Pengertian, Jenis, Sejarah , Manfaat, Olahraga, Tujuan

Pengertian, Jenis, Sejarah , Manfaat, Olahraga – Secara umum definisi olahraga ialah sebagai salah satu kegiatan fisik maupun psikis seseorang yang bermanfaat untuk mengawal dan menambah kualitas kesehatan seseorang sesudah olahraga. “Olahraga” datang dari bahasa Perancis Kuno desport yang bermakna “kesenangan”, serta definisi berbahasa Inggris tertua ditemukan seputar th. 1300 yaitu “segala urusan yang menyenangkan serta menghibur guna manusia”. Olahraga ialah satu diantara sumber utama dari hiburan karenanya ada penyokong olahraga yang lazimnya terbagi dalam sejumlah besar orang dan dapat disiarkan lebih luas lagi lewat tayangan olahraga.

Olahraga ialah kesibukan yang benar-benar utama untuk mengawal kesehatan seorang dan satu diantara teknik utama guna mereduksi stress. Dan juga satu tingkah laku aktif yang mengaktifkan metabolisme serta memengaruhi guna kelenjar didalam badan guna menghasilkan system kekebalan badan dalam usaha mengawal badan dari masalah penyakit dan stress. Oleh karenanya, benar-benar dianjurkan pada tiap-tiap orang guna lakukan kegiatan olahraga dengan teknik teratur serta tersetruktur dengan baik.

Pengertian Olahraga Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

  • Sedangkan Pengertian Olahraga menurut keterangan dari kamus menyeluruh bahasa Indonesia ialah kata olahraga adalah kata kerja yang ditafsirkan gerak badan supaya sehat.
  • Berdasarkan keterangan dari Ir Soekarno Olahraga ialah sebuah perangkat yang dapat dipakai untuk mengemban 3 destinasi revolusi Indonesia, yaitu: Negara Kesatuan RI yang kuat, Masyarakat adil dan makmur dan Tata dunia baru.
  • Edward mengaku bahwa olahraga dilaksanakan harus spontan sejak konsep bermain, games atau permainan dan sport juga.
  • Jessica Dolland menyampaikan bahwa olahraga merupakan suatu pereda stress atau desakan yang paling baik.
  • Hans Tandra menuliskan bahwa olahraga adalah sebuah gerakan dari tubuh yang berirama atau memiliki irama dan tertata guna membetulkan serta menambah kebugaran tubuh.
  • Kathryn Marsden berasumsi bahwa olahraga merupakan tindakan pengusir stress atau desakan terbaik yang pernah ditemukan.
  • Suryanto Rukmono memiliki persepsi bahwa olahraga merupakan suatu kegiatan atau kegiatan untuk tubuh yang diperuntukkan supaya badan terasa sehat dan pun kuat secara rohani maupun jasmani.

Sejarah olahraga

Terdapat artefak dan struktur yang mengindikasikan bahwa China melakukan pekerjaan olahraga semenjak 2000 SM. Senam kelihatannya adalaholahraga yang biasa di masa kuno China. Monumen untuk semua Firaun mengindikasikan bahwa sebanyak olahraga, tergolong renang dan memancing, ialah olahraga yang berkembang dengan baik dan secara rutin sejumlah ribu tahun yang kemudian di Mesir kuno. Olahraga beda yang biasa dilaksanakan di Mesir antara beda lempar lembing, loncat tinggi, dan gulat. Sementara, olahraga pada zaman Persia kuno laksana seni bela diri tradisional Iran Zourkhaneh mempunyai hubungan dekat dengan kemampuan perang. Di antara olahraga lainnya yang berasal dari zaman Persia kuno ialah polo dan jousting.
Berbagai macam olahraga disempurnakan pada zaman Yunani Kuno dan kebiasaan militer dan pengembangan olahraga di Yunani memprovokasi satu sama lain. Olahraga menjadi sebuah bagian urgen dari kebiasaan mereka dan butuh diketahui bahwa Yunani yang telah membuat Olimpiade, yang pada zaman dahulu diselenggarakan setiap empat tahun di suatu desa kecil di Peloponnesus dinamakan Olympia.
Olahraga sudah semakin terorganisir dan ditata dari ketika Olimpiade kuno sampai abad ini. Industrialisasi telah membawa waktu luang bertambah menjadi penduduk negara maju dan berkembang, yang mengakibatkan lebih tidak sedikit waktu untuk warga guna menghadiri dan mengekor olahraga penonton, partisipasi yang lebih banyak dalam pekerjaan atletik, dan menambah aksesibilitas. Trend ini dilanjutkan dengan perjalanan media massa dan komunikasi global. Profesionalisme menjadi umum, lebih jauh untuk menambah popularitas olahraga tersebut, sebagai peminat olahraga orang-orang mulai mengikuti pemerasan dari atlet profesional melewati radio, televisi, dan internet-semua seraya menikmati pelajaran dan persaingan yang bersangkutan dengan partisipasi amatir dalam olahraga.

