Struktur teks eksemplum terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pengenalan (orientation), komplikasi, dan resolusi. Pengenalan akan memperkenalkan latar belakang cerita atau narasi, sedangkan komplikasi menggambarkan tentang masalah atau konflik yang dihadapi oleh tokoh dalam cerita. Bagian resolusi menggambarkan tentang cara tokoh dalam cerita mengatasi masalah atau konflik yang dihadapinya.

  • Pengenalan (Orientation)

Bagian pengenalan adalah bagian pertama dari struktur teks eksemplum. Pada bagian ini, pembaca atau pendengar akan diperkenalkan dengan tokoh atau situasi yang akan dijadikan contoh dalam cerita. Pengenalan biasanya berisi latar belakang cerita atau narasi, seperti tempat dan waktu terjadinya cerita. Pada bagian ini, pembaca atau pendengar akan mendapatkan gambaran tentang tokoh atau situasi yang akan dijadikan contoh dalam cerita.

  • Komplikasi

Bagian komplikasi adalah bagian kedua dari struktur teks eksemplum. Pada bagian ini, pembaca atau pendengar akan diberikan gambaran tentang masalah atau konflik yang dihadapi oleh tokoh dalam cerita. Masalah atau konflik tersebut kemudian digambarkan dalam cerita untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada pembaca atau pendengar agar mencontoh cara tokoh dalam cerita mengatasi masalah atau konflik yang dihadapinya.

  • Resolusi

Bagian resolusi adalah bagian terakhir dari struktur teks eksemplum. Pada bagian ini, pembaca atau pendengar akan diberikan gambaran tentang cara tokoh dalam cerita mengatasi masalah atau konflik yang dihadapinya.

Resolusi akan memberikan inspirasi dan motivasi kepada pembaca atau pendengar tentang bagaimana cara mengatasi masalah atau konflik dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, dalam sebuah dongeng anak-anak, tokoh dalam cerita biasanya mengatasi masalah atau konflik dengan menggunakan kecerdasan, keberanian, kejujuran, dan sifat-sifat positif lainnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada anak-anak agar mencontoh perilaku yang baik dan positif dalam kehidupan sehari-hari.

ciri ciri Teks Eksemplum

Teks eksemplum, atau contoh, adalah teks yang memberikan contoh atau ilustrasi tentang suatu topik atau peristiwa dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pemahaman yang lebih baik tentang topik tersebut. Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari teks eksemplum:

  1. Memberikan contoh konkret: Teks eksemplum selalu memberikan contoh yang konkret atau nyata. Contoh tersebut dapat berupa peristiwa, kejadian, objek, atau situasi.
  2. Memiliki tujuan pendidikan: Teks eksemplum sering kali memiliki tujuan pendidikan atau edukatif. Tujuan tersebut dapat berupa memberikan pemahaman yang lebih baik tentang suatu topik, atau memberikan inspirasi atau motivasi kepada pembaca.
  3. Menggunakan bahasa deskriptif: Teks eksemplum menggunakan bahasa deskriptif yang mendetail dan jelas untuk menggambarkan contoh yang diberikan. Bahasa tersebut digunakan untuk membantu pembaca memahami contoh yang disajikan.
  4. Memiliki struktur yang jelas: Teks eksemplum memiliki struktur yang jelas dan teratur, yang membantu pembaca memahami konten yang disajikan. Struktur tersebut dapat berupa pengenalan, pembahasan, dan kesimpulan.
  5. Mempunyai kesimpulan: Teks eksemplum selalu memiliki kesimpulan yang jelas dan ringkas. Kesimpulan tersebut dapat berupa pesan moral atau pelajaran yang dapat dipetik dari contoh yang diberikan.
  6. Memberikan ilustrasi: Teks eksemplum memberikan ilustrasi yang dapat membantu pembaca memahami suatu topik secara lebih baik. Ilustrasi tersebut dapat berupa gambar, tabel, atau grafik yang mendukung pembahasan yang ada dalam teks.
  7. Menggunakan contoh yang relevan: Teks eksemplum selalu menggunakan contoh yang relevan dengan topik yang sedang dibahas. Contoh tersebut digunakan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik dan untuk memperjelas konsep atau ide yang disajikan.
  8. Menghindari kebiasaan umum: Teks eksemplum sering kali menggunakan contoh yang menghindari kebiasaan umum atau klise. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesan membosankan atau tidak menarik bagi pembaca.
  9. Menjelaskan perbedaan dan kesamaan: Teks eksemplum sering kali memberikan penjelasan tentang perbedaan dan kesamaan antara contoh yang diberikan dan topik yang sedang dibahas. Hal ini dilakukan untuk memperjelas konsep dan untuk membantu pembaca memahami topik secara lebih baik.
  10. Memperlihatkan dampak: Teks eksemplum sering kali menunjukkan dampak dari contoh yang diberikan pada situasi atau kejadian yang sedang dibahas. Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang konsep atau ide yang sedang dibahas.

