Pengertian, Macam gaya, Sejarah,Manfaat, Renang

Pengertian, Macam gaya, Sejarah,Manfaat, Renang – Renang adalah salah satu olahraga air yang paling menyehatkan tubuh. Karena ketika berenang semua anggota tubuh ikut bergerak, sampai-sampai olahraga ini adalah sebuah olahraga yang kompleks guna kesehatan semua tubuh. Namun dalam berenang anda harus memiliki keahlian, karena andai tidak maka saya dan anda bisa saja tenggelam.

Pengertian Renang

Renang adalah salah satu cabang olahraga aquatik. Renang ialah upaya guna menggerakkan (mengapungkan atau mengusung) seluruh bagian tubuh ke atas permukaan air. Renang seringkali dilakukan tanpa perangkat bantuan. Renang ialah cabang olahraga yang memakai anggota tubuh khususnya bagian tangan dan kaki guna bergerak di dalam air.

Pengertian olahraga renang menurut para ahli

  • Menurut Muhajir (2004:166), renang adalah olahraga yang menyehatkan, sebab hampir semua otot tubuh bergerak sehingga seluruh otot berkembang dengan pesat dan kekuatan perenang bertambah meningkat.
  • Menurut Budiningsih (2010:2), renang adalah salah satu olahraga air yang dilakukan dengan menggerakkan badan di air, seperti menggunakan kaki dan tangan sehingga badan terapung di permukaan air.
  • Menurut Erlangga (2010:75), Renang merupakan olahraga air yang sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi kekuatan otot tubuh, jantung, paru-paru dan membangkitkan perasaan berani.
  • Menurut Kasiyo Dwijowinoto 1979: 1 Renang adalah salah satu cabang olahraga yang bisa diajarkan pada semua umur, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. bayi yang berumur beberapa bulan juga sudah bisa di ajarkan renang.
  • Pengertian renang secara umum (Badruzaman 2007: 13) ” the floatation of an object in a liquid due to its buoyancy or lift”. yang lebih kurang maknanya adalah “upaya mengapungkan atau mengangkat tubuh ke atas permukaan air”.
  • Menurut Arma Abdoelah (1981: 270) Definisi renang adalah suatu jenis olahraga yang dilakukan di air, baik di air tawar maupuan di air asin atau laut.
  • Secara lebih rinci Badruzaman (2007: 13) berpendapat : “Swimming is the method by which humans (or other animals) movethemselves through water.” yang memiliki arti “suatu cara dilakukan orang atau binatang untuk menggerakan tubuhnya di air”

Manfaat Renang

1. Melatih Pernafasan
Salah satu olahraga yang dapat mengajar pernafasan dan memperkuat nafas ialah berenang. Olah raga air laksana berenang memerlukan pernafasan yang kuat supaya mampu menyelam dalam masa-masa yang lama. Sistem kerja pernafasan secara sendirinya bakal terlatih menjadi lebih panjang ketika berenang. Gerakan pada berenang ini pun meliputi semua otot anggota gerak tubuh jadi berenang secara tertata dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru menjadi lebih fasih yang urgen untuk menyerahkan pernafasan lebih panjang.

2. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang
Anda dapat mengamati atlet renang di semua dunia, ada sekian banyak kelebihan untuk mereka yang menekuni olahraga ini yakni kuatnya otot dan tulang. kita tentu dapat melihat bagaimana otot mereka yang memiliki kegemaran berenang, tampak lebih keras dan paling ideal.

3. Meninggikan Badan
Salah satu tips yang sangat penting dalam upaya kamu meninggikan badan ialah dengan berenang. Di samping basket, berenang ialah salah satu jenis olahraga yang sangat efektif untuk menciptakan badan kamu lebih tinggi dikomparasikan dengan olahraga lainnya. Tidak percaya ? berenang dari sekian banyak penelitian menduduki urutan teratas dalam upaya kamu memberikan tinggi badan yang optimal.

4. Sehat Bagi Jantung
Berenang dapat kamu gunakan untuk menolong kesehatan jantung dan mendapat kesehatan alami serta menambah sistem pernafasan tubuh anda. Berenang ialah salah satu jenis olahraga yang sehat guna jantung.

5. Bentuk tubuh ideal
Anda kendala fitness dan tidak sukses mendapatkan tubuh yang ideal, terdapat baiknya mempertimbangkan guna rutin berenang. Berenang paling efektif dalam menyusun tubuh yang ideal khususnya Bisep. Berenang pun memungkinkan seluruh anggota tubuh bergerak dengan sempurna, dengan berenang maka bisep bakal terbentuk lebih sempurna. Tentu otot di unsur tangan dan kaki pun akan terbentuk secara alami.

