Pengertian File Menurut Para Ahli dan Fungsi Manajemen File

Pengertian File Menurut Para Ahli dan Fungsi Manajemen File – Para pengguna komputer sudah tidak familiar lagi dengan kosa kata file, ketika membuka sebuah komputer tentulah yang tertuju dahulu adalah sebuah file. Namun walau kita sering mendengar kata tersebut atau bahkan setiap hari disaat kita bekerja menggunakan komputer selalu menggunakan file, belum tentu kita tahu definisi atau pengertian dari file tersebut. Mari simak ulasannya.Kata file diambil dari bahasa Inggris yang artinya data atau berkas, namun lebih spesifiknya file adalah kumpulan bermacam-macam informasi yang berhubungan dan juga tersimpan didalam secondary storage. Secara konsep file mempunyai beberapa tipe, tipe tersebut ada yang berupa data dari numeric, character dan binary. Namun ada juga file yang bertipe program. Biasanya, suatu file yang berada dalam komputer disimpan didalam suatu folder. Masing-masing file mempunyai ekstensinya sendiri-sendiri tergantung dari jenis file tersebut.

 

 

Ekstensi file merupakan tanda yang membedakan jenis-jenis dari sebuah file. Berikut contoh dan jenis file beserta ekstensinya:
Pengertian File Menurut Para Ahli dan Fungsi Manajemen File

 

System : com, sys, tmp, bak, bat, dan exe.
Video : mpeg, mpg, 3gp, avi, dan fly.
Dokumen : doc, odt, xls, ods, pdf, dan html.
Suara : mp3, midi, rm, dan wav.
Gambar : gif, jpg, jpeg, png, tif, dan tiff.

Beberapa ahli mendefinisikan file sebagai berikut:

 

    1. Menurut Rachmad Hakim S. file adalah sebuah dokumen yang didalamnya mengandung informasi tertentu dan dapat dibuka menggunakan program.

 

    1. Hendrayudi mengatakan bahwa file adalah kumpulan data yang
      tersimpan dalam media yang memiliki informasi besar file, jam dan
      tanggal penyimpanan file, ciri file, dan attribut file
      .

 

    1. McLeod (Pearson) mengatakan file merupakan koleksi record
      yang saling berhubungan, seperti satu file dari seluruh record yang
      berisi field kode-kode mata kuliah dan namanya
      .

 

    1. Sindhunata singkat menjelaskan bahwa file adalah kumpulan catatan atau arsip.

 

  1. Edi S. Mulyanta mengatakan file adalah urutan data yang digunakan untuk melakukan encode informasi digital untuk pertukaran dan penyimpanan data.

 

 

Manajemen File

 

 

Manajemen File atau sering disebut dengan file sistem pada sistem operasi merupakan sebuah metode yang digunakan oleh sistem operasi komputer untuk mengorganisasikan file-file yang terdapat pada disk. Dengan adanya manajemen file akan mengurasi tingkat hilangnya file pada sistem akibat kelalaian kita baik disengaja maupun tidak disengaja. Misalnya data terhapus secara tidak disengaja selain itu dengan adanya manajemen file atau file sistem memudahkan kita untuk melakukan pencarian data.

Selain itu dengan manajemen file memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan manajemen file dengan baik dan benar sehingga dapat menhemat media penyimpanan data dengan cara melakukan penghapusan data secara berkala data-data yang tidak terpakai.

Fungsi Manajemen File pada Sistem Operasi Komputer

    • Pembuatan File, Memodifikasi File bahkan penghapusan file.

 

    • Penggunaan file secara bersama

 

    • Dapat digunakan untuk memback up dan merecovery data untuk mencegah terjadinya hilangnya data

 

  • Informasi dan data dapat disimpan dengan baik dan aman

Sasaran Manajemen File pada Sistem Operasi Komputer

    • Manajemen file bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dari manajemen data dari pengguna

 

    • Untuk menjamin data yang terdapat pada file

 



    • Optimasi kinerja sistem

 

    • Menyediakan dukungan untuk sistem input dan output dari berbagai macam media penyimpanan

 

  • Bertujuan meminimalisis kehilangan data atau rusaknya data

Arsitektur Manajemen File pada Sistem Operasi Komputer

    • Sistem akses yaitu berkaitan dengan cara penyimpanan data pada file akses

 

    • Manajemen FIle yaitu berkaitan dengan penyediaan ekanisme operasi pada file

 

    • Manajemen ruang penyimpanan yaitu berkaitan dengan alokasi file di dalam media penyimpanan
Baca :  Cara mengatasi masalah Printer canon IP Ink Absorber Is Almost Full

 

  • Mekanisme Integritas File yaitu jaminan informasi pada file

File History

 

File History adalah aplikasi backup yang terus melindungi file pribadi Anda yang tersimpan di Perpustakaan , Desktop , Favorites , dan folder Kontak. Secara berkala ( secara default setiap jam ) scan sistem file untuk perubahan dan salinan berubah file ke lokasi lain . Setiap kali salah satu file pribadi Anda telah berubah , salinannya akan disimpan pada dedicated , perangkat penyimpanan eksternal yang dipilih oleh Anda . Seiring waktu , Sejarah Berkas membangun sejarah lengkap perubahan yang dibuat ke file pribadi.

 

 

Pengertian File Secara Umum

 

 

File adalah kumpulan berbagai informasi yang berhubungan dan juga tersimpan di dalam secondary storage, secara konsep file memiliki beberapa tipe ada yang bertipe Data terdiri dari numeric, character dan binary. Lalu ada juga file yang bertipe program. Atau Definisi file adalah arsip ataupun data yang tersimpan di dalam komputer.

 

 

Pengertian Data

 

 

Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti “sesuatu yang diberikan”. Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra. Dalam keilmuan (ilmiah), fakta dikumpulkan untuk menjadi data. Data kemudian diolah sehingga dapat diutarakan secara jelas dan tepat sehingga dapat dimengerti oleh orang lain yang tidak langsung mengalaminya sendiri, hal ini dinamakan deskripsi.. Pemilahan banyak data sesuai dengan persamaan atau perbedaan yang dikandungnya dinamakan klasifikasi.

 

 

Pengertian Informasi

 

 

Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi adalah jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para konsep memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda.Informasi bisa di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Namun, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, Persepsi, Stimulus, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental.

 

 

Pengertian Sistem

 

 

Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut. Kata “sistem” banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.
Share
WhatsApp chat