Dengan memperhatikan ciri-ciri teks eksemplum di atas, pembaca dapat lebih mudah mengidentifikasi teks jenis ini dan memahami konten yang disajikan.

jenis jenis Teks Eksemplum

Teks eksemplum, atau contoh, merupakan jenis teks yang digunakan untuk memberikan contoh atau ilustrasi tentang suatu topik atau peristiwa dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pemahaman yang lebih baik tentang topik tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis teks eksemplum:

  1. Narasi: Teks eksemplum jenis ini berisi kisah atau cerita yang memberikan contoh atau ilustrasi tentang suatu topik. Narasi dapat berupa fiksi atau nonfiksi, tergantung pada topik yang sedang dibahas.
  2. Deskripsi: Teks eksemplum jenis ini berisi deskripsi tentang suatu objek, tempat, atau situasi yang memberikan contoh atau ilustrasi tentang topik yang sedang dibahas. Deskripsi dapat berupa deskripsi visual, sensorik, atau lingkungan.
  3. Eksposisi: Teks eksemplum jenis ini berisi penjelasan atau argumentasi tentang suatu topik yang memberikan contoh atau ilustrasi tentang topik tersebut. Eksposisi dapat berupa uraian, definisi, atau analisis.
  4. Proses: Teks eksemplum jenis ini berisi penjelasan tentang suatu proses atau langkah-langkah yang memberikan contoh atau ilustrasi tentang topik yang sedang dibahas. Proses dapat berupa proses produksi, proses bisnis, atau proses teknologi.
  5. Persuasi: Teks eksemplum jenis ini berisi upaya persuasif untuk mempengaruhi opini atau sikap pembaca terhadap suatu topik. Contoh dalam teks persuasif biasanya digunakan untuk memberikan alasan atau bukti tentang topik yang sedang dibahas.
  3 contoh laporan perjalanan Pengertian langkah membuatnya

Dalam mengidentifikasi jenis teks eksemplum, penting untuk memperhatikan tujuan dan struktur teks tersebut. Dengan memahami jenis-jenis teks eksemplum di atas, pembaca dapat lebih mudah memahami dan mengidentifikasi teks jenis ini.

Fungsi Teks Eksemplum

Teks eksemplum, atau contoh, memiliki beberapa fungsi yang penting, antara lain:

