Biografi Penemu Listrik Michael Faraday Cara kerja Listrik

Posted on

Biografi Penemu Listrik Michael Faraday dan Cara kerja Listrik – Michael Faraday ialah seorang ilmuwan yang berasal dari Inggris. Ia adalah ilmuwan yang paling dominan dalam sejarah sebab ia berkontribusi dalam bidang elektromagnetisme dan elektrokimia. Induksi elektromagnetik, diamagnetisme, dan elektrolisis ialah hasil dari penemuannya yang paling berguna untuk peradaban manusia.

Biografi Penemu Listrik Michael Faraday Cara kerja Listrik
Biografi Penemu Listrik Michael Faraday Cara kerja Listrik

BIOGRAFI

Michael Faraday lahir pada tanggal 22 September 1971 di Newington, Surrey, Inggris. Ia anak ke tiga dari empat bersaudara dari pasangan James dan Margaret Faraday. Ia berasal dari family miskin, ayahnya hanyalah seorang tukang besi.

Michael Faraday hanya menerima dasar-dasar penididkan, belajar dalam menyimak sekaligus menulis, dan cipher dalam Sekolah Minggu Gereja. Pada ketika berusia 14 tahun, ia menjadi loper koran dan penjilid kitab di George Riebau, lokasi penjilidan kitab dan penjual kitab yang terdapat di Blandford Street. Tidak melulu bekerja, ia memanfaatkan aktivitasnya itu untuk membaca sejumlah buku. Pada saat tersebut ia pun mengembangkan minat dalam ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang kelistrikan. Ia terpikat pada dua buku, yakni The Encyclopedia Britannica sumbernya dalam pengetahuan listirk dan kitab Conversations on Chemistry karya Jane Marcet.

Pada tahun 1812, ketika usianya memasuki 20 tahun. Faraday menghadiri suatu ceramah dari kimiawan Inggris yang mempunyai nama Sir Humphry Davy di Royal Institution of Great Britain di London. Ia menulis ceramah yang dirundingkan oleh Davvy dalam kitab catatannya.

Dengan daftar tersebut khayalan Faraday guna masuk dalam dunia ilmu pengetahuan bakal segera terwujud. Ia mengirim salilan dari catatannya itu yang akan diantarkan ke Davy bareng dengan surat guna meminta pekerjaan.

Bekerja di Royal Institution

Michael Faraday mulai bekerja di Royal Institution of Great Britaian pada Maret 1813, sebagai asisten laboratorium Davy untuk menolong dalam mempersiapkan perlengkapan untuk eksperimen. Ia belajar kimia dari di antara ilmuwan hebat yang pernah ada. Davy menuliskan bahwa Faraday ialah penemuan terbesarnya.

Setelah 7 bulan bekerja di Royal Institution, Davy menyuruh Faraday pada tur Eropa yang dilangsungkan selama 18 bulan. Ia bertemu dengan ilmuwan besar laksana Andre-Marie Ampere dan Alessandro Volta. Faraday mengambil tidak sedikit faedah dari perjalanan tersebut.

  Pengertian Desentralisasi : Contoh Tujuan Asas Ciri Kelebihan Kekurangan

Kembali ke London, Royal Institution memperpanjang kontrak Faraday dan menambah gajinya. Faraday mengeluarkan makalah akademis kesatunya, dalam makalah itu ia membicarakan mengenai analisis kalsium hidroksida dalam Quarterly Journal of Science.

Pada tahun 1821 ketika berusia 29 tahun. Michael Faraday diusung menjadi Inspektur Laboratorium Royal Institution. Ia menikah dengan Sarah Barnard pada 12 Juni 1821, bareng istrinya ia bermukim di Royal Institution. Ia terpilih sebagai anggita dari Royal Society pada tahun 1824. Pada 1825, ia menjadi Direktur Laboratorium Royal Institution.

Pada tahun 1833, Faraday menjadi Fullerian Profesor Kimia di Royal Institution of Great Britain ia memegang posisi ini hingga seumur hidupnya. Pada tahun 1848 dan 1858 ia ditawari guna menjadi Presidensi Royal Society, tetapi tawaran tersebut ditampik oleh Faraday.

Penemuan Michael Faraday Lainnya

  • Elektromagnetik Rotasi (1821)

Penemuan ini akhirnya berkembang menjadi motor listrik, berdasarkan penemuan Hans Christian Oersted bahwa kawat yang membawa arus listrik memiliki sifat magnetik.

  • Gas Pencarian dan Pendinginan (1823)

Pada tahun 1802, John Dalton telah menyatakan bahwa semua gas dapat dicairkan dengan menggunakan suhu rendah atau dalam tekanan tinggi. Faraday memberikan bukti atas pernyataan yang dikemukaan oleh Dalton dengan menerapkan tekanan untuk mencairkan gas klorin dan gas amonia.

Faraday mengamati bahwa setiap amonia menguap itu disebabkan oleh pendinginan. Prinsip pendinginan melalui penguapan telah ditunjukkan oleh William Cullen di Edinburgh pada 1756. Cullen menggunakan pompa untuk mengurangi tekanan atas termos eter yang menyebabkan eter menguap dengan cepat.

Pentingnya penemuan Faraday adalah bahwa ia telah menunjukkan bahwa pompa mekanik dapat mengubah gas menjadi cairan. Cairan kemudian bisa menguap, pendinginan sekitarnya dan gas yang dihasilkan dapat dikumpulkan dan dirubah menjadi cair lagi oleh pompa, maka siklus tersebut bisa diulang. Hal ini adalah dasar dari bagaimana lemari es bekerja.

