Penggolongan Musik Ansambel

Penggolongan Musik Ansambel – Musik ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik tertentu, serta memainkan lagu-lagu dengan aransemen sederhana.

Penggolongan Musik Ansambel

1. Pengelompokan alat musik berdasarkan sumber yang mengeluarkan bunyi musik terbagi dalam empat kelompok besar, yaitu berikut.
  • Kelompok alat musik memberanophone, yakni kelompok alat musik yang menggunakan selaput sebagai sumber bunyi dalam musik. Selaput ini ada yang mengeluarkan nada terentu serta pada pula yang tidak mengeluarkan nada.

 

  • Kelompok alat musik aerophone, yakni kelompok alat musik yang mengunakan getaran udara sebagai sumber bunyi dalam musik. Cara pemunculan bunyi pada kelompok alat musik ini dilakukan dengan cara mengembuskan udara pada alat musik (biasanya dalam bentuk lubang-lubang ke nada yang diatur. Alat musik pada kelompok ini adalah semua jenis alat musik tiup, seperti seruling, saxophone, trombone, horn tuba, rekorder, flute, clarinet, dan lain-lain.

 

  • Kelompok alat musik idiophone, yakni kelompok alat musik yang menggunakan bilahan loga, bambu, atau kayu dijadikan sumber bunyi dalam musik. Bilangan-bilangan ini hanya dapat mengeluarkan nada jika berbenturan dengan nada lain dengan cara dipukul atau digerakan. Alat musik yang termasuk dalam kelompok ini adalah arumba, kolintang, angklung, gamelan, vibraphone, xylophone, dan sejensnya.

 

  • Kelompok alat musik chordophone, yakni kelompok alat musik yang menggunakan beberapa sumber nada yang bersamaan sehingga membentuk paduan nada yang harmonis. Alat musik yang dapat digolongkan pada kelompok ini adalah gitar, piano, organ, arkodeon, harpa, dan sejenisnya. Sumber bunyi yang dikeluarkan daerupa dawai, bilahan nada atau komponen elektronik yang diatur sedemikian rupa seperti pada keyboard elektrik.

 

2. Pengelompokan alat musik berdasarkan fungsinya dalam pergelaran yaitu berikut.
 
  • Alat musik melodis
Alat musik melodis adalah alat musik yang digunakan untuk memainkan rangian nada-nada melodi sebuah lagu. Misalnya biola, rekorder, dan lain-lain.
  • Alat musik rimtis
Alat musik rimtis adalah alat musik yang dalam permainanya memberikan irama (ritme) tertentu dalam pergelaran musik.. Hal ini juga berhubungan dengan ketukan (pulsa) dan birama. Uang termasuk alat musik ritmis adalah kendang, tifa, ba, gong, tamborin, dan kelompok drum.
  • Alat musik harmonis
Alat musik harmonis adalah alat musik yang didalam permainannya lebih berperan sebagai pembawa paduan nada (akor). Misalnya gitar, ukulele, kolintang pengirim, dan banjo. Alat musik harmoni sebenarnya bisa berdiri sendiri dalam hal melodi, ritme, maupun paduan penggiringaanya. Karena alasan ini para ahli menyebut alat musik harmonis sebagai alat musik soliter.
Share