  1. Memperjelas pemahaman: Fungsi utama dari teks eksemplum adalah untuk memperjelas pemahaman tentang suatu topik atau konsep dengan memberikan contoh atau ilustrasi yang relevan dan mudah dipahami.
  2. Memberikan bukti atau alasan: Teks eksemplum sering digunakan untuk memberikan bukti atau alasan tentang suatu argumen atau pendapat. Dengan memberikan contoh yang konkret, teks eksemplum dapat membantu memperkuat argumen atau pendapat yang disampaikan.
  3. Mempermudah pembelajaran: Teks eksemplum sering digunakan dalam pendidikan untuk membantu mempermudah pembelajaran. Dengan memberikan contoh yang konkret dan relevan, teks eksemplum dapat membantu siswa memahami konsep atau ide yang sedang dipelajari.
  4. Membuat konsep lebih mudah diingat: Dengan memberikan contoh yang konkret dan relevan, teks eksemplum dapat membantu pembaca atau pendengar untuk lebih mudah mengingat konsep atau ide yang sedang dipelajari.
  5. Menarik perhatian pembaca: Teks eksemplum yang menggunakan contoh-contoh yang menarik dan relevan dapat membantu menarik perhatian pembaca atau pendengar, sehingga membuat mereka lebih tertarik untuk membaca atau mendengarkan teks tersebut.
  6. Membuat teks lebih hidup: Teks eksemplum yang menggunakan contoh yang konkret dan menarik dapat membuat teks menjadi lebih hidup dan lebih mudah diingat oleh pembaca atau pendengar.

Dengan memperhatikan fungsi-fungsi di atas, teks eksemplum dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk membantu memperjelas pemahaman tentang suatu topik atau konsep, serta untuk memperkuat argumen atau pendapat yang disampaikan.

Tahapan membuat Teks Eksemplum

Berikut adalah tahapan dalam membuat teks eksemplum:

  1. Tentukan tujuan: Sebelum mulai menulis, tentukan tujuan teks eksemplum yang ingin Anda sampaikan. Tujuan ini dapat berupa memberikan contoh konkret tentang suatu topik, mengilustrasikan suatu konsep, atau memberikan bukti atau alasan untuk mendukung argumen atau pendapat.
  2. Tentukan topik: Pilih topik yang ingin Anda bahas dan pastikan topik tersebut relevan dengan tujuan Anda dalam menulis teks eksemplum.
  3. Kumpulkan contoh: Kumpulkan contoh-contoh yang relevan dan berkaitan dengan topik yang akan Anda bahas. Contoh dapat berupa kasus-kasus konkret, fakta, data statistik, atau ilustrasi.
  4. Rancang struktur teks: Rancang struktur teks eksemplum Anda, yang dapat mencakup pengenalan, penjelasan, dan contoh-contoh konkret yang relevan.
  5. Buatlah sketsa: Buatlah sketsa atau kerangka dari teks eksemplum yang akan Anda tulis. Sketsa ini akan membantu Anda memperjelas ide dan konten teks eksemplum Anda.
  6. Mulai menulis: Mulailah menulis teks eksemplum Anda dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan audience yang dituju. Gunakan contoh-contoh konkret yang relevan dan menggambarkan topik dengan baik.
  7. Periksa dan edit: Setelah menyelesaikan penulisan, periksa teks eksemplum Anda secara menyeluruh untuk memastikan bahwa tulisan Anda sesuai dengan tujuan, struktur, dan konten yang sudah ditentukan. Lakukan juga editing untuk memperbaiki kesalahan tata bahasa dan membuat teks eksemplum Anda lebih mudah dipahami dan menarik.

Dengan mengikuti tahapan di atas, Anda dapat membuat teks eksemplum yang efektif dan berkualitas tinggi, yang dapat membantu memperjelas pemahaman, memberikan bukti atau alasan, dan mempermudah pembelajaran.

Contoh Teks Eksemplum

Judul: Berbagi Kebaikan

Pengenalan: Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemukan orang yang membutuhkan bantuan atau dukungan. Ketika kita mampu memberikan bantuan atau dukungan itu, maka kita dapat menjadi pahlawan bagi orang tersebut. Cerita berikut ini menggambarkan tentang seorang pahlawan kecil yang memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan.