Manfaat Olahraga

  • Menjauhkan dari pelbagai penyakit

Manfaat kesatu dari olahraga ialah meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak gampang terserang penyakit. Kathleen Zelman, MPH, RD, LD, direktur kesehatan WebMD, menjelaskan saat olahraga tubuh bakal lebih bebas bergerak. Ini akan merangsang proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hasilnya tubuh lebih sehat dan powerful serta tak gampang terserang penyakit.

  • Membuat tubuh lebih tegap

Gerakan yang dilaksanakan saat olahraga memicu semua unsur tubuh supaya lebih fleksibel. Otot tubuh pun menjadi lebih lentur dan tidak kaku. Untuk anak-anak olahraga amat urgen untuk menunjang postur tubuhnya. Berdasarkan keterangan dari Kathleen, anak yang teratur berolahraga semenjak kecil bakal mempunyai postur tubuh yang tegap dan tidak menunduk saat berjalan.

  • Merangsang perkembangan ideal

Saat tubuh dipakai untuk beraktivitas, kalori yang terdapat di dalamnya bakal terbakar lebih sempurna. Kathleen menyatakan kalori ini bakal diproses menjadi energi secara borongan tanpa terdapat yang tersisa dan berpotensi memunculkan tumpukan lemak tubuh. Tubuh menemukan suplai nutrisi yang lumayan untuk melancarkan proses perkembangan dan pertumbuhan secara ideal.

  • Meningkatkan daya pikir

Di samping bermanfaat untuk fisik tubuh, Kathleen pulang menjelaskan andai olahraga teratur pun mempunyai peran yang baik untuk menambah daya pikir anak. Buah dari kegiatan fisik yang dilaksanakan secara rutin menciptakan otak lebih tercukupi asupan gizinya. Otak berkembang secara rutin dan menciptakan si kecil lebih pintar ketika proses belajar tiba.

  • Meningkatkan nafsu makan

Kebaikan ini barangkali yang amat diperlukan oleh si kecil. Gerakan yang dilaksanakan saat berolahraga memicu organ pencernaan pun aktif bergerak. Organ pencernaan bakal bekerja lebih optimal guna menyesuaikan keperluan energi untuk tubuh. Makanan yang masuk ke dalam perut bakal terproses secara borongan dan menciptakan si kecil akhirnya merasakan lapar. Dia juga akan santap lebih lahap pelbagai hidangan sehat yang telah Anda sajikan.

Faktor-faktor yang mempengarui kegiatan olahraga

ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang dalam mlakukan kegiatan olahraga diantaranya:
1. kegiatan olahraga yang bertujuan hanya sebatas rekreasi
2. kegiatan olahraga yang bertujuan untuk tujuan pendidikan
3. kegiatan olahraga yang bertujuan untuk mencapai kesehatan jasmani tertentu
4. kegiatan olahraga yang bertujuan untuk mencapai prestasi

Dalam hal ini perlu kita garis bawahi dalam poin no 4 yaitu pencapaian prestasi, hal ini bisa dicapai jika ada faktor pendukung yaitu faktor eksogen dan faktor endogen

Faktor eksogen: Adalah faktor yang berupa ciri-ciri yang melekat pada aspek fisik dan fisikis seseorang atlit.

Faktor endogen: Adalah faktor yang muncul dari luar diri atlit (individu) baik yang terdapat di lingkungan tempat berlatih, maupun di lingkungan yang lebih umum.