6. Meredakan stress
Banyak gerakan dalam air dan berenang ini dapat meningkatkan hormon endorfin dalam benak sehingga keadaan hati lebih tenang dan nyaman sampai-sampai ini dapat menurunkan tingkat stresor kita. Bersentuhan dengan air pun menciptakan tubuh lebih sejuk sehingga memprovokasi suasana hati dan pikiran.

7. Meningkatkan Kebugaran Tubuh
Manfaat berenang sudah paling lazim dilaksanakan untuk pembentukan postur tubuh yang estetis serta menjadikan tubuh bugar sepanjang hari. Olahraga renang memang menyehatkan dan pun memberikan akibat terhadap kebugaran. Berenang ialah aeriobik air yang bila dilaksanakan minimal sekitar 20 menit dengan irama dan kiat sama pada kecepatan yang konstan, akan menolong meningkatkan kebugaran, memicu metabolisme dan menghanguskan lemak tubuh. Seperti yang sama dilaksanakan saat menghanguskan lemak sewaktu senam aerobik.

Macam macam gaya renang :

 

  • Gaya Dada

Berenang dengan menggunakan gaya dada sendiri telah banyak dilakukan oleh banyak atlet olahraga renang ataupun orang yang sedang berenang di kolam renang untuk berolahraga. Gaya dada menggunakan posisi tubuh yang stabil dan kepala dapat berada diluar air dalam waktu yang lama ketika berenang menggunakan gaya ini. Gaya dada ini sendiri berenang di dalam air dengan posisi dada yang menghadap ke permukaan air dan yang berbeda dengan gaya bebas, gaya renang yang satu ini posisi badan atau tubuh anda selalu dalam keadaan tegap.
Dengan gerakan kedua kaki yang menendang air ke arah luar sementara kedua tangan anda diluruskan di depan. Kemudian kedua belah tangan dibuka ke arah samping seperti melakukan gerakan membelah air agar badan anda bisa melaju ke depan lebih cepat. Sangatlah efektif apabila anda ingin berenang sebagai pemula didalam air dengan pilihan gaya renang ini laju anda di air bisa lebih mudah dan juga gerakannya yang tidak terlalu susah untuk dilakukan. Serta pengambilan nafas ketika mulut atau wajah menatap ke arah luar permukaan air setelah satu atau dua kali gerakan tangan kaki menghempas air.
Gaya renang yang satu ini dianggap gaya renang yang paling lambat apabila digunakan dalam perlombaan renang dan itu juga telah diakui oleh federasi renang internasional. Namun gaya renang ini masih bisa kita lakukan apabila kita ingin melakukan olahraga renang secara individual karena gerakannya yang mudah dilakukan dan cukup efektif. Memang dalam olahraga renang, gaya dada ini merupakan gaya renang yang bisa digunakan oleh para pemula untuk melakukan renang di dalam kolam atau para pemula juga bisa menggunakan gaya renang model bebas.

Berikut ini langkah langkah atau teknik cara berenang gaya katak atau gaya dada :

  1. Berposisi tengkurap
  2. Tekuk kaki kedalam, lepaskan ke samping dengan lebar, lalu luruskan.
  3. Berenang bisa dimulai dari tepi kolam dengan kedalaman sedang dan masih bisa dibuat berdiri sekitar 1,2 meter.
  4. Tangan seperti mendayung kesamping, keluar ke depan, kemudian diluruskan.
  5. Saat tangan keluar ke depan diikuti dengan pengambilan napas dengan cara mendongakkan kepala ke atas.
  6. Pada gaya katak, pengambilan napas dilakukan satu kali dalam dua kayuhan tangan.