Komplikasi: Sari adalah seorang mahasiswa yang baru saja lulus dari perguruan tinggi. Suatu hari, ketika Sari sedang berjalan di kawasan pasar, dia melihat seorang ibu yang sedang berjualan sayuran dengan kondisi yang sangat memprihatinkan. Sayuran yang dijual ibu tersebut tampak layu dan tak segar lagi. Sari merasa iba dan bertanya kepada ibu tersebut mengapa sayurannya tampak begitu. Ibu tersebut menjelaskan bahwa dia tidak mampu membeli es batu untuk menjaga sayuran tetap segar selama berjualan.

Resolusi: Merasa iba dan ingin membantu, Sari membeli es batu untuk ibu tersebut dan membantunya menjaga sayurannya tetap segar selama berjualan. Ibu tersebut sangat terharu dengan tindakan Sari dan mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya. Sari merasa senang karena bisa membantu dan memberikan manfaat bagi orang lain.

Dalam cerita ini, Sari menjadi contoh atau teladan bagi pembaca atau pendengar. Tindakan Sari menunjukkan bahwa dengan memberikan bantuan atau dukungan kepada orang yang membutuhkan, kita dapat menjadi pahlawan kecil dalam kehidupan sehari-hari.

Judul: Kisah Raja Midas

  Pengertian Contoh Rumusan Masalah Jenis Fungsi Ciri Cara Membuat

Pengenalan: Raja Midas adalah seorang raja yang sangat kaya dan terkenal di kerajaannya.

Komplikasi: Namun, Raja Midas sangat serakah dan ingin memiliki segala-galanya, termasuk kekuasaan dan kekayaan yang lebih besar.

Resolusi: Seiring berjalannya waktu, Raja Midas menyadari bahwa kekayaan dan kekuasaan tidak dapat membeli kebahagiaan dan cinta. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk hidup sederhana dan membagikan kekayaannya kepada orang-orang yang membutuhkan.

Pesan moral: Kisah Raja Midas mengajarkan kita tentang pentingnya tidak terlalu serakah dan menghargai kebahagiaan dan cinta dalam hidup.

Judul: Kisah Burung Merpati dan Sosok yang Tulus

Pengenalan: Ada seorang burung merpati yang selalu mencari pasangan hidup yang sempurna.

Komplikasi: Namun, burung merpati tidak pernah menemukan pasangan hidup yang sempurna meskipun sudah mencoba beberapa kali.

Resolusi: Pada akhirnya, burung merpati menemukan sosok yang tulus dan mencintainya apa adanya. Mereka hidup bahagia dan saling mencintai.

Pesan moral: Kisah Burung Merpati dan Sosok yang Tulus mengajarkan kita tentang pentingnya mencintai dan menerima orang lain apa adanya, bukan mencari kesempurnaan yang tidak ada.

Judul: Kisah Anjing Setia

Pengenalan: Seorang petani memiliki seekor anjing yang sangat setia dan selalu menemaninya ke mana pun ia pergi.

Komplikasi: Suatu hari, petani tersebut harus pergi ke kota dan meninggalkan anjingnya di rumah.

Resolusi: Anjing tersebut menunggu dengan setia dan akhirnya petani kembali ke rumah dan mereka bersatu kembali.

Pesan moral: Kisah Anjing Setia mengajarkan kita tentang pentingnya kesetiaan dalam hubungan dan betapa berharganya seseorang yang selalu setia menemani kita.

Judul: Kisah Rakyat dan Raja yang Adil

Pengenalan: Di sebuah kerajaan, terdapat seorang raja yang sangat adil dan selalu memperhatikan kebutuhan rakyatnya.

Komplikasi: Namun, terdapat beberapa pejabat kerajaan yang korup dan hanya memikirkan kepentingan mereka sendiri.

Resolusi: Rakyat kemudian bersatu dan melaporkan perilaku korup pejabat kepada raja. Raja kemudian menindak pejabat yang korup dan memperbaiki tata kelola kerajaan untuk lebih adil.