Tujuan Olahraga

Setiap orang yang melaksanakan kegiatan olahraga tentunya mempunyai tujuan-tujuan yang beragam. Ada yang sebatas hoby, terdapat yang guna menurunkan berat badan, terdapat yang hendak otot-ototnya meningkat besar, terdapat yang berolahraga guna bermain, ada guna memulihkan situasi tubuhnya karna sakit, terdapat orang yang berolahraga karna adalahsalah satu mata latihan disekolahnya, terdapat untuk mengekor kejuaraan laksana PORKAB, PORPROV, PON, SEA GAMES dan masih tidak sedikit lagi tujuan-tujuan orang mengemban olahraga.
Dengan demikian, olahraga disaksikan dari tujuannya dipisahkan menjadi sejumlah kelompok, yaitu:

  1. Olahraga Pendidikan, dipakai dalam kurikulum pendidikan
  2. Olahraga Rekreasi, dipakai untuk bersenang-senang, bergembira
  3. Olahraga Prestasi, dipakai dalam kejuaraan, dilombakan
  4. Olahraga Rehabilitas, dipakai untuk memperbaiki suasana tubuh seseorang

Jenis Jenis Olahraga

  • Akuatik

Satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Sea Games ialah cabang olahraga akuatik. Cabang olahraga yang satu ini adalaholahraga yang semuanya sehubungan dengan air. Jadi cabang olahraga laksana berenang, polo air, lompat indah, dan masih tidak sedikit olahraga air lainnya juga diikutkan dalam Sea Games. Seperti diketahui masing-masing olahraga tersebut seringkali akan dipecah menjadi sejumlah nomor pertandingan yang bertolak belakang sesuai karakteristiknya.

  • Panahan

Seperti diketahui cabang olahraga panahan adalahcabang olahraga yang dipertandingkan baik oleh perorangan maupun regu. Pertandingan panahan ini adalah pertandingan yang diadaptasi dari kelaziman memburu insan bahkan semenjak 5000 tahun yang lalu. Cabang panahan diperlombakan dengan nomor yang berbeda-beda pula. Berbagai kompetisi panahan dilaksanakan dengan perangkat panah pun busur yang ditargetkan pada target yang berbeda lain jaraknya, bergantung pada nomor olahraga panahan tersebut sendiri.

  • Atletik

Pertandingan olahraga di belahan bumi manapun, tentunya tidak bakal pernah meninggalkan pertandingan atletik. Seperti diketahui, cabang olahraga atletik adalahcabang dengan nomor pertandingan terbanyak dalam pertandingan olahraga. Berbagai pertandingan atletik mulai dari berlari, melompat, melempar, dan masih tidak sedikit nomor pertandingan lainnya. Sebagai pertandingan yang populer di dunia, tentu paling disayangkan andai tidak terdapat atlet dari Asia Tenggara yang bisa mewakili di nomor atletik. Oleh karena itu, Sea Games juga terus menjaga cabang olahraga ini sebagai cabang olahraga yang tentu dipertandingkan masing-masing perhelatannya. Jadi cabang olahraga atletik pun tidak jarang disebut sebut sarang medali terbanyak guna diperebutkan.

  • Bulutangkis

Bagi masyarakat Indonesia, cabang olahraga badminton adalahcabang olahraga yang sangat diandalkan guna mendapatkan emas. Sesuai sejarah, tidak pernah sekalipun cabang olahraga badminton tidak menyumbangkan emas. Atlet-atlet badminton Indonesia juga memang diketahui populer dan berkelas dunia. Oleh karena itu, pertandingan badminton pun adalahpertandingan yang paling dirindukan tunggu oleh masyarakat. Bahkan sampai ketika ini, Sea Games tidak jarang kali menargetkan emas pada cabang olahraga bulutangkis.

  • Bola Basket

Satu lagi jenis pertandingan olahraga yang tidak absen di pertandingan Sea Games. Seperti diketahui bola basket adalaholahraga dengan target memasukkan bola ke keranjang dalam lapangan yang relative kecil. Olahraga ini kesatu kali dilahirkan idenya oleh seorang guru sekaligus dokter mempunyai nama dr. James Naismith. Teknik dasar bola basket ini dilaksanakan di dalam ruangan tertutup. Sehingga banyak sekali negara dingin populer dengan olahraga ini, sebagai teknik menghabiskan masa-masa di musim dingin.

  • Biliar dan Snooker

Cabang olahraga Biliar dan Snooker ialah cabang olahraga baru yang dipertandingkan di Sea Games 2017. Pertandingan ini dilaksanakan baik oleh nomor putra maupun putri. Setidaknya dalam Sea Games terakhir terdapat 8 negara yang mengikutinya. Secara keseluruhan, minimal dapat dicerminkan bahwa atlet Singapore dan Filipina ialah atlet yang sukses menguasai pertandingan ini.



