Pengertian Akar serabut,ciri–ciri,fungsi,contoh Akar Serabut


Pengertian Akar serabut,ciri–ciri,fungsi,contoh Akar Serabut – Akar adalah bagian tumbuhan yang masuk ke dalam tanah dan memiliki banyak peran bagi tumbuhan itu sendiri misalnya menyerap air, mineral untuk di bawa ke bagian tumbuhan yang membutuhkan. Akar pada tumbuhan dibedakan atas akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut adalah akar yang keluar dari bagian pangkal batang dan terlihat bergerombol untuk menggantikan akar tunggang yang tidak mengalami perkembangan. Akar serabut memiliki bentuk seperti anyaman akar yang berbentuk seperti benang, akar ini menyebar di bawah tanah.

Ciri ciri Akar serabut
Ciri ciri akar serabut sangat berbeda dengan akar tunggang, namun sering kali kita sulit mengidentifikasi apakah sebuah akar itu serabut atau tunggang. Nah berikut ini ciri ciri akar serabut
– Bentuk akar serabut mirip serabut
– Ukuran akar serabut relatif kecil,
– Tempat tumbuhnya pada bagian pangkal batang,
– Besar setiap akar serabut cenderung hampir sama semua
– Akar serabut biasanya dimiliki oleh tumbuhan berkeping satu (monocotil) seperti kelapa, jagung, padi.
– Akar serabut tidak begitu dalam tertancap ke tanah.
– Akarnya bercabang – cabang,
– Sistem perakaran serabut lemah sehingga pohonnya mudah rebah bila di tiup angin kencang.

Fungsi Akar serabut
Fungsi akar serabut adalah untuk membuat tanaman menjadi kokoh walaupun ternyata perakaran serabut lebih lemah dibandingkan dengan akar tunggang. Fungsi lain dari akar serabut adalah untuk menyerap air dan zat – zat mineral dari dalam tanah menuju ke bagian tubuh yang membutuhkan.

Tumbuhan akar serabut
Tumbuhan akar serabut banyak jenisnya di dunia ini termasuk di indonesia, berikut ini adalah beberapa contoh tumbuhan akar serabut yang sering kita lihat Pohon Kelapa (Cocos nucifera), pisang (Musa paradisiaca), Padi (Oryza sativa), rumput (Poa annua), tebu (Saccharum officinale), pepaya (Carica papaya), Salak (Salacca edulis), jagung (Zea mays), pinang (Areca catechu), anggrek (Orcidaceae).


Pengertian Akar serabut,ciri–ciri,fungsi,contoh Akar Serabut | jati | 4.5