Pesan moral: Kisah Rakyat dan Raja yang Adil mengajarkan kita tentang pentingnya memiliki kepemimpinan yang adil dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan rakyat.

Contoh Teks Eksemplum tentang Kejujuran

Kejujuran merupakan nilai moral yang sangat penting untuk dipegang teguh oleh setiap individu dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa kejujuran, tidak akan ada kepercayaan antara satu sama lain dan akan sangat sulit untuk membangun hubungan yang baik. Berikut adalah beberapa contoh teks eksemplum tentang kejujuran:

Contoh 1: Suatu hari, seorang siswa terkena masalah dengan tugas rumahnya dan dia tidak tahu bagaimana cara menyelesaikannya. Namun, dia memilih untuk jujur dengan guru dan mengatakan bahwa dia tidak bisa menyelesaikan tugasnya. Meskipun mendapatkan hukuman dari guru, namun dia merasa tenang dan merasa lebih baik daripada harus menipu dan merasa bersalah.

Contoh 2: Seorang atlet yang sedang bertanding di olimpiade terkena masalah kesehatan dan harus meminum obat terlarang untuk mengobatinya. Namun, ia memilih untuk jujur dengan panitia dan mengakui bahwa dia telah meminum obat terlarang. Akhirnya, dia didiskualifikasi dari pertandingan tersebut, namun dia merasa tenang karena telah memilih untuk jujur.

Contoh 3: Seorang karyawan sebuah perusahaan melihat bosnya melakukan tindakan yang curang dan melanggar aturan. Meskipun tahu bahwa melaporkan bosnya bisa berdampak buruk pada karirnya, namun dia memilih untuk jujur dan melaporkan kejadian tersebut ke pihak yang berwenang. Meskipun bosnya mengancam akan memberikan hukuman, dia merasa tenang karena telah melakukan yang benar.

Contoh 4: Seorang siswa memutuskan untuk meniru jawaban dari temannya saat ujian. Namun, pada saat yang sama, dia merasa bersalah dan memilih untuk jujur dengan guru tentang tindakannya. Akibatnya, dia mendapat hukuman berupa nilai nol dan harus mengulang ujian, namun dia merasa tenang karena telah mengakui kesalahannya.

Contoh 5: Seorang pengusaha yang sedang menghadapi masalah keuangan memutuskan untuk memalsukan laporan keuangannya agar terlihat baik di mata investor. Namun, dia memilih untuk jujur dengan investor dan mengakui bahwa laporan keuangannya tidak akurat. Meskipun ini bisa berdampak buruk pada bisnisnya, namun dia merasa tenang karena telah memilih untuk jujur.

Contoh 6: Seorang murid sekolah dasar menemukan dompet yang berisi uang tunai di dalamnya di sekolahnya. Meskipun ada keinginan untuk mengambil uang tersebut, namun dia memilih untuk jujur dan mengembalikan dompet tersebut ke pemiliknya. Pemilik dompet tersebut sangat terkejut dan senang karena masih ada orang yang jujur di dunia ini.

Contoh 7: Dulu ada seorang anak bernama Ani. Suatu hari, dia menemukan sebuah dompet yang berisi uang yang banyak di pinggir jalan. Ani merasa senang dan ingin mengambil uang itu untuk dirinya sendiri, tapi kemudian dia teringat kata-kata ibunya bahwa “kejujuran adalah jalan yang terbaik”. Akhirnya, Ani membawa dompet itu ke kantor polisi dan memberitahu petugas polisi bahwa dia menemukan dompet itu di pinggir jalan. Setelah beberapa hari, pemilik dompet datang ke kantor polisi untuk mengambil dompetnya dan memberikan Ani sebuah hadiah kecil sebagai ucapan terima kasih.