  • Tinju

Tinju ialah pertandingan olahraga yang pun dipertandingkan dalam Sea Games. Seperti yang telah diketahui dalam masyarakat, pertandinga tinju adalahpertandingan cabang bela diri yang dilaksanakan dengan mengerjakan pukulan memakai kedua tangan. Perbedaan cabang olahraga tinju dengan olahraga bela diri lainnya ialah karena cabang olahraga tinju tidak memakai kaki.

  • Kriket

Olahraga kriket adalaholahraga yang dipopulerkan oleh masyarakat Inggris. Permainan ini mempunyai tujuan guna mendapatkan angka yang terbanyak. Pertandingan ini memakai alat pemukul yang dinamakan “bat” dan pun bola. Permainan ini dilangsungkan kurang lebih sekitar enam jam masing-masing harinya sampai hari kelima bisa diselesaikan.

  • Sepeda

Olahraga bersepeda adalahjenis olahraga yang tidak jarang dipertandingkan di sekian banyak macam pertandingan olahraga. Jika kamu ingin mengetahui, cabang olahraga sepeda ini diketahui adalahcabang olahraga dengan nomor yang lumayan banyak. Sedikitnya cabang olahraga sepeda ini dilaksanakan dalam sejumlah nomor menurut jaraknya. Sehingga atlet terbagi menjadi sejumlah nomor pertandingan.

  • Berkuda

Satu lagi cabang olahraga yang tidak cukup diketahui oleh masyarakat bahwa dipertandingkan dalam Sea Games ialah olahraga berkuda. Olahraga berkuda cocok namanya dilaksanakan pertandingan kecepatan antar kuda yang dilaksanakan oleh penunggang kuda tersebut. Kuda yang kesatu hingga di garis finish ialah kuda yang memenangkan pertandingan.

  • Anggar

Olahraga anggar ialah satu lagi jenis olahraga bela diri yang dilaksanakan dengan memakai senjata laksana pedang. Teknik kiat dalam pertandingan anggar dilaksanakan dengan menusuk, menangkis, serta mencukur serangan dari lawan. Oleh karena itu diperlukan kelincahan tangan dan kaki guna dapat menghentikan serangan lawan dalam sebuah pertandingan.

  • Sepakbola

Sepakbola ialah jenis olahraga yang digilai oleh masing-masing masyarakat tidak memandang bulu dan ras. Kegilaan terhadap olahraga sepakbola juga merambah sampai masyarakat di Asia Tenggara. Oleh karena itu, sepakbola juga dipertandingkan dalam Sea Games. Pertandingan olahraga dalam Sea Games pun termasuk pertandingan yang sangat panas dan ditunggu-tunggu.

  • Golf

Golf adalah olahraga yang lumayan eksklusif dalam masyarakat. Namun ternyata olahraga ini juga ada nomor pertandingannya dalam Sea Games. Pertandingan golf dilaksanakan dalam sejumlah nomor pertandingan untuk. Tujuan dari olahraga golf ini dilaksanakan untuk memasukkan bola golf (kecil) ke dalam lubang yang terdapat di jarak jauh.

  • Senam

Tahukah kamu bahwa senam pun pun turut dipertandingkan dalam perhelatan Sea Games. Senam adalaholahraga yang dilaksanakan dalam urut urutan gerakan guna melatih jasmani juga otot. Olahraga senam ini dipertandingkan pun dalam sejumlah nomor yang berbeda. Sehingga, masing-masing nomornya menghasilkan pemenang yang bertolak belakang juga.

  • Hoki

Hoki adalah jenis olahraga yang pastinya pun tidak boleh absen dalam perhelatan Sea Games. Jenis olahraga hoki adalaholahraga yang dilaksanakan dengan sebuah alat penggiring pun ring hoki. Lapangan hoki adalahlapangan kecil yang bertekstur licin untuk mempermudah ring bola hoki diperebutkan. Terakhir perebutan hoki diselesaikan dengan suatu goal ke ring lawan.

  • Hoki Es

Sama laksana cabang olahraga hoki sebelumnya, hoki es pun dilaksanakan dengan suatua lat penggiring dan pemukul serta bola yang diperebutkan. kita yang mengekor olahraga hoki es, tentu akan tahu bahwa perbedaannya dengan hoki biasa terletak pada lapangannya. Hoki es dilaksanakan pada lapangan yang tercipta dari lapisan es.