 

  • Gaya Bebas

Gaya renang bebas memungkinkan posisi dada pada tubuh kamu menghadap ke permukaan air dan kemudian dibuntuti dengan kedua tangan kamu secara bergantian digerakkan jauh ke arah depan dengan memakai gerakan mengayuh, sedangkan kedua kaki kamu secara bergantian juga dibanting atau dicambukkan dengan gerakan naik turun ke arah atas dan bawah. Dan apabila kamu berenang memakai gaya bebas, posisi wajah kamu menghadap ke permukaan air supaya gaya bebas dapat dilaksanakan dengan maksimal dan tepat.
Untuk pernapasan sendiri dilaksanakan saat lengan kamu digerakkan ke luar dari permukaan air, dan pada saat tersebut juga tubuh diposisikan oleng dan kepala kamu berpaling ke permukaan air untuk mencium udara melewati mulut anda. Perenang bebas memilih inginkan menolehkan kepalanya ke kiri atau ke kanan saat memungut udara melewati mulutnya. Jika hendak melaju dengan cepat dalam berenang didalam air, memakai gaya bebas ini dapat menjadi pilihan kamu apabila hendak berenang dengan laju yang lumayan cepat didalam air.
Gaya bebas sendiri adalah gaya berenang yang tidak terbelenggu pada satu gaya tertentu dalam melakukannya dan gaya bebas sendiri bisa kamu lakukan dengan beraneka aneka gerakan dalam berenang yang dapat membantu kamu atau perenang melaju dengan baik didalam air. Jadi gerakan dalam gaya bebas ini dapat digunakan oleh seluruh orang baik tersebut orang yang masih pemula ataupun yang telah terlatih.

Berikut ini teknik cara dalam berenang gaya bebas :

  1. Berenang dengan posisi tengkurap
  2. Gerakkan kaki keatas dan kebawah secara terus menerus.
  3. Setelah kaki sudah benar maka mulai belajar menggerakkan tangannya.
  4. Gerakan tangan gaya bebas yaitu menggerakkan tangan satu per satu kesamping seperti mendayung. Muka mendongak kesamping sambil menghirup udara untuk bernapas.
  5. Setelah samping kanan, lakukan gerakan tangan yang sama disamping kiri.

 

  • Gaya Kupu Kupu



Dengan gaya ini memungkinkan posisi tubuh atau dada kita guna menghadap ke permukaan air yang kemudian dibuntuti oleh kedua lengan kamu bersama-sama ditekan kebawah dan digerakkan ke arah luar sebelum dilayangkan ke arah depan. Dengan masa-masa yang sama, sementara tersebut kedua kaki kamu secara bersamaan menendang ke arah bawah dan ke atas laksana gerakan dari sirip seekor ikan atau seekor lumba – lumba yang sedang berenang. Untuk mengerjakan pernafasannya tiup powerful udara melewati mulut dan hidung sebelum kepala kamu muncul di permukaan air dan bilamana kepala kamu telah hadir di atas permukaan air hirup udara guna pernafasan kamu didalam air dengan memakai mulut.
Gaya renang kupu – kupu ini sendiri adalahteknik renang yang sangat baru yang dibuat sekitar tahun 1933. Dan gaya renang yang satu ini tidaklah cocok bilamana pemula guna melakukannya dan memungkin perlu yang lumayan lama guna menguasainya dikarenakan perlu waktu guna mempelajari koordinasi gerakan dari kedua tangan dan kedua kaki anda supaya bisa menghasilkan gerakan sempurna didalam air serta gerakan yang dilaksanakan tidak sia – sia sehingga menguras tenaga serta stamina dalam berenang didalam air. Lebih dianjurkan untuk pemula memakai gaya renang bebas atau gaya dada sebab teknik yang lebih gampang dan cepat untuk dicerna dalam praktek didalam air.
Berenang memakai gaya kupu – kupu membutuhkan kekuatan yang lumayan kuat dan lebih banyak dari semua perenangnya sebab kecepatan dalam mengerjakan gaya renang kupu – kupu ini didapat dari gerakan buaian kedua tangan yang dilaksanakan secara bersamaan. Dengan empiris sebelumnya yang sudah terjadi, perenang tercepat yang memakai gaya renang kupu – kupu dapat lebih cepat melaju didalam air dikomparasikan berenang memakai gaya bebas. Dan bila dikomparasikan dengan gaya renang yang lainnya, perenang yang memakai gaya kupu – kupu tidaklah mungkin dapat menutupi kiat gerakan tubuh yang buruk dengan menerbitkan tenaga yang lebih besar.