  • Benzene (1825)
  Pengertian Kebebasan Pers dan Dampak Positif – Negatif

Benzene merupakan salah satu zat penting yang ada di dalam kimia. Michael Faraday menemukan benzene dalam residu minyak yang tertinggal dari proses produksi gas yang digunakan untuk penerangan di London.

  • Induksi Elektromagnetik (1831)

Ini merupakan penemuan yang paling penting bagi kehidupan di masa depan. Faraday menemukan bahwa medan magnet bervariasi menyebabkan listrik mengalir dalam rangkaian listrik.

Sebelum hal ini ditemukan, orang hanya mampu menghasilkan arus listrik dengan baterai, namun Faraday telah menunjukkan bahwa gerakan dapat berubah menjadi listrik atau dalam ilmiah dapat dijelaskan seperti energi kinetik dapat diubah menjadi energi listrik.
Adanya penemuan ini, listrik yang ada di rumah kita saat ini diproduksi menggunakan prinsip dari Faraday. Energi kinetik diubah menjadi listrik menggunakan induksi elektromagnetik.

  • Hukum Faraday Elektrolisis (1834)

Elektrolisis merupakan ilmu baru dari elektrokimia. Ilmu ini memahamkan apa yang terjadi pada antarmuka elektroda dengan zat ionik. Elektrokimia adalah cabang ilmu kimia tentang proses terjadinya perubahan energi kimia menjadi energi listrik dan sebaliknya, serta penggunaannya. Hukum ini sangat membantu dalam pemahakam mengenai reaksi elektroda.

  • Efek Faraday (1845)

Faraday menemukan bahwa bidang polarisasi cahaya terpolarisasi linier bisa diputar oleh aplikasi medan magnet luar sejajar dengan arah di mana cahaya bergerak.

Penemuan ini menghubungkan elektromagnetisme dan cahaya. Semuanya dijelaskan oleh persamaan James clerk Maxwell pada 1864, yang menetapkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik. Michael Faraday menemukan bahwa medan magnet menyebabkan bidang polarisasi cahaya untuk memutar.

  • Diamagnetisme (1845)

Faraday menemukan bahwa semua zat yang diamagnetik kebanyakan lemah sehingga hanya ada beberapa saja yang kuat. Diamagnetisme menentang arah medan magnet yang diterapkan. Contohnya, jika Anda memegang kutub utara magnet dekat dengan zat diamagnetik, zat ini akan didorong menjauhi oleh magnet.

Meninggal Dunia

Michael Faraday lahir pada tanggal 22 September 1971 dan meninggal pada 25 Agustus 1867. Dalam perkawinannya dengan Sarah, ia tidak memiliki anak. Selama hidupnya, ia telah ditawarkan untuk dimakamkan di Wstminster Abey bersama dengan raja serta ratu Inggris dan ilmuwan Isaac Newton. Namun ia menolaknya, ia meminta di makamkan di mana istrinya dimakamkan. Faraday dimakamkan di Highgate Cemetery.

  Pengertian Gotong Royong : Contoh Tujuan Manfaat Sejarah Gotong Royong

Cara Kerja Listrik

Listrik adalah energi serba untuk yang keberadaannya sangatlah menolong manusia. Berbagai urusan yang memerlukan energi listrik diantaranya transportasi (seperti kere listrik), pabrik atau industri, lift, penerangan, robot, dan masih tidak sedikit lagi.

Seiring urgen dan paling bermanfaatnya listrik untuk manusia ternyata dibalik tersebut semua listrik juga dapat menjadi di antara musuh yang paling mematikan terhadap manusia. Bahaya listrik yang dimaksud ialah bahaya tegangan sentuh atau tersengat listrik atau ada pun yang menyinggung dengan kesetrum. Sengatan listrik tidak bakal terjadi bila kamu mengetahui teknik kerja listrik menyengat manusia.

Untuk tersebut kali ini saya akan mengupayakan menjelaskan mengenai teknik kerja listrik dalam menyengat manusia. Coba kamu tes lampu atau beban listrik yang lain memakai ohm meter atau multimeter, maka kamu akan mendapatkan sebuah nila R disana. Cara kerja listrik dapat mengobarkan lampu ialah dengan menyalurkan arus fasa mengarah ke beban untuk lantas diteruskan mengarah ke netral. Begitu pula dengan manusia, kamu tentunya tau bahwa insan ternyata mayoritas terbuat dari air dan kita pun tau bahwa air adalahpenghanar listrik.

Saat listrik menyengat insan arus mengalir dari fasa menuju insan (yang berperan sebagai beban) untuk lantas diteruskan mengarah ke netral. Jadi listrik bisa menyengat kamu karena memang kamu dianggap sebagai beban layaknya lampu tadi. Sekarang coba kamu pasang lampu melulu dengan satu kabel fasa saja dan tanpa memasang kabel netral, maka simaklah lampu tidak bakal menyala. Begitu pula anda, bila kamu hanya memegang kabel fasa saja tanpa menyentuh kabel netral maka kamu juga tidak bakal kesetrum. Namun harap diacuhkan bahwa banyak sekali manusia kesetrum sebab mereka memegang kabel fasa sementara netralnya diperoleh dari tanah, tanah mempunyai sifat netral jadi bila kamu menyentuh kabel fasa dan kaki kamu menyentuh tanah maka kamu akan kesetrum.