Contoh 8 : Pak Amir adalah seorang guru di sebuah sekolah dasar. Suatu hari, dia memberikan kuis matematika kepada murid-muridnya. Salah satu muridnya, Budi, melihat temannya mencontek dan mencatat jawaban-jawaban dari buku pelajaran. Budi merasa tidak enak hati karena dia tahu itu tidak jujur. Akhirnya, Budi memilih untuk mengerjakan kuis dengan jujur dan tidak mencontek seperti temannya. Meskipun hasilnya tidak sebaik temannya, Budi merasa senang karena dia telah berbuat jujur dan tidak menyalahi aturan.

Contoh 9 : Suatu hari, seorang siswa bernama Dani tertarik dengan gadget milik temannya. Tanpa sepengetahuan temannya, Dani mengambil gadget tersebut dan membawanya ke rumah. Setelah menyadari kesalahannya, Dani merasa sangat bersalah dan memutuskan untuk mengembalikan gadget tersebut ke temannya keesokan harinya dan meminta maaf. Temannya sangat terkejut dan menghargai kejujuran Dani, bahkan dia merasa senang karena gadgetnya kembali dan tidak hilang.

  165 Kata Kata Motivasi Hidup dari Orang Terkenal Sukses Singkat

Contoh Teks Eksemplum tentang Kegigihan

Kegigihan adalah salah satu nilai atau sifat yang sangat penting untuk dimiliki dalam kehidupan. Seseorang yang gigih akan terus berusaha dan berjuang untuk mencapai tujuan, meskipun menghadapi rintangan dan hambatan yang berat sekalipun. Berikut ini adalah contoh teks eksemplum tentang kegigihan.

Judul: Menjadi Pemenang dengan Kegigihan

Seseorang yang memiliki kegigihan dan tekad yang kuat dapat meraih kesuksesan yang besar. Hal ini dibuktikan oleh kisah sukses dari beberapa tokoh terkenal, seperti Thomas Alva Edison, Walt Disney, dan J.K. Rowling.

Thomas Alva Edison adalah seorang penemu terkenal yang memiliki lebih dari 1.000 paten. Namun, kesuksesannya tidak didapatkan dengan mudah. Edison mengalami banyak kegagalan dalam hidupnya, bahkan ketika mencoba menciptakan bola lampu listrik. Namun, ia tidak menyerah dan terus berusaha hingga akhirnya berhasil menciptakan bola lampu listrik yang bisa digunakan di rumah-rumah.

Sama halnya dengan Walt Disney, pendiri perusahaan Walt Disney Company yang terkenal dengan karakter kartun Mickey Mouse. Disney juga mengalami banyak rintangan dan kegagalan dalam hidupnya, termasuk kegagalan saat mencoba memasuki dunia film animasi. Namun, ia tidak putus asa dan terus berjuang hingga akhirnya berhasil menciptakan karakter kartun yang terkenal di seluruh dunia.

J.K. Rowling adalah penulis novel terkenal yang menulis seri Harry Potter. Namun, sebelum sukses dengan novelnya, Rowling juga mengalami banyak kegagalan dan rintangan dalam hidupnya. Bahkan, ia sempat hidup dalam keadaan miskin dan terpaksa hidup di sebuah apartemen kecil bersama anaknya. Namun, Rowling tidak menyerah dan terus menulis hingga akhirnya berhasil menyelesaikan novel Harry Potter yang menjadi buku terlaris di dunia.

Kesuksesan ketiga tokoh ini tidak didapatkan dengan mudah. Mereka semua mengalami banyak rintangan dan kegagalan dalam hidupnya. Namun, kegigihan dan tekad mereka yang kuat membuat mereka terus berusaha dan berjuang hingga akhirnya meraih kesuksesan besar.