Berikut ini langkah atau teknik gaya kupu kupu :

  1. Berenang dengan gaya tengkurap
  2. Kaki digerakkan dengan membentuk cekungan kemudian dihentakkan keatas.
  3. Tangan bergerak seperti kupu kupu terbang. Menghentak ke depan, kemudian di dayung kedalam.
  4. Gerakkan tangan dan kaki secara bergantian, dengan aturan satu gerakan tangan untuk dua gerakan kaki.
Baca :  Kumpulan Puisi kemerdekaan

 

  • Gaya Punggung

Posisi tubuh kamu apabila menggunakan atau memakai gaya renang yang satu ini paling memungkinkan guna punggung kamu menghadap permukaan air dan posisi wajah kamu berada diatas permukaan air jadi kamu tidak perlu cemas dalam menata nafas saat berenang memakai gaya renang yang satu ini. Tetapi kekurangannya yaitu kamu tidak dapat melihat kedepan ketika kamu sedang berenang. Para atlet atau orang yang telah terlatih dalam mengekor perlombaan renang bilamana menggunakan kelompok gaya punggung ini mereka semua perenang memperkirakan dinding dari tepi empang dengan menghitung jumlah dari gerakan renang mereka.
Untuk gerakan lengan serta kakinya nyaris sama serupa gerakan dari gaya bebas namun perbedaannya yakni posisi tubuh kamu yang terlentang ke atas di atas permukaan air. Gerakannya yakni kedua belah tangan kamu secara bergantian digerakkan mengarah ke pinggang kamu seperti gerakan sedang mengayuh. Pernapasan tidak perlu anda perhitungkan bagaimana teknik mengambilnya disebabkan posisi wajah kamu sudah berada diatas permukaan air jadi kita melulu perlu memikirkan bagaimana kita menata nafas kita supaya tetap stabil saat berenang dengan memakai gaya punggung ini.
Ketika kompetisi sikap dari pemakaian gaya punggung ini bertolak belakang dibandingkan memakai gaya dada, gaya bebas, dan gaya kupu – kupu yang dimana semuanya dilaksanakan diatas balok start awal, perbedaannya yaitu andai perenang didalam lomba dengan kiat gaya punggung ini startnya semua perenang dibuka dari dalam empang bukan dari atas balok start awal. Posisinya yakni perenang menghadap ke dinding empang dengan kedua tangannya yang memegang pegangan yakni besi pegangan pada dinding kolam, lantas kedua lutut dari semua perenang ditekuk diantara kedua belah tangannya sementara tersebut kedua kaki bertumpu pada dinding empang tersebut.
Gaya renang semacam gaya punggung ini sudah paling dikenal dan telah ada semenjak zaman kuno dahulu yang dimana kesatu kali dilombakan pada olimpiade Paris 1900 dan perlu kamu ketahui bahwa gaya renang ini yakni gaya punggung adalahgaya renang tertua yang diperlombakan sesudah dari gaya renang bebas.

Sejarah Renang

Renang sudah dikenal sejah zaman pra-sejarah. Dari gambar-gambar yang berasal dari zaman batu diketahui adanya gua-gua untuk para perenang di sekitar Wadi Sora sebelah barat daya Mesir. Di Jepang, renang ialah kemampuan yang mesti dipunyai oleh semua samurai. Sejarah mencatat, pertandingan renang kesatu diadakan oleh Kaisar Suigui pada 36 sebelum Masehi.
Pertandingan renang yang memperebutkan gelar juara telah dibuka di Eropa selama tahun 1800 dan beberapa besar memakai gaya dada. Renang gaya bebas kesatu kali diluncurkan oleh Arthur Trudgen. Gaya ini lantas mulai digabungkan dengan gaya kaki yang menendang oleh Richard Cavill pada 1902. Di abad pertengahan, renang tergolong dalam tujuh keahlian yang mesti dipunyai oleh semua ksatria tergolong berenang dengan membawa senjata.
Olahraga renang kesatu kali dipertandingkan dalam Olimpiade canggih 1896 di Athena, Yunani. Pada Olimpiade ini, melulu empat nomor yang dipertandingkan dari rencana semula enam nomor. Masing-masing ialah nomor 100 meter, 500 meter, 1.200 meter, nomor bebas, dan 100 meter untuk para pelaut. Olimpiade kedua diadakan di Paris, Prancis pada 1900 dan mempertandingkan nomor 200 m, 1.000 m, 4.000 m, nomor bebas, 200 m gaya dada, dan 200 m nomor beregu.
Persatuan Renang Internasional (Federation Internationale De Natation De Amateur/FINA) disusun tahun 1908 semula menetapkan, gaya kupu-kupu ialah variasi gaya dada. Gaya ini baru menjadi gaya terpisah di tahun 1952. Wanita baru diperkenankan ikut pertandingan renang pada Olimpiade 1912 di Stockholm, Belanda.
Gaya bebas, yang lantas disebut the trudgen, diperkenalkan pada tahun 1973 oleh John Arthur Trudgen, menirunya dari Orang Amerika asli. Renang menjadi unsur dari pertandingan Olympiade canggih yang kesatu tahun 1896 di Atena. Pada tahun 1902 the trudgen diperbaharui oleh Richard Cavill, memakai sentakan mengibas. Pada tahun 1908, asosiasi renang sedunia, Federasi Renang Amatir International (FINA/ Federation Internationale de Natation de Amateur) dibentuk. Gaya kupu-kupu kesatu kali adalahvariasi dari gaya dada, hingga akhirnya ia diterima sebagai gaya yang terpisah pada tahun 1952.