  • Ice Skating

Selanjutnya, Sea Games pun diketahui mempertandingkan cabang olahraga Ice Skating. Para atlet bersaing lomba di atas ring es guna mendapatkan evaluasi terbaik. Namun, apa kriteria penilaiannya bisa berbeda lain sesuai nomor yang dipertandingkan. Olahraga Ice Skating ini dilaksanakan dengan perlengkapan khusus supaya memudahkan gerak di atas es.

  • Judo

Judo adalah cabang olahraga bela diri yang pun dipertandingkan sekitar Sea Games berlangsung. Olahraga Judo ini diketahui adalahjenis olahraga yang dipopulerkan oleh masyarakat Jepang. Hanya tidak banyak saja perbedaan teknik yang dipakai dengan olahraga bela diri lainnya. Itulah sebabnya menjadi menarik pun untuk dapat menonton pertandingannya.

  • Karate

Karate ialah satu lagi olahraga bela diri dari negara Jepang yang dipertandingkan pada ajang Sea Games. Sebenarnya cabang olahraga karate ini tidak melulu populer guna masyarakat Asia. Berdasarkan data yang didapatkan, negara negara unsur barat juga tidak sedikit yang memakai karate sebagai teknik bela dirinya. Itulah sebabbnya olahraga karate dan sejarahnya termasuk populer sampai saat ini.

  • Lawn Balls

Olahraga lawn balls adalahjenis olahraga yang bertujuan guna menggulingkan bola ke jarak terdekat dari bola yang lebih kecil dan disebut “jack: atau :”kitty”. Pemain dengan bola dengan jarak terdekat kemudian ditetapkan sebagai pemenang. Permainan ini dilaksanakan pada meja hijau bowling.

  • Muay Thai

Siapakah masyarakat Indonesia yang tidak mengenal olahraga bela diri Muay Thai? Apalagi akhir-akhir ini tidak sedikit artis yang turut mempopulerkan olahraga yang satu ini. Sebagai di antara olahraga bela diri, pastinya muay thai dilakukan dengan destinasi utama mengajar seseorang mempunyai teknik kiat bertarung yang baik.

  • Bola Jaring

Tahukah kamu apa tersebut olahraga bola jaring? Bagi kamu yang sekilas saja melihatnya tentu kamu akan menduga olahraga ini sebagai olahraga basket. Padahal olahraga bola jaring telah terpisah dari bola basket semenjak tahun 1890an. Pertandingan kebanyakan dilaksanakan oleh wanita, sebab memang sejarah perkembangannya dirasakan oleh latar belakang keterbatasannya mengerjakan olahraga tertentu.

  • Pencak Silat

Olahraga pencak silat adalahsatu lagi jenis olahraga bela diri, selain sejumlah jenis olahraga bela diri populer beda di pertandingan Sea Games. Pencak silat ini ialah bela diri yang pribumi berasal dari Indonesia, sampai-sampai malu rasanya andai Indonesia tidak dapat memenangkan pertandingan ini.

  • Petanque

Olahraga petanque adalahjenis olahraga yang diadaptasi dari permainan tradisional negara Prancis. Target dari permainan ini ialah mencapai target terdekat. Jika setiap lawan memiliki keterampilan yang sama hebatnya, maka pasti saja petanque bakal berjalan paling lama pertandingannya. Itulah sebabnya rugby pun paling seru untuk ditonton dalam perhelatan pertandingan.

  • Rugby

Rugby adalah jenis olahraga yang paling dielukan kepopulerannya di Amerika Serikat. Sayangnya, hobi akan jenis olahraga ini tidak terlampau banyak. Target dari permainan ialah melindungi satu bola yang diperbuatkan. Biasanya pemain rugby bakal mempunyai tubuh yang besar dan berotot untuk mengayomi bola semaksimal mungkin.

  • Sailing

Sailing ialah olahraga yang dilaksanakan dengan kapal yang lantas didayung. Itulah sebabnya olahraga ini pun dikenal sebagai olahraga mendayung. Olahraga mendayung ini diperebutkan pada nomor perorangan ataupun beregu. Target pendayungan ialah seberapa jauh jarak mendayung yang sukses dicapai oleh masa-masa tercepat.

  • Sepak Takraw

Sepak takraw ialah olahraga yang serupa seperti sepak bola, melulu saja memakai net dan lapangannya juga lebih kecil dari lapangan pada umumnya. Jenis olahraga sepak takraw ini adalaholahraga yang pun tidak kalah seru guna dipertandingkan. Keunikan beda dari permainan ini ialah bola yang dipakai terbuat dari bahan laksana kayu.