Contoh Teks Eksemplum tentang Solidaritas Kelompok

Solidaritas kelompok adalah sebuah ikatan emosional dan kesetiaan yang mendorong individu-individu dalam kelompok tertentu untuk bersatu dan bekerja sama. Teks eksemplum tentang solidaritas kelompok dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya bekerja sama dan saling mendukung di dalam kelompok. Berikut adalah contoh teks eksemplum tentang solidaritas kelompok:

Ketika bencana alam melanda, kita sering kali menyaksikan bagaimana solidaritas kelompok muncul di tengah-tengah masyarakat. Salah satu contoh yang paling mengesankan adalah ketika gempa bumi dahsyat melanda Yogyakarta pada tahun 2006. Meskipun banyak korban jiwa dan kerugian material yang besar, namun masyarakat setempat dan sekitarnya segera bergotong royong untuk membantu para korban.

Salah satu cerita inspiratif yang muncul dari bencana ini adalah tentang sebuah kelompok masyarakat desa yang terdiri dari berbagai etnis dan agama. Meskipun mereka memiliki latar belakang yang berbeda-beda, namun mereka bersatu untuk membantu sesama yang terdampak gempa. Mereka mengumpulkan makanan, air, dan perlengkapan medis untuk dibagikan kepada para korban.

Tidak hanya itu, mereka juga bekerja sama untuk membersihkan puing-puing bangunan yang roboh dan membangun kembali rumah-rumah yang hancur. Meskipun tugas tersebut sangat berat dan melelahkan, namun mereka tetap semangat dan saling mendukung satu sama lain.

Cerita ini adalah contoh nyata tentang betapa pentingnya solidaritas kelompok di tengah-tengah bencana. Jika setiap orang hanya memikirkan dirinya sendiri, maka dampak bencana akan menjadi lebih besar dan lebih sulit untuk diatasi. Namun, jika setiap orang bersatu dan bekerja sama, maka kita dapat mengatasi setiap tantangan yang dihadapi dengan lebih mudah.

Kesimpulan

Teks eksemplum adalah jenis teks yang bertujuan untuk memberikan contoh tentang perilaku atau tindakan yang baik dan positif bagi kehidupan sehari-hari. Struktur teks eksemplum terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pengenalan (orientation), komplikasi, dan resolusi. Pengenalan akan memperkenalkan latar belakang cerita atau narasi, sedangkan komplikasi menggambarkan tentang masalah atau konflik yang dihadapi oleh tokoh dalam cerita. Bagian resolusi menggambarkan tentang cara tokoh dalam cerita mengatasi masalah atau konflik yang dihadapinya.

Contoh teks eksemplum dapat ditemukan dalam berbagai jenis teks, seperti cerita pendek, dongeng, fabel, legenda, mitos, dan lain sebagainya. Teks eksemplum sangat berguna untuk memberikan inspirasi dan motivasi bagi pembaca atau pendengar, sehingga dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang nilai-nilai yang baik dan positif dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam menjelaskan teks eksemplum, penting untuk memperhatikan struktur teksnya agar dapat memberikan pesan yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar. Bagian pengenalan harus mampu memperkenalkan tokoh atau situasi yang akan dijadikan contoh, sedangkan bagian komplikasi harus mampu menggambarkan masalah atau konflik yang dihadapi oleh tokoh dalam cerita. Bagian resolusi harus mampu menggambarkan tindakan atau perilaku tokoh yang baik dan positif yang dapat dijadikan contoh atau teladan bagi pembaca atau pendengar.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat mengambil inspirasi dari cerita atau narasi dalam teks eksemplum untuk melakukan tindakan atau perilaku yang baik dan positif bagi diri sendiri dan orang lain di sekitar kita. Misalnya, dengan membantu orang yang membutuhkan, menghargai perbedaan, mematuhi aturan, dan lain sebagainya.

Dalam era digital seperti saat ini, teks eksemplum dapat dijumpai di berbagai media, seperti buku, majalah, situs web, video, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penting untuk terus membaca dan mengonsumsi teks eksemplum agar dapat mengambil inspirasi dan motivasi untuk melakukan tindakan atau perilaku yang baik dan positif dalam kehidupan sehari-hari.