Era Olimpiade canggih setelah tahun 1896

Pertandingan Olimpiade digelar pada tahun 1896 di Athena. Kompetisi eksklusif kaum lelaki (lihat pun renang pada olimpiade musim panas 1896). Enam pertandingan sudah direncanakan, namun melulu empat yang sungguh-sungguh diselenggarakan: 100 m, 500 m, dan 1200 m gaya bebas dan 100 m guna pelaut. Medali emas kesatu dimenangkan oleh Alfred Hajos dari Hungaria dengan daftar waktu 1:22.20 guna 100 m gaya bebas.
Hajos pun memenangkan pertandingan 1200 m, dan tidak dapat memenangkannya pada 500 m, dimana dimenangkan oleh Paul Neumann dari Australia. Kompetisi renang lainnya dari 100 m untuk semua pelaut tergolong tiga pelaut Yunani di Teluk Zea dekat Piraeus, dibuka dengan perahu dayung. Pemenangnya ialah Ioannis Malokinis dengan daftar waktu dua menit dan 20 detik. Perlombaan 1500 m pun diadakan.
Pada tahun 1897 Kapten Henry Sheffield menciptakan kaleng penyelamat atau silinder penyelamat, yang kini dikenal sebagai alat tolong penyelamat di Baywatch. Bagian ujungnya membuatnya meluncur lebih cepat dipermukaan air, meskipun tersebut dapat mengakibatkan cidera. Pertandingan Olimpiade kedua dilakukan di Paris tahun 1900 memperlihatkan 200 m, 1000 m, dan 4000 m gaya bebas, 200 m gaya punggung, dan 200 m kompetisi beregu (lihat pun Renang pada Olimpiade musim panas tahun 1900).
Ada dua ekstra pertandingan renang yang tidak biasa (meskipun lumayan umum pada masa-masa itu), hambatan pengamalan renang di sungai Seine (berenang bareng arus), dan kompetisi renang didalam air. 4000 m gaya apa saja dimenangkan oleh John Arthur Jarvis dengan daftar waktu dibawah satu jam, perlombangan renang Olimpiade terpanjang yang pernah diadakan. Gaya punggung pun diperkenalkan pada pertandingan Olimpiade di Paris, demikian pun halnya dengan polo air. Klub Renang Osborne dari Manchester mengungguli team klub dari Belgia, Perancis dan Jerman dengan paling mudah.
Gaya Trudgen dikembangkan oleh guru renang dan perenang Australia keturunan Inggris mempunyai nama Richard (Fred, Frederick) Cabill. Seperti Trudgen, dia menyimak penduduk pribumi dari kepulauan Solomon, memakai gaya bebas. Namun bertolak belakang dengan Trudgen, dia menyaksikan tendangan mengibas, dan mempelajarinya dengan seksama. Dia memakai sentakan mengibas yang baru ini dari pada gaya dada atau tendangan menggunting dari Trudgen.
Dia memakai gerakan ini pada tahun 1902 di Kejuaraan Internasional di Inggris untuk membuat rekor dunia yang baru dengan berenang di luar gaya yang dilaksanakan oleh seluruh perenang Trudgen pada 100 yard dengan daftar waktu 0:58.4 (beberapa sumber menuliskan bahwa itu ialah anaknya dalam daftar waktu 0:58.8). dia mengajarkan gaya ini untuk keenam anaknya, setiap nantinya menjadi perenang kejuaraan.
Teknik menjadi dikenal sebagai gaya bebas Australia sampai tahun 1950, saat ia diperpendek menjadi gaya bebas saja, secara kiat dikenal sebagai front crawl. Olimpiade tahun 1904 di St. Louis mencakup perlombaan 50 yard, 100 yard, 220 yard, 440 yard, 880 yard dan satu mil gaya bebas, 100 yard gaya punggung dan 440 yard gaya dada, dan 450 yard gaya bebas beranting (lihat pun renang olimpiade musim panas tahun 1904).
Perlombaan ini memisahkan antara gaya dada dengan gaya bebas, sampai-sampai sekarang terdapat dua gaya yang diputuskan (gaya dada dan gaya punggung) dan gaya bebas, dimana mayoritas orang berenang dengan gaya Trudgen. Perlombaan ini pun menggambarkan persaingan untuk lompat jauh, dimana jarak tanpa berenang, sesudah melompat kedalam empang renang diukur.
Pada tahun 1907 perenang Annette Kellerman dari Australia mendatangi Amerika Serikat sebagai “penari balet dalam air”, versi beda dari penyelarasan renang, menyelam kedalam tangki gelas. Dia diciduk karena mendemonstrasikan hal yang tidak sopan, dimana baju renangnya menampakkan lengan, kaki dan leher.
Kellerman merubah baju renangnya menjadi berlengan panjang, celana yang lebih panjang, serta kerah, tetapi tetap menjaga pakaian ketatnya yang menampakkan format tubuh di bawahnya. Dia lantas membintangi sejumlah film, salah satunya mengenai kehidupan pribadinya. Pada tahun 1908, asosiasi renang dunia Federasi Renang Amatir Internasional (FINA/Federation Internationale de Natation de Amateur) dibentuk.
Seiring dengan pertumbuhan olahraga renang, renang semakin popular. Penggemar renang semakin bertambah. Bahkan, biasanya anak-anak diajarkan renang pada usia paling dini.