  • Menembak

Sea Games pun mempertandingkan olahraga menembak dalam pertandingannya. Olahraga menembak ini ialah olahraga yang dilaksanakan dengan senjata eksklusif dan target yang disiapkan. Ada target yang tidak bergerak dan pun target bergerak. Sehingga pertandingan menembak pun adalah cabang yang tidak kalah serunya.

  • Squash

Squash pun dikenal sebagai olahraga tenis mini. Jenis olahraga ini selain bertolak belakang ukuran dengan tenis, pun diketahui mempunyai lapangan yang berbeda. Squash dilaksanakan di lapangan dalam ruangan dengan bola yang dipukulkan kea rah tembok sebagai pertandingan. Olahraga squash ini adalaholahraga yang tidak kalah menariknya akhir-akhir ini.

  • Tenis Meja

Siapa yang tidak mengenal olahraga yang satu ini, permainan tenis meja dan kepopulerannya memang telah lama merambah masyarakat Indonesia. Olahraga laksana tenis yang dilaksanakan di lapangan berbentuk meja, dengan bola pingpong ini memang sangat unik untuk dilakukan. Jenis olahraga tenis meja juga diketahui ialah olahraga yang populer di kalangan muda mudi ketika ini, sampai-sampai pertandingannya di Sea Games masih terus dipertahankan.

  • Taekwondo

Setelah mengetahui sekian banyak jenis olahraga bela diri sebelumnya, ternyata terdapat satu lagi olahraga bela diri yang dipertandingkan di Sea Games. Taekwondo ialah olahraga bela diri asal negeri Korea yang juga tidak sedikit dipertandingkan di tingkat dunia. Termasuk pun dalam pertandingan Sea Games yang mempertandingkan taekwondo secara berkala.

  • Tennis

Tenis ialah olahraga memakai raket yang pun paling tinggi prestisenya guna diperebutkan. Siapa saja hendak menyaksikan pertandingan yang unik ini. Belum lagi olahraga tennis ini pun adalahnomor yang sangat populer di tingkat dunia. Jadi pertandingan tennis juga sangat dianjurkan untuk tetap dijaga pertandingannya di Sea Games.

  • Bowling

Bowling adalah olahraga yang sering dirasakan bukan olahraga. Olahraga jenis ini dilaksanakan dengan memukul 10 pin memakai bola bowling. Jika pemain sukses menjatuhkan 10 pin secara keseluruhan, maka pemain ditetapkan memenangkan pertandingan. Jadi pemain mesti mempunyai pukulan bola yang tepat sasaran.

  • Triathlon

Gabungan tiga olahraga dalam satu pertandingan dikenal dengan nama Triathlon. Tiga pertandingan tersebut ialah pertandingan berenang, bersepeda, dan lari. Jika dalam sebuah pertandingan berbeda, maka barangkali saja jarak setiap nomor akan bertolak belakang pula. Sebab itu, nomor olahraga ini pun tergolong nomor yang paling unik untuk dipertandingkan.

  • Bola Voli

Bola voli ialah olahraga yang dilaksanakan dengan melempar dan memukul bola voli antar lawan. Olahraga bola voli ini dilaksanakan pada sebuah lapangan dalam ruangan. Biasanya ketentuan dalam permainan bola voli juga dilaksanakan dengan menukar pukulan serta smash keras antar pemain yang bertanding di lapangan.

  • Ski Air

Olahraga ski air adalaholahraga yang dilaksanakan seperti ski, namun di atas air pertandingan dilaksanakan. Akan tidak sedikit atraksi keren berlahiran sebagai tanda dimulainya pertandingan ini. Ski air sendiri tergolong nomor yang tidak cukup populer dalam masyarakat, sebab terkesan mahal untuk dilaksanakan oleh orang biasa.

  • Angkat Besi

Olahraga angkat besi ialah salah satu nomor donatur wajib medali emas guna Indonesia. Cabang ini mempertandingkan atlet dengan keterampilan mengusung beban sangat berat. Jika pemain tersebut dapat mengusung beban terberat, maka ia ialah pemenangnya. Oleh karena itu, atlet angkat besi biasanya ialah atlet atlet dengan otot yang besar besar.

  • Wushu

Wushu ialah cabang olahraga terakhir yang terdapat dalam Sea Games. Olahraga wushu ini diketahui merupakan pun olahraga bela diri yang memiliki teknik jurus tertentu guna melumpuhkan lawan. Indonesia juga diketahui lumayan langganan menyabet medali emas dari nomor pertandingan ini.

Share