 

TEKNIK DASAR DALAM RENANG

  • Pernafasan

Salah satu keberhasilan dalam berenang kita dapat mengatur nafas dengan baik. Pertama berdirilah dipinggir kolam dengan rendah dan wajah anda tetap dipermukaan air. Tarik nafas melalui mulut tahan beberapa saat dan kemudian masukkan kepala anda ke dalam air dan hembuskan nafas anda melalui hidung. Lakukan latihan ini secara perlahan sebanyak 10 sampai 15 kali setiap anda selesai melakukan gerakan atau latihan. Ulangi latihan tersebut sehingga menemukan irama anda sendiri.

  • Meluncur

Meluncur merupakan gerakan tubuh secara horizontal dibawah permukaan air. Pertama-tama turunlah dalam kolam yang dangkal dan membelakangi dinding kolam. Tempelkan salah satu telapak kaki anda (kanan atau kiri) di dinding kolam dengan jari-jari kaki menghadap ke bawah sebagai tolakan untuk meluncur. Dorong badan melalui tolakan kaki tersebut dan meluncurlah sejauh mungkin dengan tangan sejajar di depan. Kepala diusahakan masuk dalam air sehingga kuping sejajar dengan lengan tangan. Lakungan gerakan ini sebanyak 10 sampai 15 kali untuk menemukan keseimbangan tubuh anda.

  • Mengapung

Mengambang terlentang dilakukan dengan cara tarik ke belakang sampai dngan kuping terendam dalam air. Regangkan kedua tangan bentuk siku-siku.pergelangan tangan tetap lurus dan rileks

  • Mengambang Tegak Lurus Secara Vertikal

Mengambang tegak lurus secara vertical paling lazim digunakan yaitu gerakan tubuh dengan posisi tubuh tegak lurus dibawah permukaan air dan kepala tetap diatas permukaan air sebatas dagu, sedangkan untuk gerakan tangan dan kaki digerakan untuk keseimbangan agar tubuh tetap melayang dipermukaan air.

Risiko

Kecelakaan di air karena bisa menyebabkan cedera hingga kematian akibat tenggelam. Sebelum memasuki air, perenang harus mencari tahu kedalaman kolam renang, sungai, atau laut yang ingin direnangi.
Berenang di sungai atau di laut bisa sangat berbahaya bila datang arus deras atau ombak besar secara tiba-tiba. Orang yang sedang dalam pengaruh alkohol dan obat-obatan dilarang untuk berenang.
Kaca mata renang bisa mencegah mata orang yang memakainya dari iritasi. Berenang di air kotor akan menyebabkan penyakit kulit dan iritasi mata. Di kolam renang, bakteri penyebab penyakit dikendalikan dengan pemberian kaporit. Pergantian air yang teratur akan meningkatkan kualitas air kolam yang sehat.

Share
WhatsApp chat